Tips Aman Berkendara Melewati Persimpangan Ala Honda Istimewa

 

Yogyakarta – Berkendara sepeda motor di jalan raya bisa menjadi berbahaya apabila pengendara belum cukup mengetahui ilmu dan teknik berkendara yang benar dan baik. Salah satunya adalah teknik menganalisa potensi bahaya dan mengantisipasinya.

 

Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas berbagi tips aman bekendara sepeda motor saat melewati persimpangan ala Honda Isimewa sebagai berikut :

 

1.     Kurangi kecepatan

Saat mendekati persimpangan jalan sebaiknya kurangi kecepatan berkendara. Hal ini dilakukan agar motor lebih mudah dikendalikan saat kecepatan rendah apabila ada bahaya tiba-tiba seperti orang menyeberang atau anak kecil yang bermain di pinggir jalan.

 

2.     Nyalakan klakson

Klakson dan lampu pada sepeda motor merupakan alat komunikasi kita saat berkendara. Tentunya penggunaan klakson dan lampu sepeda motor harus sesuai aturan yang berlaku. Saat kita berada di persimpangan jalan sebaiknya nyalakan klakson agar pengendara lain mengetahui posisi dan kondisi kita saat akan melewati persimpangan.

 

3.     Gunakan kaidah 4T

Kaidah 4T disini yang dimaksud adalah Tunggu sejenak, Tengok kanan, Tengok kiri, Tengok kanan lagi. Hal ini wajib dilakukan pengendara saat melewati persimpangan jalan agar pengendara mengetahui dan dapat memprediksi potensi bahaya di persimpangan jalan tersebut.

 

4.     Kesabaran dalam berkendara

Sering kali terjadi kemacetan di persimpangan jalan yang tidak ada traffic light. Ini dapat memicu emosional kita dalam berkendara dan tidak dapat berpikir jernih. Oleh sebab itu kesabaran dalam berkendara sangatlah penting dan juga lebih baik dalam mengatur waktu perjalanan agar tidak terburu-buru saat berkendara.

 

“Titik rawan kecelakaan terbesar salah satunya ada di persimpangan jalan. Semakin kita cerdas dalam menganalisa sebuah potensi bahaya semakin jauh dari resiko kecelakaan. Tentunya juga tetap gunakan riding gear dan tetap #Cari_Aman,” pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Muhammad Ali Iqbal.

 

Demikian beberapa tips berkendara melewati persimpangan ala Honda Istimewa yang tentunya melalui tips ini dapat bermanfaat bagi seluruh Masyarakat khususnya pengguna roda dua. Hal ini juga sebagai bentuk kami Astra Motor Yogyakarta selalu ingin berkontribusi bagi negeri yaitu memberikan manfaat bagi Masyarakat sesuai dengan program kami Sinergi Bagi Negeri melalui #Cari_Aman.

***

Tinggalkan komentar