357 Km Bersama Yamaha Nmax Terbaru, Jadi tau segini konsumsi BBM nya

9 hari sudah kebersamaan mimin dengan motor matik ikonik ini, yups masyarakat mengenal motor matik berbadan besar (bongsor) ya Nmax. Secara keseluruhan saya merasakan nyaman, bak duduk di kursi sofa.

Mbah rada dibikin istimiwir kali ini, dipinjami motor, diantar pula, kayak bloggers papan atas rasanya 😛. Via Yamaha Jogja, menawarkan dan mengantarkan unit sampai ke rumah.

Ya meskipun dunia per-blogging-an saat ini rada bahkan boleh dibilang sepi, dilihat statistik pembaca turun drasti, sepertinya semua orang beralih ke yang model bergerak/ nonton video di YouTube, atau cukup dapat informasi di medsos baik Facebook maupun instagram. Tapi tak ada salahnya mimin tetap eksis menulis maupun membagi tulisan. Meski sedikit, positif thinking saja, bisa jadi tulisan sederhana ini berfaedah dan ada manfaatnya.

Well, si Maxi Signature Black ini, bak sosok Ninja Hatori, mendaki gunung melewati lembah, seperti biasa dalam me-review / njajal motor, motor mbah lewatin tanjakan Cinomati, sebuah tanjakan yang cukup feno di Bantul – sisi timur. Yang kemudian melewati daerah Dlingo atau lantai dua nya-Bantul, melewati kawasan wisata hutan pinus, obyek wisata Puncak Becici, watu goyang, bukit bego, turun hingga Imogiri, rumah.

Si Maxi ‘Nmax’ Signature Black saat di tanjakan Cinomati
Si Maxi Signature Black nangkring di icon wisata Puncak Becici

Kemudian pada kesempatan kedua melibas jalanan Gunungkidul, melalui jalan utama, melewati bukit Bintang, icon nya tentunya, Gunungkidul Handayani, didaerah Pathuk, kemudian keselatan, melewati daerah (kecamatan) Paliyan, nah disini sih tujuan utama kali ini untuk selfie di salah satu spot yang sempat viral dimana kanan kiri jalan terdapat gugusan bukit, seperti di film anak Teletubbies itu, maka para netizen dan Google maps menamai bukit Teletubbies.

Saat di Paliyan-Bukit Teletubbies

Kemudian terus meluncur keselatan hingga tembus Jalan Pantai Selatan Jawa, atau Jalan Jalur Lintas Selatan, yang sat ini sedang dibangun, didaerah Saptosari dan Purwosari. Barat daya Gunungkidul, kemudian mengarahkan ke barat turun sampai di Parangtritis

Poinnya, saat di daerah Saptosariaupun Purwosari, disini jalanan relatif sepi, lebar, berkelok-kelok, Wow banget deh saat melibas tikungan, emang habitatnya kali ya matik bongsor ini, buat nikung nikung, saat melibas tanjakan juga enteng saja, powernya gede.

well, sekarang kita itung konsumsi bahan bakar nya ya, yang mana sesuai perbandingan kompresi yakni menggunakan BBM jenis Pertamax. Metode yang mbah-kus gunakan adalah full to full, jadi awalnya motor diisi penuh BBM dan dicatat/ difoto pada angka berapa, kemudian digunakan, lalu diisi ulang hingga penuh juga, dicatat dan dikalkulasikan, (kilometer akhir dikurangi kilometer awal dibagi BBM yang diisikan. Mbah lakukan itu sebanyak dua kali, dua kali. pada pengujian pertama penggunaan awal pada titik kilometer 2, setelah dipakai beberapa waktu dan beberapa jauh kemudian diisikan lagi BBM hingga penuh pada kilometer 107, pengisian BBM sebanyak 2,668 liter(dibulatkan saja ke 2,6) , jadi jika dikalkulasikan (107-2= 105, 105:2,6=40, 38, jadi untuk pengujian pertama ketemu 40,38 Km/l.

uji konsumsi bahan bakar pada All New N-Max 2020

Next ke pengujian kedua, kilometer awal si angka 107 tentunya, dan kilometer akhir di angka 239, Pertamax butuh 3,340 liter hingga penuh. (239-107=132, 132:3,3=40, so pada pengujian kedua, memperoleh angka yang sama dengan pengujian pertama yakni 40 Km/l

Uji konsumsi bahan bakar pada N-Max 2020

Mbah rasa gak salah pilih, jika sampean suka turing untuk meminang motor matik yang sudah ternama ini, apalagi yang terbaru ini yang sudah dijejali beragam fitur-fitur canggih, diantaranya mbah sudah bisa merasakan pakemnya kinerja rem, smooth-nya starter, suspensi nya terasa empuk, kinerja start anda stop nya, kunci kontak model remote yang bikin kita lebih praktis menghidupkan mematikan mesin, tinggal putar knop. juga desain kantong atau bagasi depan yang cukup dalam, membuat lebih safe/ tidak terjatuh.

Bentuk standar samping N-Max

Untuk desain, mbah-kus paling suka bentuk sisi belakang nya yang mana terlihat lebih seksi, yang rada mirip dengan si kakak si Xmax.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s