Cara Ganti Gear Depan Sepeda BMX Ke Ukuran Lebih Kecil

Efek tontonan begitu berpengaruh besar bagi pemirsanya, seperti sebuah sinetron di salah satu stasiun televisi swasta saat ini yang mana ditayangkan setiap (sore) hari. Seperti halnya sebuah sinetron yang berkutat pada seputar sepeda BMX (Go-BMX), menceritakan seorang remaja yang hobi akan bersepeda BMX, jumping/melompat dengan sepedanya, berakrobat dengan sepedanya, mengejar penjahat dengan sepedanya, dan hal-hal menarik lainnya seputar sepeda BMX.

Dengan sinetron yang tayang setiap (sore)hari tersebut, menjadikan sebuah influence/pengaruh besar bagi para pemirsanya, apalagi ke anak-anak yang memang masih bertaraf meniru-niruc, apalagi  yang menceritakan sepeda seukuran sepeda yang mana anak-anak di tingkatan sekolah dasar pasti memilikinya, yang dibelikan orang tuanya tentunya.

Nah dengan tontonan begitu apik-menarik-atraktif (bagi anak-anak mungkin) seakan anak-anak tersihir pada adegan-adegan bersepeda di sinetron tersebut, pengen ngikuti gaya sang idolanya, ikut jumping lah, jungkir-balik lah, ikut atraksi lah, dan juga ngikuti akan tampilan pada sepedanya ya ditiru, semirip mungkin sepeda yang ada di sinetron itu.

Herannya teliti juga ya ternyata si anak-anak kita, memperhatikan setiap detail dari sepeda yang ada di sinetron itu, semisal gear depan di sepeda yang disinetron itu (yang mana sepeda -sepeda tersebut memang digunaan untuk atraksi), ialah gear depan yang berukuran kecil, maka pengen juga anak-anak ngikuti untuk mengganti gear depan sepeda mereka dengan gear ukuran kecil.

Nah terpaksa deh nuruti kemauan si anak, (namanya juga anak kita khan) dengan janji asal hanya gaya di  sepedanya saja yang ditiru, dan jangan meniru gerakan-gerakannya bersepeda si lakon di sinetron, karena atarksi mreka harus butuh latihan khusus.

Singkat cerita meluncurlah ke toko onderdil sepeda, dan beli piringan gear depan, saya awalnya agak ragu, namun ternyata si penjual telah paham, maka diambillah piringan tipis gear depan yang memang berukuran kecil, sepertinya hanya separo dari ukuran standarnya, saat saya hitungpun  ternyata hanya berjumlah 28 gigi, sedang yang ukuran standar berjumlah 39 gigi.

Harganya pun ternyata relatif murah hanya Rp 15 ribu saja, (pembulatan dari 14.500,00), weh 15 ribu sudah bisa menyenangkan hati si buah hati.

Segeralah mempersiapkan peralatan kunci-kunci untuk bongkar bagian as tengah sepeda. Diantaranya Kunci pas 14-15, kunci besar/kunci inggris, tang, drip besar dan drip kecil pembuka rantai, sepertinya cuma itu.

Well mulailah kita membongkarnya :

  1. langkah pertama, membuka pedal, yakni pedal sebelah kiri, dengan memakai kunci pas ukuran 14-15 membuka pedal kiri adalah dengan arah kanan/searah jarum jam.
  2. langkah kedua adalah melepas mur pengikat konis as tengah, lalu ring, lalu rangkaian bola-baja/gotri renteng. Setelah ketiganya terlepas lalu melepas as tengah yang panjang dan berkelok, sebelumnya lepaslah rantai dari gear depan. melepas as tengah yang merupakan  bentuk terusan antara gagang pedal kanan-kiri dengan as tengah dari sisi kanan, as tengah tadi  putar-putarlah hingga menemukan jalur/jalan untuk melepasnya dari lubang as tengah.
  3. Langkah ketiga adalah melepas piringan gear, dengan cara menge-drip-konis pengikat konis, pukul bagian cekungan konis dengan arah kekiri/berlawanaan dengan arah jarum jam hingga terlepas dari as pedal dan  lepaskan piringan yang lama.
  4. Langkah ke empat memasukkan gear baru, lalu mengikatnya dengan konis tadi, kencangkan dengan mamakai drip dan pastikan benar-benar terikat kencang.
  5. Langkah selanjutnya memasang kembali as yang telah terpasang gear baru ke dalam mangkukan tengah, pasang pula rankaian bola-baja/gotri renteng, konis, ring serta mur pengikatnya.

 

Nah selesailah sudah memasang  atau mengganti gear depan, tapi tunggu dulu, dengan mengganti gear depan dengan ukuran yang  lebih kecil,  maka pastinya rantai akan kedodoran/atau rantai menjadi lebih panjang, untuk itu kita mesti memotongnya(menguranginya) agar panjangnya sesuai dengan gear baru.

Berikut cara memotong/mengurangi rantai sepeda :

  1. lepas rantai dari sambungannnya, simpan baik-baik sambungannya ya karena merupakan part kecil, sambungan yang terdiri dari pen, tutup, as mata rantai. Ukurlah kepanjangan rantai, sesuaikan dengan tingkat toleransi terkecil yang mana rantai tidak lepas, namun tidak terlalu kencang yang menjadikan kayuhan/gowesan menjadi berat, tapi itu bisa di stel nantinya dengan memajuan atau memundurkan roda belakang. jika sudah diukur maka tandailah titik mata rantai yang akan di potong/kurangi,
  2. siapkan beberapa(2 atau 3) mur kecil yang lubangnya sedikit lebih besar dari pen mata rantai, atau  seukuran baut 6/8, baut ini sebagai bantalan saat memukul pen rantai nantinya. Siapkan juga bantalan yang lebih lebar/ bisa juga gunakan apa saja atau gear lama yang dilepas tadi.
  3. Siapkan drip khusus pembuka pen rantai, sebenarnya ini adalah  alat khusus bengkel yang entah ada atau tidak jika beli di toko, biasanya hanya dimiliki oleh bengkel sepeda, tapi drip ini bisa di buat sendiri dan  namu jika anda hanya orang awam, kita bisa mengganti drip ini dengan menggunakan paku/baiknya paku baja yang seukuran/sedikit lebih kecil dengan pen rantai.
  4. Ratakan pen dengan plat mata rantai dengan jalan memukulnya dengan memberi bantalan baut kecil tadi tepat dibawah lubang as mata rantai, bila telah rata maka as rantai akan  terlihat sedikit meninjol di bagian bawahnya, lalu gunakan drip khusus tadi atau paku-baja untuk memukul pennya, dengan pukulan yang tepat maka pen akan bergerak kebawah, jangan lupa beri bantalan dengan 2 atau 3 baut kecil tadi tepat dibawah pe mata rantai 3, yang mana pen bisa terlepas dari rangkaian mata rantai.  Dan Plong…. pen rantai telah terlepas dan rantai siap disambung kembali, rantai siap dipasang pada gear depan dan belakang, stel kekencangan rantainya dan jreng-jreng selesailah sudah mengganti gear depan sepeda BMX.

 

Jika masih bingung silahkan ditanyakan …….

Demikianlah cara mengganti gear depan sepeda BMX, semga bermanfaat

 

Rangkaian as tengah; rangkaian bola-baja, konis, ring, danmur.

SEMC 3MP DSC

Rangkaian as tengah; rangkaian bola-baja, konis, ring, danmur.

SEMC 3MP DSC

Rangkaian as tengah; rangkaian bola-baja, konis, ring, dan mur.

SEMC 3MP DSC

Rangkaian as tengah; rangkaian bola-baja, konis, ring, danmur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s