Update Proses Perpanjangan SIM Di Polres Bantul

Dapat cerita dari tetangga saat dia melakukan perpanjangan SIM C di Polres Bantul, dan ternyata ada perubahan atau penambahan proses yakni test psikologi. Yups sepertinya mulai awal tahun 2020 ini, test ini mulai diberlakukan.

Well, kita mulai saja langkah-langkah yang meski kita tempuh jika ingin memperpanjang SIM C kita, sebelumnya persiapkan terlebih dahulu SIM asli & KTP, beserta fotocopy keduanya sebanyak dua lembar.

Langkah pertama, test psikologi. datang ke tempat test psikologi yang berada di belakang kantor Samsat Bantul, timur utara nya. Test bersifat tertulis dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait keadaan diri pribadi kita. Test ini kita dibebankan dengan biaya administrasi sebesar Rp 50.000,-

Langkah kedua, test kesehatan. Lokasi test ini cukup klasik, atau tidak pindah-pindah dari dulu, yakni di utara kantor Polres Bantul. Disini kita akan mendapatkan SK Kesehatan yang meliputi; berat badan, tinggi badan, dan test mata. Biaya administrasi Rp 25.000,-.

Langkah ketiga, menuju tempat proses perpanjangan, berada di gerbang kantor sebelah selatan. Dengan menunjukkan berkas-berkas yang sudah di bundle dari test kesehatan tadi. Disini kita akan mendapatkan nomor antrian, untuk melakukan pembayaran di teller Bank (BRI). Yang juga berada di sini, tepat di timur gerbang selatan tadi. Biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp 75.000,-plus dana PMI sebesar Rp 3.000,-. Selepas dari Teller, kita akan mendapatkan formulir perpanjangan yang meski kita isi. Disini disediakan tempat/ meja guna mengisi formulir dan disediakan pula sample nya.

Langkah keempat, setelah formulir diisi, langsung masuk ke ruang pembuatan SIM, yang berada di timur Teller. Dimana kita akan mendapatkan nomor antrian untuk menunggu panggilan dari loket 1. Di loket ini kita menyerahkan berkas & formulir.

Langkah kelima, setelah berkas & formulir, kita akan dipanggil untuk sesi foto. Siapkan SIM lama, setelah selesai foto, kita menunggu pangggilan dari loket 2 untuk menerima SIM baru.

Selesai….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s