Kolam Ikan di RT 03, dusun KARASAN, PALBAPANG, BANTUL

Mas-mbak sekalian, sesuatu yang terdekat kadang atau biasanya malah terlewatkan. Seperti yang akan saya coba angkat sebagai pelengkap tentang dusun Karasan kita yang tercinta. Banyak saudara saya yang dari luar daerah juga sering menanyakan-nya, apa dan bagaimana.

Lha apa to yang kita bicarakan ini?

Ialah Kolam Ikan yang berada di RT 03. Jadi pantaslah si ” Kolam Ikan” yang berada RT 03 dusun Karasan ini, saya kabarkan, kepada anda semua, saya angkat ke permukaan, biar ikan-ikannya mudah di tangkap…upz eitth maksud saya Biar anda semua warga dusun Karasan yang belum tau akan menjadi tau, atau bisa jadi sebagai sedikit pelipur rindu buat anda mas-mas mbak-mbak warga Karasan yang sedang berada di  rantau yang kebetulan dekat rumahnya dengan Kolam Ikan ini, punya cerita tersendiri dengan Kolam ini mungkin?, atau pernah tercebur mungkin hehehe….(kolam ini relatif dangkal koq untuk ukuran orang dewasa, ya sekitar kedalaman 1meter-an), pernah mancing disana, pernah  BAB di sana(upz maaf, tapi dulu memang sering digunakan untuk itu, sekalian kasih makan ikan hehehe…, di waktu malam tapi), atau yang lain-lainnya disana. Monggo Kita simak bersama-sama.

Well, Kolam Ikan ini berada di sisi tengah-Timur dusun Karasan, masuk wilayah RT 03. Atau tepat berada di belakang bangunan sekolah SPS TUNAS MELATI(dulu TK Pertiwi 34). Dan zona daerah ini dulu juga dikenal dengan sebutan atau nama “Petung”.

Dari dulu (semenjak saya kecil) Kolam ini memang sudah ada, dulu tepi-tepinya masih wujud parit dari tanah, belum di keraskan atau di beton. Baru kira-kira sekitar tahun 80’an tepi-tepinya dikeraskan. Luas Kolam Ikan ini sekitar kurang lebih 1000m2, terdiri atau tersekat oleh parit beton menjadi 3 bagian kolam. Kolam terbesar ada di sisi paling Utara.luas sekitar 400m2, relatif luas, jadi cocok untuk pembesaran ikan. Kolam kedua, berada di tengah, ada 1sekatnya seluas sekitar 300m2. dan paling Selatan di sekat menjadi 4 bagian, juga seluas sekitar 300m2 cocok untuk pembibitan.

Ini Kolam Ikan yang terbesar berada paling Utara.

Ini Kolam Ikan yang terbesar berada paling Utara.

Ini Kolam Ikan sisi tengah

Ini Kolam Ikan sisi tengah

Inilah Kolam Ikan sisi Selatan, di sekat menjadi 4 bagian.

Inilah Kolam Ikan sisi Selatan, di sekat menjadi 4 bagian.

Kolam ini milik kas desa atau milik pemerintah Palbapang. Namun begitu, bagi siapa saja yang akan menyewa atau memanfaatkan untuk memelihara Ikan, dipersilahkan. Saat ini Kolam Ikan sedang di sewa oleh beberapa warga dari RT 3 Karasan, dipelihara ikan-ikan air tawar, ada ikan nila, ikan mas, bawal, dan gurame. Ya sesuai selera lah. Dulu juga pernah di gunakan untuk memelihara Ikan lele, udang juga pernah. Dan sudah banyak yang telah menyewanya, baik dari warga dusun Karasan, pernah juga disewa warga luar.

Secara letak, kolam ini agak di atas permukaan tanah. Jadi kolam ini aman dari kebanjiran. beberapa kali saat terjadi banjir, Alhamdulillah kolam masih aman.

Jalur irigasi Kolam Ikan

Jalur irigasi Kolam Ikan

Salah satu warga RT 03, pemelihara Ikan.

Salah satu warga RT 03, pemelihara Ikan.

DSC02422

DSC02405

DSC02408

DSC02426

Demikianlah mas-mbak, sedikit(banget) informasi tentang Kolam Ikan yang berada di wilayah RT 03 dusun Karasan, semoga bermanfaat.