Cara Merangkai Sepeda

gambar sepeda

gambar animasi sepeda

Sepeda yang telah selesai dirangkai

Sepeda yang telah selesai dirangkai

Mas dan mbak sekalian, apakah anda punya sepeda? Apa arti sepeda buat anda? Yang menurut saya definisi sepeda adalah sebuah alat transportasi roda dua. Dalam jarak tempuh pendek, penggunaan sepeda akan sangat efektif dan efisien, menghemat biaya, murah dan mudah. Terlebih di negara-negara maju dan berkembang, disamping mengurangi penggunaan BBM yang berimbas pada polusi, penggunaan sepeda juga sebagai tren/gaya hidup modern yang sehat. Tiada salahnya dengan sepeda mereka-mereka mencanangkan kehidupan yang sehat dan murah.
Dan walaupun kita orang yang hidup di negara yang sedang berkembang tiada salahnya mengikuti gaya hidup mereka, gaya hidup orang modern yang sehat, murah, dan mudah.

Kiranya tidak perlu sepeda yang bagus dan mahal. Karena pada dasarnya mekanisme sepeda itu kita kayuh, kita gowes. Se-mahal/se-bagus apapun sepeda itu, ya tetap begitu, tetap di kayuh, tetap di gowes. Jadi tetaplah bersepeda, apapun bentuk sepeda kita, pede aja. So belilah sepeda semampu kita. Atau mungkin sudah ada sepeda di rumah kita yang telah usang, yang ter-onggok di sudut rumah?? tidak ada salahnya kita perbaiki, kita beri cat yang baru agar lebih menarik untuk kita naiki, untuk kita gowes.  Lha bagaimana cara kita bisa memperbaikinya???sedang kita tidak tau apa-apa tentang sepeda. Tenang, mas-mbak sekalian jangan khawatir, disini saya akan mencoba membantu anda semua untuk memperbaiki sepeda anda. Setelah sebelumnya saya telah menghadirkan bagaimana Cara Pasang Ruji atau Jari-Jari Sepeda, yang bisa anda baca lagi disini, dan saya juga telah membuat postingan tentang cara stel roda sepeda, dan bisa anda baca juga disini.

Kini saya akan mencoba menghadirkan kepada anda semua, bagaimana cara merangkai sepeda.
Sebelum kita mulai merangkai sepeda, alangkah baiknya terlebih dulu kita mengenal bagian-bagian penting dari sepeda yang diantaranya;

1. Badan
2. Setang
3. Porok/fork
4. Tempat duduk/sadle…………
5. Roda
6. Dan part/bagian-bagian kecil lainnya( gear+pedal, rem, kom porok, kom tengah)

badan sepeda

badan sepeda

 

setang sepeda

setang sepeda

porok/fork sepeda

porok/fork sepeda

tempat duduk/sadle sepeda

tempat duduk/sadle sepeda

roda sepeda

roda sepeda

gear, pedal, kom tengah sepeda

gear, pedal, kom tengah sepeda

rem sepeda

rem sepeda

porok/fork, kom porok sepeda

porok/fork depan, kom porok sepeda

Setelah semua bagian-bagian sepeda telah anda kenal, dan telah kita persiapkan, juga kita persiapkan pula  alat-alat/kunci-kunci untuk memasangnya, kunci pas ataupun kunci ring segala ukuran mula i dari ukuran 8-15, kunci inggris, palu besar dan kecil, obeng plus-obeng minus, dan tang.

Nah setelah semuanya siap, mari kita mulai merangkai sepeda; kita mulai dengan;

Langkah pertama
Kita memasang part/bagian tengah sepeda, pertama-tama mangkuk-an kanan-kiri kita sematkan pada bagian tengah sepeda. Mangkuk-an adalah tempat gotri/bearing konis dan as gear depan. Siapkan palu untuk memasang mangkuk-an tadi, rebahkan/posisikan miring badan sepeda. Untuk memaksimalkan pemukulan, berilah bantalan/landasan kayu pada sisi satunya/sisi bawahnya. Masukkan mangkuk-an pada lubang as tengah, pukul dengan posisi palu miring, untuk memperoleh posisi pemukulan yang lebih lebar dan rata(lihat gambar 1.A).

pasang mangkuk-an tengah sepeda

Gambar 1.A  pasang mangkuk-an tengah sepeda

pukul mangkuk-an dengan palu posisi miring.

Gambar 1.A  pukul mangkuk-an dengan palu posisi miring.

Pasang mangkuk-an tadi sampai benar-benar rata dan merapat pada besi keni, pukul dan ratakan posisinya dengan besi keni. Jika sudah, pasanglah sisi yang satunya. Ya, untuk saat ini cukup pasang mangkuk-an saja dulu.

Langkah ke-2
Pasang mangkuk-an bagian depan badan sepeda, mangkuk-an ini untuk dudukan porok/fork.  Posisikan sepeda pada posisi  tegak. Caranya juga sama seperti pasang mangkuk-an tengah tadi atau lihat gambar 2.

pasang mangkuk-an porok depan

Gambar 2. pasang mangkuk-an porok depan, bawah di beri landasan kayu.

pasang mangkuk-an porok sampai mepet/mentog keni.

Gambar 2. pasang mangkuk-an porok sampai mepet/mentog keni.

Setelah atas-bawah dipasang mangkuk-an, lalu kita memasang konis pada porok, konis ini berfungsi sebagai bantalan bearing. Seperti gambar 3, dibawah ini,

Pasang konis pada porok sepeda

Gambar 3. Pasang konis pada porok sepeda

 

Selanjutnya kita ke
Langkah ke-3
Kita memasang tempat duduk/sadle. Sepeda masih dalam posisi tegak, pasanglah sadle pada lubang tengah atas, sadle telah ada pipa besi sebagai penghubung antara sadle dan badan sepeda.Pasang sesuaikan dengan ketinggian yang diinginkan, pasang dan kencangkan mur-baut sebagai pengikat pipa sadle agar sadle terpasang kencang tidak goyang(lihat gambar 3.A).

masukkan sadle pada lubang tengah atas.

Gambar 3.A  masukkan sadle pada lubang tengah atas.

pasang sadle sesuai ketinggian yang diinginkan.

pasang sadle sesuai ketinggian yang diinginkan.

Langkah ke-4
Kita pasang porok depan, namun sebelumnya kita memasang bearing/gotri renteng dalam mangkuk-an atas dan bawah bagian depan sepeda(lihat gambar 4.A). Beri paslin/gemuk untuk melicinkan bearing/gotri tadi, dan juga agar bearing menempel pada mangkuknya. O-iya mangkuk-annya di beri paslin/gemuk juga ya(lihat gambar 4.A). Pasang konis porok sebagai pengikat porok dengan badan sepeda, dengan cara di drat/diulir-kan pada bagian atas porok, Hingga menempel rapat pada mangkuk-an,sehingga porok bisa kencang namun licin bila diputar. Pasang ring-nya juga, lalu mur pengikatnya dengan kunci besar(kunci inggris) sampai benar-benar kencang.

berikan paslin/gemuk dan pasang bearing pada mangkuk-an porok

Gambar 4.A berikan paslin/gemuk dan pasang bearing pada mangkuk-an porok

pasang porok sepeda

pasang porok sepeda

pasang porok sepeda

pasang porok sepeda

pasang konis atas porok

pasang konis atas porok

pasang mur kancing porok

pasang mur kancing porok

Langkah ke-5
Pasang setang, setelah urusan bawah(pasang porok) selesai, selanjutnya kita pasang bagian atasnya, yaitu kita memasang setang. Benamkan setang pada tengah lubang porok, kira-kira setengah dari panjang leher setang, itu untuk ukuran amannya. Kencangkan mur tengah setang dikit demi sedikit, sembari di stel posisi setang pas dan senter/segaris dengan porok. Setelah posisi setang benar-benar telah center/segaris dengan porok, maka mur boleh anda kencangkan (lihat gambar 5).

pasang setang

Gambar 5. pasang setang

kencangkan baut setang

Gambar 5. kencangkan baut setang

Langkah ke-6
Kita memasang roda, pasanglah roda depan terlebih dulu. ambil roda depan lalu benamkan pada penjepit porok depan (Lihat gambar 6). Kencangkan mur-murnya, kencang namun roda bisa berputar dengan licin. Lalu kita pasang roda belakang. siapkan roda-nya posisi gigi/gear di sebelah kanan. Pasang pada penjepit porok belakang, pasang juga setandar-nya. Kencangkan mur-murnya, dengan kekencangan tingkat minimal saja, untuk penyetelan lebih lanjut nantinya.

pasang roda depan sepeda

Gambar 6. pasang roda depan sepeda

pasang roda belakang

pasang roda belakang

pasang setandar sepeda

pasang setandar sepeda

 

Langkah ke -7

Kita memasang bearing dan gear tengah. Sebelumnya berilah vaselin/gemuk pada mangkuk-annya. Kebetulan contoh yang akan kita pasang ini model as tengah terusan, artinya as tengah sekaligus tuas /gagang pedal. Masukkan ujung as dari sisi kanan. AS panjang yang berkelok ini, memang agak sedikit menyulitkan pemasangannya. namun dengan cara diputar-putar akan memudahkan dalam memasangnya. Setelah berhasil terpasang, lalu kancing dengan konis nya, lalu ringnya, dan mur pengikatnya. Kencangkan, namun diusahakan gear tetap bisa licin berputar. Lalu pasanglah pedal sebelah kiri.

 

Dengan selesainya kita memasang pedal sebelah Kiri maka selesai sudah bagian tengah sepeda, selanjutnya kita memasang rantai.

 

Langkah ke-8

Adalah memasang rantai. Biasanya rantai ada sambungannya jadi kita lebih enak melepas maupun memasangnya, tinggal kita mencari kedua ujung rantai, lalu kita sambung dengan pen  sambungannya. Setelah rantai terpasang, maka kita tinggal menempatkan rantai pada gear tengah dan gear belakang, lalu menyetel-nya agar rantai pas, tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang.

 

Langkah ke-9

Langkah selanjutnya adalah memasang pelengkap keamanan sepeda yang meliputi rem dan bell. Pertama pasanglah pegangan/handle rem yang ada di bagian setang, sisi kanak dan kiri. Lalu rem yang menempel pada badan dan fork/porok depan. Handle sisi kanan untuk rem roda depan dan handle sisi kiri untuk rem roda belakang. Lalu pasang olor atau kawat rem.,sesuaikan dengan kekencangan yang terdekat dengan handle. Selanjutnya kita memasang bell, yang amat mudah tentunya.

Nah dengan selesainya kita memasang bell, maka selesai sudah kita merangkai sepeda, jangan lupa di cek ulang semua kekencangan baut-baut nya ya! Selamat mencoba!!!!

Iklan

10 thoughts on “Cara Merangkai Sepeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s