Cara Stel Roda Sepeda

Setelah sebelumnya saya postingkan cara pasang ruji / jari-jari sepeda, kini saya akan menuliskan bagaimana cara menyetel-nya. Memang bab ruji ini agaklah rumit sebenarnya, bisa membikin kita bingung. Butuh keuletan/ketlatenan, atau bahkan untuk bisa memasang ruji saja harus belajar/melihat langsung dari ahlinya. Namun tiada salahnya kita mencoba dan terus mencoba untuk belajar dan belajar.  Dan semoga tulisan saya ini bisa membantu.
Baiklah segera kita mulai saja tentang bagaimana cara menyetel roda sepeda, atau menyetel ruji yang telah terpasang pada peleg/velg. Karena pada dasarnya ruji yang terpasang pada velgyang kita sebut Roda, jika di putar maka pastilah putaran roda atau velg tersebut tidak akan bisa langsung center, pasti oleng atau goyang ke Kanan ataupun ke Kiri, juga bisa mbandul( goyang ke dalam dan ke luar). Untuk mengatasi semua itu, maka kita perlu untuk menyetelnya.
Sebelumnya, berikut saya sampaikan terlebih dulu alat alat yang digunakan, yang hanya terdiri dari 2 alat saja;
1. Alat stel roda sepeda
2. Kunci ruji

Inilah alat stel roda sepeda

Inilah alat stel roda sepeda

inilah kunci ruji sepeda, tampak muka.

inilah kunci ruji sepeda, tampak muka.

Inilah kunci ruji sepeda, tampak punggung.

Inilah kunci ruji sepeda, tampak punggung.

Namun alat stel roda yang punya tentunya ya hanya bengkel sepeda saja, untuk menggantikannya anda bisa menggunakan porok/fork depan sepeda sesuai ukuran roda sepeda yang akan kita stel. Akan tetapi  bisa juga anda gunakan ukuran porok/fork yang lebih besar.

porok/fork epeda sebagai alat alternatif untuk menyetel rod sepeda.

porok/fork epeda sebagai alat alternatif untuk menyetel rod sepeda.

Setelah semua alat tersedia marilah kita memulainya;

1. Pasanglah roda pada alat stel roda atau porok/fork depan, dan kencangkan.

2. Kencangkan mur/kniple ruji secara merata dengan kunci ruji tadi, dengan pedoman lubang dop ban dan memutar, boleh ke kanan atau kekiri, yang penting semua mur/kniple kencang merata. Untuk permulaan cobalah kencangkan dua kali putaran untuk semua ruji. (sekedar mengingatkan; untuk mengencangkan/memasang Mur=putar ke Kanan atau searah jarum jam, untuk mengendorkan/melepas Mur=putar ke Kiri atau berlawanan dengan jarum jam). Selelah dirasa semua ruji kencang, lalu kita bisa memulai menyetel roda.

cara  mengencangkan ruji dengan kunci ruji.

cara mengencangkan ruji dengan kunci ruji.

Putarlah perlahan  roda sepeda ke arah dalam atau berlawanan arah jarum jam. Lihatlah baik-baik bagian-bagian yang goyang. Agar anda tidak bingung, mulailah dari sisi Kanan, lalu sisi Kiri, dan terakhir sisi tengah(mbandul).

Kita mulai dari sisi Kanan, putar perlahan roda yang terpasang pada alat stel/fork. Lihat baik-baik, dan hentikan roda saat velg menyentuh/menyenggol bagian alat stel sisi Kanan(lihat gambar 2.A)

. Lalu kencangkan 2 kniple sebelah kiri, kencangkan 1 atau 2 putaran (lihat gambar 2.B).

Saat roda di putar, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan, maka...

Saat roda di putar, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan, maka…

kencangkan 2 kniple sisi Kiri, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan.

kencangkan 2 kniple sisi Kiri, bila velg menyentuh bagian alat stel sisi Kanan.

Lakukan cara tersebut berulang-ulang untuk mencari bagian -bagian velg  yang menyentuh alat stel sisi Kanan. Namun setelah dirasa cukup center sisi Kanan, bolehlah kita beralih ke sisi Kiri. Caranya sama seperti pada sisi Kanan tadi.

Bila peleg/velg menyentuh bagian alat stel sisi Kiri, maka kita kencangkan 2 ruji bagian Kanan, kencangkan 1 atau 2 putaran.

saat velg menyentuh bagian alat stel sisi kiri, maka....

saat velg menyentuh bagian alat stel sisi kiri, maka….

kencangkan kniple ruji sebelah Kanan, saat velg menyentuh bagian alat stel sisi Kiri.

kencangkan kniple ruji sebelah Kanan, saat velg menyentuh bagian alat stel sisi Kiri.

Lakukan cara tersebut untuk mencari bagian-bagian velg yang menyentuh bagian alat stel sisi Kiri. Bila mana cara ini telah selesai, dalam artian tidak ada lagi velg yang menyentuh, pastilah roda akan terlihat berputar baik / tidak oleng dan center. Dan tinggal satu langkah lagi, yaitu menyetel bagian tengah (mbandul). Saya katakan mbandul (Bahasa Jawa), karena saat berputar ada sebagian roda yang terlihat masuk/menjorok ke dalam, dan ada juga yang terlihat menjorok ke luar.

Mbandul juga bisa diartikan=sisi tengah velg ada yang menjauh dan ada yang mendekat dari bagian alat stel. Dan begini cara menyetelnya,

Putarlah perlahan roda, saat sisi tengah mendekat/menyentuh bagian alat stel, maka tepat disitu/dititik sentuh, pegang 3 ruji, 1 ruji tepat dititik sentuh tadi dan 2 ruji di Kanan-Kirinya, dan kencangkan kniple 1 atau 2 putaran. Lakukan cara ini berulang hingga tiada lagi bagian velg yang mbandul. Namun begitu bilamana masih ada bagian velg yang menjauh dari alat stel/menjorok ke dalam, maka cukup kendorkan 3 ruji pada titik jauh tadi. Nah di sinilah dibutuhkan kesabaran dan ketlatenan kita. Dan saya rasa tidaklah perlu se-center/sesempurna mungkin, penyetelan bisa di nilai cukup, bilamana toleransi oleng kurang dari 2mm. Tingkat ke-center-an bisa dipengaruhi oleh centernya sparepart/onderdilnya juga, bilamana keadaan velg dan boss baik/center, ruji benar-benar sama panjang, maka tidak menutup kemungkinan penyetelan akan berhasil sempurna, tingkat ke-oleng-an nol persen.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang cara menyetel roda sepeda, ini sebuah ilmu warisan berharga yang saya peroleh dari almarhum ayah saya, semoga ini menjadi amal jariyah beliau-amalyang tak terputus bagi beliau, amiin. Jika anda bingung atau ada yang ditanyakan silahkan berinteraksi di komentar yach…!!!

Semoga bermanfaat.

porok/fork depan, alat alternative untuk stel roda sepeda.

porok/fork depan, alat alternative untuk stel roda sepeda.

alat stel roda sepeda

alat stel roda sepeda

alat stel roda sepeda

alat stel roda sepeda

(www.kusnantokarasan.com)

Advertisements

74 thoughts on “Cara Stel Roda Sepeda

  1. Trimakasih ilmunya mas, setelah baca tutor ini saya langsung praktek stel velg motor punya orang. Yah walaupun gak punya alatnya saya coba langsung stel di arm motornya dan ternyata hasilnya memuaskan untuk pemula seperti saya,,,

    Lumayan gan gak usah buka dompet sekedar ngopi sama rokok mh., heheee

    Liked by 1 person

  2. matursuwun sanget kang, sy mau ty kalo ruji yg sy pasang kepala mor y variasi ada yg rata dgn pelek ada yg nongol padahal mor y sdh notok kencang y, ruji sy kepanjangan apa nyetel y yg krg maximal? trim

    Liked by 1 person

  3. Mas, roda belakang saya tak perhatiin perputarannya gag center, kekanan kiri, yg belakang lebih parah dari yang depan, tp kalo dinaikin gag terasa goyangnya. Nha yg jd pertanyaan saya, kalo tak diemin aja, efeknya apa ya mas? Ngrusak part lain gg?

    Suwun.

    Liked by 1 person

  4. Salam kenal mas, monanya mas kalo sya perhatikan sepeda mtb yg pakai gir model tumpuk itu jari jari kanan dan kiri beda mas, yg kanan lurus yg kiri kyk payung atau cembung, itu gimana nentuin titik tengshnya mas supaya ban bisa center pas ditengah, mksih sebelummnya mas

    Liked by 1 person

    • Salam kenal Aris, jika sepertinya itu (terlihat cembung) boleh Jadi panjang ruji beda, jadi pemasangan ruji berbeda dari kedua sisi, sisi yang cembung merupakan ruji yang panjang, dan sebaliknya. Jika memang benar begitu, maka akan lebih mudah menentukan titik tengahnya. Asalkan pemasangan ruji tepat (yang pendek untuk sisi yang lurus , & yang panjang untuk sisi yang cembung), saat pemasangan ruji, sisakan sedikit (akan penuh) saja ulir ruji secara merata di kedua sisi, maka sudah ketemu secara sendirinya titik tengahnya. Tinggal penyetelan, dan di alat penyetelan pasti akan terlihat titik tengah ban.

      Namun jika panjang ruji sama, untuk penentukan titik tengah ban, ya hanya dikira-kira saja. Dan nanti terlihat kurang kemana saat di pasang pada alat penyetelan.

      .

      Like

  5. Emang bener, untuk stel jari2 sepeda/motor diperlukan ketelatenan dan kesabaran serta ketelitian. Karena mata kita menjadi semacam alat deteksi yg paling membutuhkan konsentrasi. Alhamdulillah masih ada yg mau berbagi ilmu untuk sesama. Saran tambahan sedikit dari saya, lakukan penyetelan jari2 pelek di tempat yg cukup cahaya/terang(mempengaruhi tingkat ketelitian mata dalam pengamatan) .Terima kasih.

    Liked by 1 person

  6. Alhamdulillah saya nemu artikel menarik, terima kasih mas, saya mau coba praktek, kebetulan dirumah ada bbrapa sepeda anak2 yg hrs diperbaiki rodanya, Baarokah mas ilmunya, moga seluruh amal sholeh kita semua, terutama ayahnya mas (Allohu yarham), diterima di sisi Alloh ta’ala. salam dr Bandung…

    Liked by 1 person

  7. Alhamdulillah. Terimakasih artikelnya. Sangat bermanfaat untuk saya yang baru bisa masang ruji tapi tidak bisa nyetelnya. Besok saya praktekan dan semoga menjadi amal jariyah Almarhum Bapak dan insyaAllah amal jariyah mas karena insyaAllah setelah saya bisa saya akam ajarkan ke anak-anak tetangga maupun teman yang suka motor. Lumayan irit 25ribu ketimbang ke tukang setel pelek hehe

    Liked by 1 person

  8. salam kenal , masih ada yg tanda tanya nih, kenapa harus kiri kanan? , bukankah kanan saja, atau kiri saja sudah cukup jadi patokan? Maksud saya adalah, misal saya incar kanan, selesai, kenapa harus kiri juga? , demikian termakasih artikel yg menarik ini

    Liked by 1 person

  9. Selamat pg. Sy mengikuti ilmu dari mas kusnanto dan sangat2 bermanfaat.tks banyak smg sll sukses dan penuh berkah.
    Oh ya mas sedikit tanya ,setelah velg dan jari2 selesai dirakit lengkap sdh dipasang sprocket dan ban. Kemudian setelah dipasang ke frame speda ternyata kurang senter /agak mepet kekiri. Bagaimana cara mengatasinya.
    Tks atas waktu dan petunjuknya.

    Liked by 1 person

    • Selamat pg. Sy mengikuti ilmu dari mas kusnanto dan sangat2 bermanfaat.tks banyak smg sll sukses dan penuh berkah.
      Oh ya mas sedikit tanya ,setelah velg dan jari2 selesai dirakit lengkap sdh dipasang sprocket dan ban. Kemudian setelah dipasang ke frame speda ternyata kurang senter /agak mepet kekiri. Bagaimana cara mengatasinya.
      Tks atas waktu dan petunjuknya.

      Liked by 1 person

    • Selamat siang, iya sama2, amiin terimakasih.
      Baiklah jika velg ternyata mepet kekiri, maka roda dicopot ulang, ruji yang menempel bagian boss kiri dikendorkan semua, merata satu atau dua putaran. Lalu ruji bagian kanan dikencangkan semua satu atau dua putaran sesuai yang di sisi kiri tadi. Silahkan dicoba!

      Like

  10. Terima kasi mas ilmunya
    Smoga niat mas brbagi ilmu dri almarhum orang tua di terima Alloh SWT.
    Pingin praktek stel speda ontel anak
    Remnya ada yg ngunci di titik tertentu
    Nyari alatnya dulu

    Liked by 1 person

  11. Salam, mas kus sebelumnya terima kasih infonya sangat membantu. Saya mau bertanya ini memgenai roda belakang, kalau masih ada gear nya apa tidak susah untuk memasukkan jari jari yang baru? Apakah ada tips atau trik yang bisa saya terapkan? Terima kasih

    Like

  12. Salam, mas kus sebelumnya terima kasih infonya sangat membantu. Saya mau bertanya ini memgenai roda belakang, kalau masih ada gear nya apa tidak susah untuk memasukkan jari jari yang baru? Apakah ada tips atau trik yang bisa saya terapkan? Terima kasih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s