Nyobain Skutik Penjelajah New Honda ADV160

Dalam 5 hari kemarin berkesempatan mencoba mengendarai motor bergenre skutik penjelajah atau adventure kelas 160 cc, genre kedua ini cukup berkesan mewah, terlihat macho nan garang, tidak sekalem honda PCX. Dengan leburan cat warna-warna tunggal nan elegan, seperti Tough White Matte atau putih doff/ buram yang saya kendarai ini, dan emblem tulisan ADV160 warna titanium burn tampilan elegan tetap mengena.

Kesan pertama saat mengendarai skutik ini adalah Jok yang lembut permukaannya serta empuk langsung terasa deh, itu dikatakan & dirasakan oleh sangat istri yang duduk dibelakang atau boncenger, “Joknya lebar jadi pas buat duduk & terasa nyaman.”

Untuk kemudi dengan setang nya lebar, bikin enteng untuk bermanuver saat meliuk mengikuti irama jalan berkelok maupun saat zig-zag mendahului kendaraan lain dijalanan. Batang Stang ini juga dilebur warna titanium burn.

Performa skutik ini sangat terasa power full, diangka 5000 rpm atau pada range kecepatan menengah keatas (mulai 50kpj ke atas). Mungkin karena ada penambahan kubikasi mesin/ volume langkahnya kali ya yang sekarang menjadi 160, plus klep juga menjadi 4 buah. Jadi sekarang tenaga nya terasa lebih besar dan lebih melimpah. Ini juga terasa pada saat melibas tanjakan, kemarin sempat melewati jalanan penuh tanjakan di daerah Mangunan Bantul dan Gunungkidul, enteng sekali saat saya ajak menikung dan dibejek menanjak meskipun berboncengan.

Untuk keamanan pengereman terasa aman & terjamin, depan belakang rem cakram, kebetulan juga dapat tipe yang ABS, jadi rem terasa pakem banget, sepertinya lebih terasa aman dan percaya diri.

Sekarang jaman modern, motor ya tanpa kunci kontak, atau istilahnya keyless ataupun smartkey, jadi kita cukup membawa remote, tinggal putar knop pada motor, sudah nyala. Bentuk smarter remote Adv160 ini lebih mungil dan lebih kuat dari remote vario 150 milik mimin. Terasa pas didalam genggaman.

Yang membuat terlihat lebih keren di motor ini itu pada tampilan panelmeter nya, sekarang permukaannya flat atau rata dan didalamnya banyak sekali disematkan informasi, seperti bar putaran mesin per menit (RPM), jam, temperatur atau suhu udara. 2 trip- Elapsed atau waktu dan jarak yang ditempuh, jadi ada tampilan semacam stopwatch dalam ukuran menit gitu. Oiya tampilan jam di dashboard speedometer itu penting loh.

Sempat melirik di STNK, PKB nya sebesar Rp 346.500 dan SW- JR Rp 35.000, jadi untuk pajak tahunan nya sebesar Rp 381.500.

Skutik ini dimensi nya besar loh ya, setara dengan honda PCX , ya pantas lah kalau disebut big skutik, dan pantas jika dibanderol 38 juta, tipe tertinggi dengan fitur rem ABS plus fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s