Simak 5 Tips Siasati BLIND SPOT Dalam Berkendara Roda Dua



Berkendara menggunakan sepeda motor memang mengasyikan, sepeda motor saat ini memiliki performa yang baik, mudah dikendarai dan juga tentunya sangat irit. Namun perlu kamu ketahui dalam berkendara perlu memperhatikan blind spot atau titik buta/titik tidak terlihat dalam setiap berkendara di jalan raya. Salah satu cara untuk mengurangi blind spot adalah dengan menggunakan spion di motor kita. “Dalam berkendara roda dua, penggunaan spion sepeda motor merupakan fitur yang sangat vital dalam safety riding, karena dengan adanya spion, blind spot bisa dikurangi” sebut Fery Risdiyanto instruktur Yamaha Safety Riding Yogyakarta. Fery juga menjelaskan beberapa tips safety riding dari Yamaha Riding Academy, untuk mensiasati blind spot berikut ini:

1. Sesuaikan arah spion motor anda sebelum memulai perjalanan, pastikan arah pandangan spion motor anda dapat meliputi arah belakang sepeda motor anda.

2. Hindari modifikasi spion yang tidak sesuai standar keselamatan. Ingat selalu, apabila kita menggunakan spion berukuran kecil, tentu saja akan memperlebar blind spot kita.

3. Nyalakan lampu utama dan pakai pakaian yang berwarna cerah, atau yang bisa memantulkan cahaya. Hal ini berguna agar pengguna jalan lainnya agar bisa lebih awas dengan posisi motor kita, karena lebih mudah terlihat sehingga lebih aman.

4. Posisikan motor kita di tempat yang mudah terlihat oleh pengendara lain saat di jalan raya. Hal ini bisa kita cek apabila kita bisa melihat wajah pengendara lain melalui spionnya, berarti posisi kita masih bisa dilihat olehnya melalui kaca spion.

5. Jaga jarak aman dan selalu waspada saat berkendara di jalan raya, dengan menjaga jarak aman kita bisa mengurangi resiko bersenggolan dengan pengendara lain di dalam perjalanan.

Dengan meminimalisir blind spot berarti kita juga sudah meminimalisir resiko berkendara dalam jalan raya, ingat selalu berdoa dan mengecek keadaan motor kita sebelum mulai berkedara, salam safety riding!.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s