Perlukah Pasang Lampu Kabut Di Motor?

ilustrasi (www.kaskus.co.id)

 

Tentang perlu-tidaknya pasang lampu kabut pada sepedamotor kita, ya tergantung pemakaian saja. Bilamana kita sering touring ataupun sering bepergian dimalam hari dan di daerah pegunungan, maka kita perlu banget memasang lampu kabut ini.

Dalam perkembangannya, lampu kabut yang berfungsi untuk penerangan saat kabut memiliki beragam varian. Di pasaran, lampu kabut ini terbagi menjadi 3 jenis, yakni fog lamp, HID dan LED.

Lampu fog lamp didesain berwarna lebih kuning dan memiliki pancaran lebih menyorot agar mampu membelah kabut tebal. Keuntungan lainnya mampu menerangi kondisi jalanan yang basah karena memiliki lampu berwarna kuning yang tidak dipantulkan lagi oleh air di jalan raya.

Fog lamp dan LED saja yang terbukti mampu menembus kabut, baik di malam atau pagi hari. Sedang sorot HID kurang kuat menembus kabut, mengingat warnanya cenderung putih. Dan lebih bagus ketika dibandingkan dengan fog lamp dengan kaca kuning atau pelangi.
Lampu kabut atau bisa di istilahkan lampu fog lamp jika dipasangkan pada sepeda motor kita tentu ada efeknya, namanya juga memasang lampu tambahan, berarti beban ke aki makin tinggi. Jika kita menggunakan motor Sport dengan kelistrikan Full Wave dan memiliki kapasitas baterai (aki) hingga 7 ampere, maka bisa menggunakan foglamp tambahan asalkan dayanya tidak lebih dari 100 watt.

Posisi letak fog lamp pada motor, juga menentukan fokus tidaknya obyek yang dimaksud untuk membantu kemampuan indera penglihatan pengendara. Paling ideal, sorot fog lamp usahakan jangan sampai menutup indera penglihatan pengendara terhadap aspal. Maka, penempatan fog lamp, usahakan jangan simetris dengan kepala pengendara.

Lebih bagus kalau lebih ke sisi kanan atau kiri, dengan posisi lebih ke bawah. Agar, terangnya sorot fog lamp tak malah membuat pening indera penglihatan pengendara. Idealnya lampu kabut memang berada dibawah lampu utama. Patokannya sih sekitar 40cm dari permukaan jalan.

Pastikan juga memang betul-betul membutuhkan keberadaan lampu kabut. Pasalnya kalau Cuma motor hanya dipakai sehari-hari di kota besar, rasanya sayang dan berlebihan kalau memasang lampu model ini. Memang motor jadi terlihat lebih keren, tapi kalau ujung-ujungnya aki jadi tekor terus sih rugi juga.

Well, demikian beberapa tips tentang lampu kabut atau lampu fog lamp yang saya kutip dari welovehonda.com, semoga menambah khasanah kita dalam dunia roda dua, dan semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Perlukah Pasang Lampu Kabut Di Motor?

Tinggalkan komentar