Ilustrasi – Pesawat Tempur Sukhoi

Pagi (12/6/17) menjelang shubuh tadi warga Jogja sempat dibuat kaget oleh suara gemuruh menggelagar diatas mereka. Tak ayal dan tak salah itu merupakan suara pesawat tempur Jet. Sontak warga terbangun dikala waktunya sahur. Ada apa gerangan?

Membaca dari tribunjogja.com (Senin, 12/6/17) yang telah mengkonfirmasi dengan kejadian tersebut dengan Kepala Penerangan dan Perpustakaan Kepala (Kapentak) Lanud Adisutjipto, Mayor Sus Giyanto, menjelaskan bahwa pesawat yang melintas di Yogyakarta beberapa hari ini memang pesawat tempur milik skuadron udara 3 dan 14, Lanud Iswahyudi Madiun.

Pesawat-pesawat tersebut merupakan pesawat tempur jenis F16, dan Golden Eagle T150, milik skadron udara 3 dan 14, Lanud Iswahyudi Madiun yang melakukan latihan teratur dengan rute Solo, Yogya, dan Madiun.

Selain jadwal terbang di siang hari, TNI Angkatan Udara memang memiliki jadwal latihan menerbangkan pesawat pada malam hari, subuh, atau fajar.

Pihaknya menyebut latihan yang dilakukan Lanud Iswayudi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pilotnya agar lebih profesional.

Sedangkan jumlah pesawat jet yang ikut latihan ada dua skuadron. Di luar itu ada dua periode terbang yaitu pada subuh dan pagi hari, yang paling awal adalah pada jam 02.30 pagi yang bertepatan dengan saat sahur. Satu skuadron bisa  sampai 14 pesawat, memang ini latihan teratur.

Nah terjawab sudah pesawat yang ngebangunin warga Jogja tadi pagi, mungkin  warga Solo dan Madiun mengalaminya juga.

 

Advertisements