Jurnal Jogja-Merak-Jogja ‘by Bus’

Mempunyai saudara di kota lain memberi kesempatan kita untuk datang berkunjung ke kota tersebut, dan mimin punya banyak saudara di kota industri ‘Cilegon’. Kota yang penuh dengan pabrik-pabrik besar, terlebih pabrik pembuat baja terbesar se-Asia ‘Krakatau Steel’.

Jumat Minggu pekan kemarin(11-13 okt)  mimin ada keperluan ke kota Cilegon, menggunakan jasa transportasi roda enam  bis, sebuah kendaraan besar yang masih bisa diandalkan oleh masyarakat. 

Banyak pilihan bagi kita menggunakan jasa tranportasi darat yang masih terjangkau ini, dengan  harga tiket Jogja-Merak antara 135 ribu untuk Patas Non-AC, & untuk AC-Toilet 170 ribu. Dengan jarak  kurang lebih sekitar 690 kilometer(menurut Google maps). Dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 15 jam 😱😱… Berangkat dari Jogja pukul 14.00 sampai Merak pukul 7 pagi,  pulang dari Merak pukul 14.00 sampai Jogja pukul 5 pagi. 

Iya kalo naik bus kita meski bersabar, kita tidak bisa mengejar waktu [Beda dengan moda transportasi darat lainnya, seperti kereta api terlebih pesawat terbang] Selama perjalanan kita harus bisa me-manage rasa jemu,  me-manage perut, menahan panas( jika naik bus nonton AC), plus menahan hajat (BAB/ BAK) jika yang kita tumpangi bus biasa, non ac non toilet.

Bus yang mimin tumpangi lajunya terbilang santuy, tidak seperti bus-bus trayek Jawa Timur an. Waktu di jalan bebas hambatan/ tol saja enggak kencang-kencang amat(tidak lebih dari 90km/jam) benar-benar santai laju bis ini.

Untuk rute Dari Jogja berawal dari terminal Palbapang ke barat melalui Srandakan, kemudian Galur(kulonprogo), Purworejo, Kebumen, Kebasen, yang kemudian mengarah ke utara, melewati Ajibarang, hingga masuk tol Pejagan-Pemalang, Kanci-Palimanan, Palimanan-Cikopo, hingga melewati kota Cikampek, Bekasi, Jakarta, Serang, semua via Tol, dan sampai ke tujuan Merak/ Cilegon Barat. Untuk rute pulang tinggal dibalik saja, hanya saja begitu sampai Kulonprogo rute berubah tidak lurus ke timur tapi menuju ke Utara ke arah kota Yogyakarta(jl. Jogja-Wates).

Untuk bis Sumber Alam ini ada penggantian bis di setamplat Bus Kutoarjo, seluruh penumpang dipilah dan kemudian disatukan sesuai tujuan, baik yang naik dari terminal Giwangan, maupun terminal Jombor, maupun terminal Palbapang.

Selama perjalanan istirahat/ break sebanyak 3 kali, pertama di Stamplat bus daerah Ajibarang, kita bisa istirahat sejenak sekitar 30 menit, cukuplah untuk makan & sholat. Dua istirahat selanjutnya juga kurang dari 30 menit,sekedar untuk buang hajat.

Oiya, saat ini sedang ada peninggian jalan dengan dibeton/dicor dan mimin amati pembetonan jalan terbilang cukup tebal juga ya, minimal sejengkal tangan 25 cm, entah apa ya sekarang banyak jalan dibeton. Pembetonan jalan ini mulai dari wilayah Kebumen hingga Ajibarang, jadi dibeberapa titik dilakukan sistem buka-tutup, jadi sedikit banyak menghambat laju kendaraan.

Harak Jogja-Merak menurut Google maps via semarang
Bis inilah yang mimin tumpangi
Harga tiket bis Jogja-Merak Patas Nonton AC
Harga tiket bisa Merak-Jogja AC-Toilet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s