Telat bayar pajak 1 bulan ini besaran pajak+denda Yamaha NMax

Di atas Yamaha Nmax

Yamaha NMax belum lama ini dinobatkan menjadi skuter matik dengan desain terbaik dari kemendag.( Yamaha Nmax meraih penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2018 untuk kategori transportasi sepeda motor dari Kementerian Perdagangan. Desain Nmax menjadi satu-satunya sepeda motor yang memperoleh predikat Good Design Indonesia di tahun ini _yamahajogja)

Yupz, NMax memang menjadi Pioneer motor skutik yang berdimensi lebih besar/gede/gambot dari sewajarnya. Tak ayal banyak orang yang sudah terpatri (ter-mindset) jika melihat skutik gambot ya NMax.

lalu berapa sih setoran pajak pertahunnya? Apalagi kalau terlambat membayar nya? Berapa denda atau sanksi administrasi nya).

Mengutip sebuah postingan dari rekan Egga Boedy yang men-share tentang pembayaran pajak motor kesayangan nya yakni Yamaha NMax warna hitam, dan ternyata bro Eggga yang berasal dari Gombong Jawa tengah ini terlambat 1 bulan.

Bukan tanpa alasan sih broEgga terlambat bayar, karena dia bekerja di ibukota, menunggu waktu yang tepat untuk sekalian mudik pulkam dan mungkin terlewatkan juga, karena saat ini ada sistem pembayaran online. Tapi tidaklah mengapa, dengan begitu kita bisa tahu besaran pajak plus dendanya.

Well, melihat keterangan pendukung nya yakni foto STNK warna coklat, atau Surat ketetapan pajak daerah PKB/BBN-KB & SW-JASA RAHARJA. Besarnya pajak nya(Yamaha NMax) sebesar 292.500 (wilayah Jateng). Besaran PKB sih sama sekali Indonesia yakni 35.000. lalu terlihat denda atau sanksi administrasi PKB sebesar 11.700, sedangkan besaran denda SW-JR nya 8.000.

Pajak motor Yamaha NMax telat 1 bulan

Sedikit membicarakan tentang denda, jika boleh saya bilang perhitungan denda pajak kendaraan bermotor adalah menjadi suatu hal yang misteri, pernah saya tanyakan langsung pada pihak Samsat saat , dan mereka tidak memberi tahu. Jadi saya selama ini dalam menghitung-hitung pajak+dendanya hanya berdasar dari pengalaman teman-teman saja.

Dan kini denda terlihat berbeda pada denda SW-JR, kalau dulu (sekitar 3-4 tahun lalu) saya sempat mengalami denda SW-JR sebesar 32.000 hampir 100% Khan dari besaran pokok nya(35.000). Dan denda PKB nya 25% dari besaran pokok PKB, untuk terlambat 1 bulan juga. Kabarnya kalau dulu terlambat 1 bulan sama dengan terlambat 1 tahun.

Nah sekarang patut disyukuri nih, jika denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan relatif kecil.

Untuk iseng, yuuk coba kita hitung prosentase nya….

Jika denda sebesar 11.700 dari 292.500, maka bisa disimpulkan bahwa denda PKB Yamaha NMax perbulan nya sebesar 11.700 : 292.500 x 100 = 4 %.

Denda SW-JR sebesar 8.000 dari 35.000, maka besaran denda perbulan sebesar 8.000 : 35.000 x 100 = 22.8%

Hal ini saya lakukan bilamana ada perbedaan besaran pajak di setiap daerah, nah jika rekan-rekan kebetulan mengalami keterlambatan pembayaran pajak motor, bisa menggunakan rumus tersebut diatas, mungkin untuk 1 bulan, untuk lebih dari satu bulan mungkin tinggal mengalikan saja.

 

 

Well, demikian semoga bermanfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s