Berlibur ke Jogja? Sempatkan Singgah ke Kampung Batik Ngasem

 

Jika Anda menginginkan destinasi liburan yang lengkap, mungkin Jogja-lah jawabannya. Kota Istimewa yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ini seakan tidak pernah berhenti menawarkan objek-objek wisata baru. Mulai dari wisata kuliner, budaya, sejarah, hingga wisata alam, semua bisa Anda temukan dikota ini.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin jauh-jauh dari area kota, ada destinasi wisata menarik yang wajib Anda kunjungi. Namanya Kampung Taman.

Ingin tahu seperti apa keistimewaan kampung ini? Berikut uraian mengenai Kampung Taman Yogyakarta.

Lokasi

Kampung Ngasem – Wisata Yogyakarta

Kampung Wisata Taman terletak di sekitar objek wisata Istana Air Taman Sari. Jika berangkat dari arah Malioboro, Anda hanya perlu berjalan lurus ke selatan. Sesampainya di area keraton, ambil belokan ke kanan (ke arah barat) hingga mencapai perempatan. Kemudian, beloklah ke kiri (ke selatan) sampai Anda menemukan Pasar Ngasem. Lokasi Kampung Wisata Taman berada di belakang area Pasar Ngasem dan Taman Sari.

Objek Wisata

Kampung Taman – Wikimapia

Kampung Taman menawarkan beragam objek wisata menarik untuk para wisatawan. Saat berkunjung ke Kampung Taman, jangan lupa untuk singgah ke tiga lokasi berikut ini :

 

1. Kampung Batik

Pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup panjang. Batik, awalnya merupakan selembar kain putih yang digambar, diberi malam (lilin), lalu mengalami proses pewarnaan berulang-ulang.

Jika ingin merasakan pengalaman membuat karya warisan budaya kebanggan Indonesia ini, Anda bisa datang ke area Kampung Batik Taman. Di sana, Anda akan diajari cara membuat batik, dari mulai penyiapan bahan yang berupa kain putih, cara memegang canting yang benar, cara mengaplikasikan malam, hingga mengolahnya menjadi kain batik yang siap dibawa pulang.

Namun apabila hanya ingin berbelanja, Kampung Batik ini juga sudah menyediakan beragam batik tulis dan cap yang siap Anda jadikan oleh-oleh. Batik-batik yang tersedia di sini memiliki motif khas Yogyakarta.

 

2. Kampung Lukis

Lukisan bisa memberikan kesan tersendiri bagi interior sebuah ruangan. Jika Anda tertarik untuk membeli, Kampung Lukis Taman juga sudah menyediakan beragam lukisan yang dibuat oleh para seniman profesional.
Tidak hanya lukisan dinding. Di kampung ini, Anda juga bisa mendapati aneka kaus lukis yang begitu atraktif. Bahkan, Anda juga berkesempatan membuat kaus lukis sendiri sesuai dengan selera.

 

3. Kafe-kafe Unik

Galeri seni selalu mampu menghadirkan kesan tersendiri. Deretan karya seni indah yang menawan memang selalu bisa memanjakan pandangan. Namun, bagaimana rasanya menikmati suasana makan di area galeri seni?

Di Kampung Taman, ada banyak kafe unik yang menawarkan pengalaman bersantap di ruang galeri. Anda bisa menikmati aneka sajian makanan khas Jogja dengan suasana yang berbeda dari kafe-kafe pada umumnya.

 

4. Spot Berfoto

Di area Kampung Taman, terdapat beberapa dinding yang penuh lukisan, mulai dari gambar batik, komik wayang, hingga kartun-kartun lucu. Dinding-dinding tersebut merupakan lokasi favorit para wisatawan untuk berfoto. Jadi, jika ingin mengabadikan momen seru liburan di Jogja, lukisan dinding di Kampung Taman wajib menjadi tempat berfoto yang tidak boleh Anda lewatkan.

 

Tips Liburan Hemat ke Kampung Taman dengan Kereta Api

Kereta Api Kahuripan – Kereta Api Indonesia Wiki

Menggunakan transportasi kereta api bisa menjadi cara paling hemat untuk berlibur ke Kampung Taman. Pasalnya lokasi objek wisata ini berada tidak jauh dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

Agar bisa mendapatkan tiket kereta api dengan mudah, Anda bisa melakukan pembelian secara daring atau online. Salah satunya dengan pesan tiket kereta api di sini. Melalui aplikasi Traveloka yang ada di ponsel pintar, Anda hanya perlu memilih jadwal keberangkatan kereta api dan menuliskan identitas Anda.

Setelah itu, Traveloka akan menginformasikan detail pembayaran melalui email. Segera setelah melakukan transaksi, Anda akan memperoleh kode booking, yang siap dicetak menjadi tiket kereta api.

Jika beruntung, Anda bahkan bisa memperoleh harga promo. Jadi, biaya yang harus Anda keluarkan pun bisa lebih ringan.

Dari Stasiun Tugu, jarak yang harus ditempuh ke Kampung Taman adalah sekitar 3 km. Jika tidak ingin lelah berjalan, cara hemat yang bisa dilakukan adalah menggunakan bus TransJogja dan turun di Halte Malioboro 3. Dari sana, Anda tinggal berjalan kaki sejauh 1 km.

Cara lainnya adalah turun di Halte Ngabean. Dari sana, Anda bisa menggunakan shuttle bus si Thole yang disediakan Pemkot Jogja, dengan biaya sebesar Rp5.000 menuju Taman Sari. Sesampainya di Taman Sari, Anda hanya tinggal berjalan menyusuri Kampung Taman tanpa pungutan biaya lain.

***

Advertisements

SMS ; Program Edukasi dari Gembira Loka Zoo

Ilustrasi Satwa Masuk Sekolah (gembiralokazoo.com)

Wah menarik nih sepertinya bagi pihak sekolah (TK – SMA) guna menyelenggarakan program SMS(Satwa Masuk Sekolah) bekerja sama dengan pihak kebun binatang Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Memperkenalkan satwa tanpa perlu berkunjung ke kebun binatang, malah pihak kebun binatang yang akan mengunjungi sekolahan.

Tertarik? Silahkan simak baik-baik keterangan berikut yang saya kutip dari situs gembiralokazoo.com

 

Satwa Masuk Sekolah (SMS)

Program Satwa Masuk Sekolah (SMS) merupakan program edukasi dari Gembira Loka Zoo kepada masyarakat, khususnya pelajar sekolah dengan teknis pelaksanaan pihak Gembira Loka Zoo berkunjung ke sekolah dengan membawa binatang peliharaan seperti reptil dan aves yang dikemas dalam bentuk pengenalan dan interaksi.

 

SASARAN :

– TK
– SD / Sederajat
– SMP / Sederajat
– SMA / Sederajat

PELAKSANAAN SMS :

– Waktu dikoordinasikan antara pihak Gembira Loka Zoo dengan pihak sekolah.
– Berlaku di hari Senin – Sabtu, Tidak berlaku di hari libur nasional, libur sekolah, termasuk jadwal libur dalam agenda Gembira Loka Zoo.

 

FASILITAS SMS :

– Tidak dipungut biaya
– Tim Gembira Loka Zoo mendatangi sekolah dengan membawa alat peraga dan binatang peliharaan.
– Pengenalan satwa
– Interaksi
– Doorprize menarik

 

PERSYARATAN SMS :

– Mengajukan surat pengantar SMS dari sekolah minimal 2 minggu sebelum hari Pelaksanaan.

 

KEGIATAN SMS :

Pembukaan:
Pembukaan dilakukan oleh salah satu personil dari tim SMS yang akan memandu jalannya pelaksanaan program tersebut.

Perkenalan tim SMS dari Gembira Loka Zoo:
Perkenalan ini bertujuan untuk menghangatkan suasana dan mengakrabkan peserta dengan tim SMS yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pengenalan satwa:
Merupakan kegiatan pengenalan beberapa satwa yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan materinya disesuaikan dengan tingkat pendidikan peserta.

Interaksi:
Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan dan melestarikan satwa.

Pembagian doorprize:
Merupakan salah satu penghargaan yang diberikan oleh tim SMS Gembira Loka Zoo untuk peserta yang aktif selama kegiatan berlangsung.

Penutup:
Kegiatan ini merupakan akhir pelaksanaan kegiatan SMS yang di tutup oleh personil tim SMS yang memandu jalannya kegiatan.

 

 

Keterangan Lebih Lanjut Hubungi
Bagian Pendidikan GL ZOO :
Telp : 0274 373861
Hp : 0812 2266 2290 ( M. Fazir )
Email : edukasi@gembiralokazoo.com

 

 

Beberapa Hal yang perlu Di perhatikan Saat Wisata di Kota Jogja

Tugu Jogja

Liburan atau berwisata akan berkesan dongkol bila kita mengalami hal yang tidak mengenakkan, ibaratnya kita  ‘kena jebakan betmen’, di permainkan oleh oknum pelaku wisata ditempat wisata tersebut, seperti halnya Kota Yogyakarta.

Bukannya memberi citra buruk dengan kota tercinta ini, tapi realitanya begitu, iya memang merugikan bagi pelaku wisata yang lain yang jujur & bijaksana, sebijaksana kota yang selalu tampil sahaja namun penuh wibawa.

Mengutip dari blog roda2blog.com yang adminnya pernah tinggal dan lebih mengenal seluk beluk dunia wisata jogja. Sang admin mencoba memberi gambaran serta wanti-wanti yang lugas agar kita terhindar dari perilaku jahat oknum pelaku wisata Di Jogja.

Roda2blog.com menuliskan Setidaknya ada 5 hal yang mesti di waspadai oleh wisatawan atau pelancong yang akan menikmati indahnya kota Jogja, kota yang sarat akan budaya ini, lalu apa saja 5 hal tersebut? :

1 .Waspada Sama Tukang Becak

Disetiap gang sepanjang Malioboro pasti kita akan ditawari oleh abang-abang tukang becak, nawari nganter ke wisata taman sari, Keraton, atau pusat oleh-oleh, dan sebagainya, Jangan mau ya! Iya meski mereka menawarkan dengan ongkos cuma 10ribu? jangan mau bro, kelihatanya sih murah, tapi selama dalam perjalanan anda akan dibujuk rayu untuk mampir ke pusat jajanan dan pusat souvenir di daerah prawirotaman.

Kalau sekedar bujuk rayu ndak masalah, malah kadang berubah jadi pemaksaan. Jika di satu toko anda enggak belanja, akan dimampirkan ke toko lain, pokoknya sampai anda belanja.

Itu karena apa? Para Tukang becak tersebut akan dapat komisi 10-20% dari nilai anda belanja. Harga barangnya? sudah tentu lebih mahal 2-3kali lipat dibandingkan di tempat lain.

Jika anda gak mau belanja, siap-siap diturunin! mending kalau nuruninya di Plaza Ngasem, udah deket sama Taman Sari, biasanya diturunkan di daerah Kauman, yang malah arah keluar ke Malioboro.

Saran admin, Jogja sudah ada gojek, mending pakek gojek aja deh. Atau kalau rombongan pakek Grab Car.

 

2. Jangan beli oleh-oleh di pusat jajanan

Ingin beli  bakpia patok atau makanan khas jogja lain untuk oleh-oleh? pokoknya jangan beli di pusat oleh-oleh. Di sana harganya sudah dikatrol hingga 100%. Sekotak bakpia dijual di kisaran harga 30-40rb. Tergantung kendaraan yang anda tumpangi ke toko oleh-oleh, karena nanti besar kecil komisi juga ngaruh sob.

Jika datangnya rombongan naik bus, harga bisa kisaran 40-50rb per kotak bakpia. Lho kok mahal, lha iya dong, kan buat komisi sopir dan kernet bus. Agak sedikit murah kalau anda datang memakai motor rentalan plat AB, biasanya akan dikira warga lokal Jogja maka yaa sekotak bisa dapet harga 30rb.

Saran admin, Jika pengen murah, beli oleh-oleh di tempat ini:

  • Pasar Beringharjo 500 meter dari Malioboro ke arah Kraton
  • Pasar Ngasem 10 meter aja dari Istana Taman Sari
  • Stasiun Lempuyangan jejeran toko di depan Stasiun atau di dalam stasiun, setiap kereta api berhenti di sini biasanya 10 menitan. Cukup untuk beli oleh-oleh khas Jogja dan Gudeg nya pun juga ada.

Di tiga tempat di atas, sekotak bakpia dibandrol di kisaran 15-20rb.

Dan akan lebih murah lagi kalau anda tahu pabriknya Bakpia 25 yang dibeli langsung di pabriknya. Tapi ya jika ke sananya naik Ojek, Becak atau Taksi ya enggak bakalan dianter ke sana. Tetep dibelokkan ke toko oleh-oleh yang ada papan nama besar Bakpia 25.

 

3. Jangan Makan di Malioboro

Bila ingin merasakan makan lesehen dengan suasana Malioboro, geserlah aja dulu ke arah selatan. Ke area depan pasar Beringharjo sebelum benteng Vrederburgh. Selain harganya lebih murah, makanan di area Beringharjo juga lebih “khas Jogja” dibanding area di depan gedung DPRD.

Di depan Beringharjo anda bisa mendapati makanan seperti Gudeg, ada juga gudeg basah, pecel, baceman dll.

 

4. Hati-hati kalau mau ngangkring di Tugu

Angkringan di kawasan utara Stasiun Tugu Jogja terkenal dengan Kopi Joss dan Teh Legitnya. Eittt dulu di sana cuma ada 2 Angkringan saja, Lek Man dan Lek Dul. Tapi sekarang sudah full angkringan yang ikut-ikutan dengan harga yang merajalela. Kalau gak hati-hati bisa kena dua kali, udah kopinya rasa sasetan, ehh harganya pakek tarif tol lagi … modyarr.

Posisi Angkringan lek man dan lek dul yang asli Tugu ada di tengah-tengah. Ciri khasnya dengan dua pikulan di kanan dan kiri. Salah satu kelebihan dua angkringan asli ini, jika anda makan minum di sana, tidak ada pengamen yang berani masuk lokasi angkringan lek man dan lek dul. maklum lha wong yang ngopi kebanyakan warga sekitar, jika ada pengamen masuk langsung diusir.

 

5. Hotel Murah di Malioboro banyakk, tapi awasss !!!

Nginep di Jogja yang paling enak ya di kawasan Malioboro, selain murah (hanya 80-100rb/ malam) juga enak, karena di pusat kota jadi enggak plonga-plongo kalau malam.

 

Emang beneran murah? iya kalau anda langsung pesan kamar di hotelnya

Beda kasus kalau tanya dulu tukang becak apalagi ke hotel dianterin sama tukang becak, harga bisa naik 50-100rb bro.

 

Yang paling penting lagi, kalau menginap di kawasan Malioboro jangan terlalu mepet ke Stasiun Tugu ya, karena itu kawasan Sarkem yang banyak dihuni wanita tuna susila.

 

Lokasi Pertama adalah Kampung Sosrokusuman, lokasinya adalah dua gang setelah Malioboro Mall, di sepanjang lorong isinya adalah hotel-hotel murah, warung makanya juga murah dan religius. Diantara yang terkenal ada Hotel Pantes, Hotel Garden, Puri, Penginapan Harum dll.

Lokasinya masuk Gang pas di sebelah Mall Malioboro dan gang Sebelum Hotel Mutiara. Banyak pilihan hotel murah di sepanjang lorong gang.

Kampung Sosrowijayan, jalan masuknya pas di depan gedung DPRD, ada gapura besar. Di lorong-lorongnya banyak penginapan murah meriah.

Nah itulah 5 hal yang harus diwaspada sebelum anda melancong ke Jogja

Gimana masih menganggap liburan di Jogja mahal? enggak lah. Apalagi kalau makan minumnya di angkringan atau warung-warung kopi yang biasa dipakai mangkal tukang becak. Masih murah-meriah sob.

 

Soo jangan takut liburan ke Jogja!! Dan jangan lupa gunakan gadget (google map) untuk petunjuk lokasi tujuan wisata sebelum naik transportasi umum.

 

Source Original : roda2blog.com

Ingin Liburan Ala Mr. Obama atau #NapakTilasObama ? Siapkan Setidaknya 60Juta

Mr. Obama saat berwisata di Puncak Becici Bantul – source : okezone.com

Mantan Presiden Amerika Serikat ke-44, Mr. Barack Obama berkunjung ke Indonesia, dan salah satunya ke Jogja. Pastinya kita penasaran kemana saja mantan orang nomor satu dari negeri paman Sam ini bukan ?

Pak Obama menghabiskan waktu 2 hari 2 malam di Jogja, dan menginap di salah satu hotel megah di jogja yakni Hotel Tentrem. Dan berlibur dibeberapa obyek wisata Jogja yang pastinya sudah banyak dikenal orang.

 

Hmmm…..Siapa sih yang ga tertarik untuk mengikuti liburan ala Obama? Mengutip dari krjogja.com(jum’at,30/6/17) gencarnya hasrat dari banyak orang hingga muncullah hastag #NapakTilasObama. Mey Nurnaningsih, General Manager Hotel Tentrem,  membocorkan sedikit biaya yang harus dikeluarkan saat kita ingin ikut berlibur ala Obama dan keluarga.

 

Untuk menyewa kamar presidensuites, paling tidak kita harus membayar Rp 30 juta untuk semalam. “Kamar yang dipakai Mr Obama ini harganya Rp 30 juta permalam, letaknya ada di lantai 8 hotel kami,” ungkapnya.

 

Pihak hotel sendiri berencana membuat paket tur ala Obama untuk memuaskan rasa penasaran hastag #NapakTilasObama. “Dua malam, nanti lokasi kunjungannya ke Borobudur, Prambanan, Puncak Becici dan Tamansari, mungkin dilengkapi ke museum UGM karena harusnya pagi tadi beliau mampir ke sana,” imbuhnya.

 

Dari Mey pul diketahui bahwa rombongan Obama menyewa satu sayap di lantai 8 Hotel Tentrem selama dua malam kunjungan di Yogyakarta. Pengawasan ketat dari Secret Service pun tak pernah lepas dari mantan orang nomor satu di Amerika Serikat ini selama 24 jam penuh.

Gimaa, tertarik ??? Segera reservasi saja ke hotel Tentrem yach…..

3 Unsur Tempat Liburan Di Jogja

Tugu Jogja dari Barat

Hari ini Selasa, 27 Juni 2017 bertepatan dengan lebaran hari ketiga Syawal 1438H, sedari kemarin petang hujan ringan hingga sedang mengguyur sebagian besar wilayah Jogja. Hingga tadi pagi langit agak gelap tertutup mendung putih sisa semalam. Tapi saat ini pukul 7 pagi wib bagian bantul, sinar matahari sudah mulai membias di dedaunan, pertanda akan cerah hari ini. Sebenarnya bingung juga dengan turunnya gerimis sore kemarin karena sesuai musim, saat ini sudah masuk pertengahan musim kemarau.

Well, kembali ke tema judul ,bahwa kota Jogja yang kaya akan tempat wisata, menurut pendapat saya ada 3 unsur utama tempat liburannya, yakni pegunungan, kota dan pantai.

 

Pegunungan

Panorama di Puncak Becici

Secara geografis kota Jogja ada 3 pegunungan yang mengelilinginya. Sisi utara ada lereng Merapi, tempat wisata meliputi : Kaliurang, Mbebeng, Klangon. Sisi barat ada lereng pegunungan menoreh ada obyek wisata kebun teh Nglingga, waduk Sermo,  di sisi Timur ada pegunungan gunung kidul, ada Nglanggeran, air terjun Sri gethuk, bukit bintang.

Pegunungan di Bantul: hutan pinus, puncak becici, rumah hobbit, kebun buah Mangunan, makam Raja-Raja Imogiri, tebing breksi, Gua Selarong,

 

Kota

Pedestrian Malioboro dengan lajur untuk difabel

Di seputaran kota Jogja kita bisa menikmati tempat wisata sejarah Monumen Jogja Kembali, Tugu Jogja, kawasan perbelanjaan dan pedestrian Malioboro, benteng Vrederburg, Gedung Agung, Taman pintar, kebun binatang Gembira loka, Keraton Jogja, museum Sonobudoyo, water castle Taman Sari, Pasar Satwa Pasty, Panggung Krayak, Kota Gedhe, alun-alun kidul Jogja, perkampungan teletubbies.

 

Pantai

Icon pantai Parangtritis

Dari barat; Kulonprogo ; kawasan Mangrove, Bugel, pantai Glagah, Trisik, Bantul ; Pandansimo, Pantai Baru, Kuwaru, Gua Cemara, Samas, pesona Penglik, Depok, Cemara Sewu, Parangkusumo, Parangtritis. Gunung kidul: Ngrenehan, Baron, Krakal Kukup, Drini, Kodok, Sundak. Wedi ombo.

 

Demikianlah beberapa tempat wisata di Jogja, yang sebenarnya masih buannyak yang lainnya. Ada juga obyek wisata candi Prambanan ,Kalasan, Ratu Boko dan lainnya.

 

Selamat berlibur menikmati kota Jogja…..!!!!