Seputar Kirab Obor Asian Games, ternyata bahan bakarnya …

Torch Relay Kirab obor Asian games ke-18, saat tiba di Solo dimeriahkan oleh Dian Sastro Wardoyo (sport.detik.com)

Kamis(19/7) pagi kemarin sempat melihat beberapa ruas jalan kota Jogja ditutup, dan beberapa anak-anak sekolah berada dipinggir jalan membawa bendera merah putih kecil, seakan menyambut sesuatu.

Ternyata ada rangkaian acara untuk kirab obor atau Torch Relay Asian Games. Dan Yogyakarta menjadi kota pertama sebagai titik awal dalam kirab obor yang akan di kirab mengelilingi kota ke kota se Nusantara, secara estafet menuju Gelora bung Karno sebagai tempat ajang simbolis pembukaan event olahraga se-Asia tenggara ini. Dimulai dari pagelaran Keraton Yogyakarta menuju beberapa titik di kota Jogja, di tugu Jogja dan melintas di beberapa ruas jalan dan menuju kota Solo.

Sempat terbesit, apinya yang diambil dari gabungan api dari New Dehli-India & api abadi Mrapen-Grobogan Jawa Tengah ini, koq gak mati-mati ya?

Dan uniknya api di obor ini dipertahankan/ tanpa mati( ada cadangan) hingga tempat tujuan perhelatan. Dan disetiap kota(53kota) yang dilalui, api obor dipertahankan hidup pafa suatu tempat ‘mini cauldron’ dengan menggunakan bahan bakar gas elpiji Pertamina.

Ini nih berita selengkapnya yang saya kutip dari website Pertamina.com

PT Pertamina (Persero) terus menunjukkan komitmennya menyukseskan perhelatan akbar Asian Games yang akan digelar pada Agustus mendatang. Pesta olahraga terbesar di benua Asia ini, ditandai dengan rangkaian Torch Relay atau Kirab Obor Asian Games 2018 yang dimulai pada 19 Juli 2018 di Kota Yogyakarta.

Dalam rangkaian Kirab Obor Asian Games 2018, Pertamina turut berkontribusi dengan memberikan 81 tabung Elpiji 50 kg untuk mendukung Torch Relay dan Mini Cauldron sebagai tempat untuk menyalakan obor di sepanjang jalur yang dilalui. Elpiji Pertamina akan disediakan di 43 titik yang tersebar di 53 kota pada 18 Provinsi.

Vice President Corporate Communication, Adiatma Sardjito, menyatakan untuk membangun awareness publik dan meningkatkan antusiasme masyarakat agar ikut menyemarakkan event tersebut, Kirab Obor Asian Games 2018 sangat penting.

Sebagai perusahaan negara dan menjadi salah satu sponsor Asian Games 2018, Pertamina senantiasa terlibat pada tahapan perhelatan olahraga akbar regional tersebut, termasuk saat Kirab Obor.

Sumbangsi Pertamina diwujudkan dengan menyediakan bahan bakar LPG di sejumlah titik yang akan dilewati obor. Kami akan memastikan bahan bakar yang dibutuhkan untuk menyalakan obor tersedia dengan baik,” kata Adiatma.

Sebagaimana diketahui, rencananya Kirab Obor Asian Games 2018 tersebut akan dibawa mengelilingi kota-kota di Indonesia dari Aceh sampai Papua dengan menempuh 18 ribu km.

Api Obor Asian Games 2018 mulai diarak dari Kota Yogyakarta pada Kamis, 19 Juli 2018 dan akan berakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Torch Relay ini diselenggarakan dalam waktu satu bulan terhitung sejak 19 Juli 2018 dan akan sampai di Gelora Bung Karno pada tanggal 18 Agustus 2018 sebagai rangkaian menuju opening ceremony Asian Games 2018.

Menurut Adiatma, dukungan yang diberikan Pertamina tak hanya berupa support elpiji untuk kirab obor. Pertamina juga membangun gedung Bowling Center di Jakabaring Sport City, Palembang dan memberikan bantuan dengan nilai total sebesar Rp 117 Miliar, termasuk bentuk support berupa barang dan jasa.

Advertisements

4 thoughts on “Seputar Kirab Obor Asian Games, ternyata bahan bakarnya …

  1. Pingback: Seputar Kirab Obor Asian Games, ternyata bahan bakarnya … — Kusnantokarasan.com – ai Pos

  2. Pingback: Seputar Kirab Obor Asian Games, ternyata bahan bakarnya … — Kusnantokarasan.com – arenanews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s