5 Tips Jitu Sebelum Membeli Smartphone

Ilustrasi -1 paket pembelian lenovo A6000

 

Ada rasa kebingungan bilamana kita dihadapkan dengan banyak pilihan, seperti saat akan membeli sebuah ponsel pintar/ smartphone saat ini. Beragam merk dan seri dari beberapa vendor membuat kita semakin terpuruk dalam kebimbangan.

Lalu apa saja kiranya yang menjadi dasar pilihan kita untuk memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan kita?

Sepertinya cukup 5 tips berikut bisa menghilangkan kegundahan anda dalam memilih sebuah smartphone, dan baiknya disimak dulu kelima tips jitu ini sebelum and melangkah ke toko outlet smartphone ;

1. Sistem Operasi

Saat ini beragam sistem operasi dari smartphone yang ada dipasaran, mulai dari Android, Windows phone, iOS, Blackberry, dan lainnya. Blackberry sendiri adalah OS mobile yang mengutamakan privasi dan keamanannya. Sedangkan Windows Phone adalah OS yang dikenal akan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat Windows lainnya.

Untuk iOS, sistem operasinya mengedepankan kualitas, mulai dari kontrol privacy yang ketat, simple, model yang elegan dan gaya. Namun, kelemahan dari sistem operasi ini adalah pilihan perangkatnya yang terbatas pada iPhone, dan bagi banyak orang harga iPhone di nilai cenderung lebih mahal.

Untuk jenis Android mempunyai sistem operasi yang digunakan oleh berbagai merek smartphone dari vendor kelas dunia yang menawarkan range harga yang beragam. Selain itu, Android menyuguhkan bermacam aplikasi gratis yang menarik dan pengiriman data yang lebih mudah. Namun Android mempunyai kekurangan dalam pengaturan keamanan dari sistem operasinya dan juga pengaturan izin pemasangan aplikasi.

2. Kapasitas penyimpanan

Ada 3 aspek penyimpanan didalam sebuah smartphone, dan ketiganya pastilah saling berkesinambungan, meskipun peran dari ketiganya berbeda. 3 aspek tadi adalah memori Internal(ROM), RAM dan slot untuk MicroSD. Dapat dipastikan jika ketiganya mempunyai ukuran yang besar pastinya akan menjamin optimasi smartphone.

3. Layar

Disamping dimensi/ ukuran, faktor resolusi serta kerapatan pixel layar harus diperhatikan. Semakin besar jumlah pixel yang dimilikinya, maka layar akan terlihat tajam, jernih serta nyaman di mata. Nantinya ini akan berpengaruh pada kejernihan saat melihat foto maupun video juga saat nge-game.

 

4. Kamera

Kamera menjadi kebutuhan yang sangat vital, maka perhatikan besaran ukuran lensa kameranya yang biasanya dalam ukuran Megapixel (MP) semakin besar semakin bagus hasil jepretannya, baik kamera utama maupun kamera depan untuk selfie. dan untuk hasil video berkualitas tinggi maka pilihlah smartphone dengan resolusi HD.

5. Daya tahan baterai

Saat ini smartphone tetap bekerja neskipun dalam posisi standby/layar mati, dikarenakan beragam aplikasi semacam game maupun media sosial tetap on jika data dihidupkan, meskipun sudah off. Disamping juga layar yang lebar otomatis kebutuhan daya semakin bertambah banyak, terlebih jika anda sering browsing, chatting, dan downloading, kesemuanya butuh daya baterai yang tinggi dan banyak, maka pilihlah smartphone dengan Kapasitas baterai yang tahan lama.

 

Well demikianlah 5 tips sebelum anda membeli smartphone… Selamat berburu smarphone yang sesuai dengan budget anda tentunya…

Sumber : opera.com

Advertisements

4 thoughts on “5 Tips Jitu Sebelum Membeli Smartphone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s