Cara Mengganti Pedal Sepeda

Mas-mbak sekalian, terkadang hal sederhana- sepele  jarang kita perhatikan, seperti yang akan saya haturkan kali ini. Tentang mengganti pedal sepeda. Hal sepele bukan ?? Namun di balik kesederhanaan dari dua buah pedal sepeda untuk melepas dan memasang nya  kembali, di butuhkan ilmu.

Jika pedal sepeda anda sudah seperti ini…

pedal yang telah hilang karet untuk pijakan kaki

pedal yang telah hilang karet untuk pijakan kaki

Jika pedal sepeda anda sudah seperti gambar diatas, maka baiknya segera diganti yang baru, dari pada membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Harga relatif murah koq , kisaran 10-15ribu rupiah, sepeda anda kembali enak untuk di naiki.

Berikut cara mengganti pedal sepeda;

Pertama-tama carilah atau gunakan kunci pas ukuran 15(cm), atau seperti ini gambar 2, dan semua pedal mempunyai ukuran kunci yang sama/standard, jadi segala bentuk, model dan ukuran pedal, kunci untuk membukanya tetap ukuran kunci  15(cm).

Kunci pas ukuran 14 dan 15

Gambar 2. Kunci pas ukuran 14 dan 15

Lalu kendorkan dan lepas pedal yang telah rusak tadi, dengan memutar berlawanan dengan arah jarum jam.

arah melepas pedal sepeda

arah melepas pedal sepedasebelah kanan.

Setelah lepas, ambil pedal baru yang bertuliskan huruf “R”,  karena Pedal sepeda ada dua buah  kiri dan kanan, kode huruf “R” (right) untuk pedal Kanan, dan kode huruf “L” (left) untuk pedal Kiri  (lihat gambat 3).

dua buah pedal sepeda, kanandan kiri

Gambar 3. Sepasang  pedal sepeda, kanan dan kiri

Kencangkan dengan memutar kunci searah dengan jarum jam, hingga pedal benar-benar telah mepet/mentog dengan batang /engkol/tuas gear.

arah memasang pedal sepeda

arah memasang pedal sepeda sebelah kanan.

Kini Kita beralih ke pedal sebelah Kiri, untuk sebelah ini perlu diingat bahwa ulirnya berulir jenis ulir kiri, jadi berlawan arah dengan ulir kebanyakan.  Untuk melepas pedal sebelah Kiri, putar Kunci ke kanan atau searah dengan jarum jam(lihat gambar 4)

arah melepas pedal sepeda sebelah kiri

Gambar 4. arah melepas pedal sepeda sebelah kiri

Setelah lepas, ambil pedal baru yang berkode huruf “L” lalu pasang di sebelah Kiri. Putar kunci ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam(lihat gambar 5).

arah memasang peda sepeda sebelah kiri

arah memasang peda sepeda sebelah kiri

Kencangkan pedal hingga rapat pada batang/tuas pedal.

Nah, selesai sudah mengganti pedal sepeda…..dan

jreng jreng inilah penampakannya………

telah diganti pedal yang baru

telah diganti pedal yang baru

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara pasang pedal sepeda.

Semoga bermanfaat.

 

tuas pedal kanan dan kiri

tuas pedal kanan dan kiri

28 thoughts on “Cara Mengganti Pedal Sepeda

  1. permisi mas, sepeda saya pedalnya oblak (goyang) seperti ada yg longgar di dalam mimisnya. apakah bisa diperbaiki atau harus ganti yg baru ya mas? thx sebelumnya mas 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • bisa diperbaiki mas, cara sederhana adalah dengan dipukul-pukul secara merata pada sekitar lubang as pedal, tapi engkol dilepas dulu dari as tegahnya, juga pedal dilepas dari engkolnya.

      Suka

    • sepertinya bola baja yang ada didalam pedal selip,bikin stucken dan membikin pedal mampet/ikut muter.lalu terlepas karena pedal kiri melepasnya searah dengan gowesan. jika telaten bisa di buka pedalnya, lalu dipasang bolabola bajanya memakai gemuk pekat, jika ada bola baja yang hilang diganti hingga penuh.dan dipasang kembali.

      Suka

  2. Bang kok pedal ku kan udah ku copot pakai kunci 15 trus kok pedal nya gak bisa lepas,,,nyambung terus sama yang buat kendor sama ngencengin pedalnya?? Gimana tuh bang cara nyopotin nya??

    Disukai oleh 1 orang

  3. Terima kasih kang hal sepele tapi sangat berguna buat saya dari kemari ngebuka pedal kiri susahnya minta ampun ternyata saya salah muter ampun deh

    Disukai oleh 1 orang

  4. Betul sekali mas, pernah mengalami ganti pedal sebelah kiri dekatnya gk masuk2, sy selek, sampe akhirnya sy bawa ke bengkel mau saya bubut, eeeeh dgn mudahnya secepat kilat si tukang bengkel masangnya sambil nyengir bilang muternya kebalik Om..!! Hi.hi hi..jadi malu..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s