Apa Sih Arti Tulisan DOT Pada Helm?

Helm KYT dengan sertifikat DOT (www.apparelbikers.com)

Helm KYT dengan sertifikat DOT (www.apparelbikers.com)

Habis beli helm, tapi sayang kurang memuaskan, terasa sempit dirahang jadi ngilu gitu…hadeww sampai kapan penderitaan ini berakhir…lebayy🙀😿

By the way, bus way on the way…berhubung lagi makai helm baru, eee di jalan bawaannya ngeliatin plus ngelirikiin helm melulu…..membandingkan, menyamakan, dan membayangkan helm yang bermerk…hadew mupeng deh punya helm bagus…

Nah seringlah ngelihat helm yang ber merk KYT eee di bawahnya ada tulisan nya DOT, helm INK juga…apaan sih ya? Apa itu sama untuk DOT dedek bayi…????

Jadi penasaran deh, dan akhirnya ketemu juga apa tuh arti dari kata tiga huruf tersebut.

Ternyata DOT itu merupakan sebuah kependekan dari sebuah sertifikasi kualitas helm yakni Departement Of Transportation di Amerika dengan kode FMVSS 218. Helm yang memiliki stiker DOT adalah helm yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Helm dengan stiker DOT banyak ditemukan di pasaran antara lain dengan merek KYT, MDS dll.

Disamping DOT ternyata ada juga serifikasi kualitas yang sepwrtinya lebih tinggi yakni SNELL, SNELL MEMORIAL FOUNDATION merupakan lembaga institusi standar independen yang tidak terikat pada regulasi Negara. Lembaga ini diakui memiliki standar tinggi dan didukung oleh banyak pabrikan helm kelas dunia. Bahkan SNELL melakukan pengujian lebih ketat dari standar pemerintah US. SNELL bahkan memiliki spesifikasi yang sangat spesifik meliputi tipe dan ukuran.

Bagi mereka yang telalh lulus uji standarisasi SNELL harus meregistrasi/melaporkan ke pihak SNELL. Mereka punya website dengan list tipe2 helm yg lulus SNELL. Dan mereka juga punya stiker hologram khusus yg ditempel di bagian dalam helm.

 

Ada beberapa produsen helm yang menempelkan stiker “SNELL homologated”… yg artinya “sudah sesuai atau disamakan dengan test SNELL”. Produsen yang menempel stiker ini biasanya yang malas untuk register di Snell Foundation, karena pada saat registrasi mereka dikenakan biaya yang lumayan malah, sehingga mereka memilih untuk melakukan tes sendiri di pabrik mereka yang telah disesuaikan dengan standar yang ditetapkan SNELL.

Helm yang berlogo SNELL antara lain AGV, Arai, Astral-X, Astro-TR, Chaser, Classic-LE2, Classic/c, Condor, Corsair, GP-5X, Omni-J, Quantum-2, Rapide-Ov, X-Eleven, dan XR-1000.

Sebetulnya helm dengan sertifikasi SNELL dan DOT merupakan sertifikasi yang diakui oleh International dan diadopsi oleh 50 negara besar di dunia diantaranya negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.

Oiya ga usah tanggung-tanggung nih sdkalian kupas SNI plus tips memilih helm yach

SNI , Standar Nasional Indonesia (disingkat SNI) adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih helm antara lain :

  1. Memiliki ukuran proprosional – tidak terlalu besar atau sebaliknya
  2. Tidak kopong – Bila di ketuk bagian batoknya tidak berbunyi nyaring
  3. Tidak lentur – Helm di posisikan terbalik bila kedua sisinya ditekan tidak berubah bentuknya
  4. Memiliki ketebalan stirofom sekitar 1 cm dan terdapat lapisan busa setebal 1 cm pada bagian depan
  5. Jarak dari mulut pemakai dengan ujung helm sekitar 1-1.5 cm
  6. Kaca helm tidak terlalu tipis, ketebalannya sekitar 2-3 mm
  7. Terbuat dari bahan Plastik atau Karbon Kevlar

 

 

Helm yang baik tentunya berbeda dengan helm yang hanya menarik dari segi penampilanya. Kadang untuk mengetahui kualitas helm tersebut baru terlihat setelah dipakai :

  1. Helm dengan ukuran yang pas, tidak terasa “oblak/kendor” saat di pakai
  2. Suara kendaraan lain terdengar jelas meski kaca helm tertutup
  3. Kaca helm tidak mudah mengembun maupun kemasukan angin
  4. Ketika ventilasi helm dibuka hembusan angin masuk melalui lubang ventilasi tersebut

 

sumber: forum Kaskus

Sumber : yukimuarichi

Ow Dexlite Itu Ternyata BBM Untuk ….

Ilustrasi Dexlite - (www.mobil123.com)

Ilustrasi Dexlite – (www.mobil123.com)

Sedikit penasaran dan kepo akan sebuah nama Bahan Bakar Minyak bernama Dexlite, mencari di situs pertamina tidak ketemu. Dan akhirnya ketemulah…

Dan ternyata Dexlite merupakan bahan bakar minyak terbaru dari Pertamina untuk kendaraan bermesin diesel di Indonesia. Dexlite diperkenalkan ke publik pada Selasa, 12 April 2016 sebagai varian baru bagi konsumen yang menginginkan BBM dengan kualitas di atas Solar biasa (bersubsidi). Seperti halnya pertalite pada bensin.

Dexlite mempunyai angka setana/ Cetane Number 51, angka ini diantara solar biasa dan pertamina Dex, dimana solar biasa minimal 48, dan Pertamina Dex minimal 53.

Untuk harga, Dexlite awal  dijual sedikit lebih mahal dari solar biasa. Sehingga, dari segi penempatan juga berada di tengah-tengah, dimana Pertamina Dex paling tinggi Rp 8.400, Dexlite Rp 6.750 dan solar subsidi Rp 5.150.

Untuk bahan racikan, Dexlite merupakan komposisi dari campuran ‎bio diesel atau fatty acid methyl ester‎ (FAME) sebanyak 20 % dengan zat adiktif di dalamnya sehingga kandungan sulfur (belerang)  mencapai 1.000 – 1.200 PPM(part per million), sedangkan Solar biasa 48 mempunyai kandungan  sulfur 3.500‎ PPM. Untuk pertamina dex kandungan sulfur hanya sekitar 300 PPM, Ini sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait pencampuran Bahan Bakar Nabati (BBN) pada solar.

 

Dan Berikut daftar mobil yang direkomendasikan menggunakan Dexlite:

 

  • Chevrolet Captiva & Colorado
  • Hyundai H-1 CRDI
  • Isuzu D-Max & Elf
  • Kia Pregio & Carnival
  • Mitsubishi Triton dan Pajero Sport non-VGT
  • Nissan Frontier
  • Peugeot XUD-9
  • Renault Duster
  • Tata Aria
  • Toyota Hiace, Commuter, Innova dan Fortuner non-VNT
  • Semua merek dan tipe truk

 

Untuk kendaraan sejenis BMW, Mercedes-Benz, Pajero Sport baru, Fortuner baru, Santa Fe diutamakan menggunakan Pertamina Dex dan tidak cocok turun ke Dexlite. Kecuali untuk Fortuner lama, Pajero Sport lama, dan Kijang diesel.

 

Sumber: wikipedia

‘Remembering’ : Inilah Pesan Di Punggung Biker Difabel

Pesan pengendara motor difabel

Pesan pengendara motor difabel

Inspiratif, banyak yang berkomentar begitu, saat melihat tulisan hitam diatas kertas putih yang dilaminating tersebut.

Tapi sebenarnya bukan ‘inspiratif maupun kreatif, namun tepatnya ya ‘remembering’ maupun warning’, mengingatkan maupun memperingatkan kepada pengendara maupun pengguna jalan lain yang dibelakang nya.

Pesan yang pastinya Istimewa dikarenakan di sampai kan oleh saudara kita yang berkebutuhan khusus (difabel) , mungkin kalo yang menulis dan menyampaikan adalah pengendara biasa, bisa jadi lain cerita.

Berikut bunyi dari pesan tersebut ” “ALON – ALON  !

AKU WONG CACAT

OJO KESUSU

MBURI KU”

jika di alih bahasa Indonesia berbunyi :

“PELAN-PELAN

SAYA ORANG CACAT

JANGAN BURU-BURU

BELAKANGKU”

Yach, sebuah pesan yang sungguh ‘mengena’ bagi kita semua sesama pengendara di jalan raya yang seakan hutan rimba, siapa yang cepat dia lah penguasanya. Kalsu boleh menilai,  semua pengendara itu egois, memikirkan dirinya sendiri, dengan alasan, kesiangan, memburu waktu lah, keburu telatlah, inilah-itulah…

Mereka itu seperti , barisan pembalap di sirkuit, saat di lampu hijau menyala, wusshhh….., bahkan banyak yang mencuri start….😱,….mereka berlomba untuk berada di barisan depan saat antri lampu merah, tidak sabaran saat kondisi macet, dengan menyerobot sana-sini.

Semoga dengan pesan istimewa di atas, kita bisa ter-ingatkan , kita ter-peringatkan, semakin sabar kita dijalan raya, maka semakin aman kita dari malapetaka.

“salam aspal hitam untuk semua”..😸

Salut, Reaksi Cepat-Tanggap ‘Dwi’ Selamatkan HP Pengunjung Wisata Mangrove Kulonprogo

Dwi sesaat setelah berhasil menemukan HP pengunjung hutan Mangrove Kulon progo

Dwi sesaat setelah berhasil menemukan HP pengunjung hutan Mangrove Kulon progo

Firia Damayanti salah satu pengunjung wisata hutan Mangrove  Kulon progo, merasa senang dan berterima kasih kepada salah satu pengelola obyek wisata yang berada di dusun Pasir Kendit, desa Jangkaran, kecamatan Temon, Kulon Progo tersebut, karena telah menyelamatkan HP nya. Fitria juga merasa takjub dan salut, karena seseorang tadi yang disebut Dwi, menolong tanpa pamrih, dipaksa menerima imbalan pun tetap tidak mau menerimanya.

Inilah salah satu sikap dan sifat terpuji yang patut kita apresiasi, atau setidaknya menjadi cermin bagi kita. Terlebih bagi para pengelola sebuah obyek wisata, hal ini sungguh akan membawa efek positif kedepannya. Terlebih respon Dwi ini bisa dibilang reaksi yang cepat-tanggap, silahkan simak cerita dari Firia Damayanti berikut ini….

Mas ini namanya mas Dwi Rumahnya di kauman kulonprogo salah satu team kapal di kawasan wisata hutan mangrove.

Mas Dwi ini tadi siang menyelamatkan Hp saya yg kecebur pas melintasi Jembatan ini.
Pas sy minta tolong langsung spontan copot kaos dan menyelam. Dan ga ada 5 menit langsung ketemu. Mas ini sama sekali tidak mau menerima imbalan apapun. Walau sudah kami paksa.
Krn hp saya bisa tahan di dlm air 15 menit Alhamdulillah Hp saya masih hidup dan bisa saya pakai lagi.
Salut banget sama mas ini…
Semoga Sehat Selalu ya mas, Barokallah

Well, semoga kisah di atas menginspirasi kita semua.

Sumber : grup facebook Berita Kulon Progo

Tampak samping kiri mainan vespa klasik

Mainan Vespa Klasik Mini, Mirip Piagio PX150

Tampak depan mainan vespa klasik

Tampak depan mainan vespa klasik

Ada -ada saja ide membuat mainan untuk anak-anak, seperti halnya Vespa Klasik mini ini.

Yach walaupun tidak jelas produksi dari mana namun cukup membuat anak-anak senang, baik ansk cowok maupun cewek, yang rentang usia antara 2-4 tahun. Karena ukuran memanglah cukup kecil, panjang : 54 cm, lebar: 24 cm, tinggi : 34 cm, sedangkan tinggi tempat duduk: 24 cm. Untuk ukuran diameter roda 13 cm, diameter velg: 9 cm_ lebar roda: 6cm.

Model vespa mainan ini tidak ada kayuhnya hanya di pancal kaki ke tanah, seperti sepeda strider gitu.

Untuk desain sepertinya meniru akan desain vespa Piagio PX 150 Exclussive. Jian mirip deh, sein nya, bagasi depan nya. Lampu depan dan belakannya.

Untuk harga vespa mini klasik mainan ini di Jogja seharga minimal 75 juta eh ribu rupiah, bisa didapatkan di toko mainan mana saja, atau bisa di toko jogjaToyShop, belakang-kiri hotel Bronto.

Well demikianlah sekilas mengenai sebuah mainan yang menarik nan asyik.

Anak-anak naik mainan vespa klasik

Anak-anak naik mainan vespa klasik

Tampak atas mainan vespa klasik

Tampak atas mainan vespa klasik

Tampak Samping kanan mainan vespa klasik

Tampak Samping kanan mainan vespa klasik

Tampak belakang mainan vespa klasik

Tampak belakang mainan vespa klasik

Tampak samping kiri mainan vespa klasik

Tampak samping kiri mainan vespa klasik

 

Ini Nih Klarifikasi Pihak Pengelola Odong-Odong Alkid Yogyakarta

Mobil kayuh di alun-alun kidul Yogyakarta

Mobil kayuh/odong-odong di alun-alun kidul Yogyakarta

Beberapa hari ini netizen warga masyarakat Jogja di hebohkan perang opini dengan tarif naik Odong-odong di Alun-Alun Kidul(Alkid) yang selangit. Di sebuah grup icj media sosial facebook.

Dan menjadi trending topik, dan menjadi perhatian khusus netizen. Setiap postingan yang menyangkut odong-odong, selalu mendapat tangapan dari netizen. Kebanyakan mereka menyayangkan dengan mahalnya tarik naik odong-odong, bahkan memgatakan termahal di dunia. Ada yang mengatakan mending  sewa mobil sekalian, ga bakalan naik odong-odong, dan sebagai nya.

Nah kali ini ada sebuah postingan atas nama Deddy Novie yang mengatas namakan pengelola Odong-odong Alkid, namun begitu tetap saja mendapat tanggapan ‘miring‘ dari netizen yang sepertinya pengelola masih tetap kekeh akan tarif 150ribu sekali putar. Monggo silahkan disimak klarifikasinya…….

 

Bismillahirrohmannirohim.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat siang seluruh masyarakat yogyakarta dan pengunjung Kawasan Wisata Alkid Yogyakarta khususnya serta seluruh anggota dan sedulur semua yang ada group media sosial “Info Cegatan Jogja” (ICJ)..Mohon maaf mengganggu waktu istirahatnya dan liburannya serta mohon ijin kami akan menanggapi hal terkait harga sewa odong” / sepeda hias untuk satu kali putar, yg menjadi trending topic di media sosial ini (pernah ditanyakan oleh salah satu member) kemudian dijawab oleh seseorang dengan akun FB yg berinisal “J” dengan cara memposting pernyataannya di akun FB-nya sehingga menjadi heboh karena ada kalimat yang tidak baik dan tidak pantas untuk diposting serta dibagikan di media sosial.
Pertama-tama, kami mewakili seluruh angggota paguyuban pelaku wisata alkid yogyakarta memohon ma’af yg sebesar-besarnya kepada pengunjung wisata malam Kawasan Wisata Alkid Yogyakarta dan yang terhormat pecinta facebook serta anggota ICJ atas kekhilafan postingan anggota kami yg mungkin tidak pantas utk diposting.
Terkait harga sewa odong” tersebut, kami mencoba mengklarifikasi bahwa STANDARISASI HARGA sewa odong”/sepeda hias/sepeda wisata memang belum bisa kami implementasikan karena kami kesulitan utk menentukan parameter sebagai pedoman penentuan harga sewa odong” tersebut. Harga sewa 150rb satu kali putar disaat liburan memang terjadi demikian. Namun, harga tersebut bukan harga mati artinya pengunjung boleh menawar sampai kesepakatan harga terjadi/bargaining position. Jikalau tdk terjadi kesepakatan, maka pengunjung bisa mencari alternatif lainnya. Ada lebih kurang 70 odong” yg beroperasi dan juga bervariasi harganya sesuai dengan bentuk dan kondisi armadanya. Kami yakin dibawah harga itu pastinya ada, tergantung jenis dan bentuk odong” nya atau jumlah penumpangnya.
Harga sewa 150rb sekali putar, bisa dimungkinkan armadanya baru, kemasannya menarik dan bisa muat lebih dari 7 org. Mereka pun menawarkan harganya sesuai dengan besaran modal usaha awal yg mereka keluarkan (bisa mencapai puluhan juta) dan berapa lama BEP yg akan diperoleh. Jadi, penawaran harga disinilah akan terjadi. Disamping itu, pembeli jasa sewa dalam hal ini pengunjung wisata diberi kebebasan utk menawar. Jika proses tawar menawar harga terjadi dan kesepakatan harga sudah disetujui itu berarti antara pemilik jasa sewa odong” dan pengunjung wisata sudah sepakat untuk menggunakan odong” tersebut berputar mengelilingi lapangan alkid sambil menikmati syahdunya cuaca malam di alkid, diiringi alunan musik serta melihat pengunjung lainnya sedang bersantap malam di pinggir lapangan.
Demikian sekiranya kami bisa mengklarifikasi terkait trending topic harga sewa odong” di alkid. Sekali lagi kami mohon maaf apabila ada salah kata dalam hal penyampaian staetment yg mungkin terlampau hiperbolik.
Dengan kerendahan hati, kami siap menerima kritik dan sarannya demi kemajuan paguyuban yg telah lama kami rintis dan perkembangan wisata malam di alkid yogyakarta. Kami berusaha dan berusaha utk memperbaiki diri.
CP. Pengurus Paguyuban Pelaku Wisata Alkid Yogyakarta (PAPARASI ALKID) : 0816678340/085229088838
SELURUH JAJARAN PENGURUS PAGUYUBAN PELAKU WISATA ALKID YOGYAKARTA MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2017 SEMOGA DENGAN BERGANTINYA TAHUN AKAN MENJADIKAN MOTIVASI KITA UNTUK MELANGKAH YANG LEBIH BAIK DAN SUKSES
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
— di Alun Alun Kidul (Alkid) Jogjakarta.

 

Yach semoga ada solusi untuk hal ni, btw ada yang berkomentar  yang menyarangkan sowan ke Sultan untuk minta petunjuk.

Motif batik kupu-kupu kombinasi

30 Motif Batik Kreasi Modern , Bisa Anda Dapatkan Di Batik Ramadhani Pijenan Bantul

Jos Nan nih. Gambar atau motif kain batik yang merupakan kreasi modern. Terlihat begitu segar  dan sepertinya warna cerah dan motifnya belum pernah terlihat sebelumnya.

Pada dasarnya corak atau motif batik , ada kawung dan parang, juga motif bunga, kupu-kupu dan burung merak. Aksn tetapi merujuk pada perkembangan dan kebutuhan pasar, diberikan sentuhan kombinasi corak lain dan juga warna yang cerah/ngejreng.

Berikut 30 koleksi motif batik ysng bisa kita dapatkan di butik Batik Ramadhani, Pijenan Wijirejo Pandak Bantul.;

Motif batik kreasi modern

Motif batik kreasi modern

Motif batik

Motif batik

Motif batik parang

Motif batik parang

Motif batik parang

Motif batik parang

Motif batik parang kombinasi

Motif batik parang kombinasi

Motif batik

Motif batik

Motif batik parang

Motif batik parang

Motif batik

Motif batik

Motif batik parang

Motif batik parang

Motif batik parang kombinasi

Motif batik parang kombinasi

Motif batik

Motif batik

Motif batik merak

Motif batik merak

Motif batik

Motif batik

Motif batik klawung

Motif batik kawung

Motif batik kombinasi

Motif batik kombinasi

Motif batik parang

Motif batik parang

Motif batik bunga

Motif batik bunga

Motif batik

Motif batik

Motif batik bunga

Motif batik bunga

Motif batik kupu-kupu

Motif batik kupu-kupu

Motif batik parang kombinasi

Motif batik parang kombinasi

Motif batik parang kombinasi

Motif batik parang kombinasi

Motif batik kupu-kupu kombinasi

Motif batik kupu-kupu kombinasi

Untuk harga kain batik diatas perpotongnya dengan ukuran 1,15 x 2,40 m dibanderol dengan rentang harga antara Rp 110.000-120.000,-

Silahkan kunjungi butik Batik Ramadhani, di Jl. Sedayu-Gesikan , Pijenan, Wijirejo, Pandak Bantul.

Masih banyak koleksi motif yang lainnya.