Bantul punya YBJ di Perempatan Klodran

Yeah, akhirnya Bantul punya YBJ (Yellow Box Junction)….

Seiring berakhirnya pembangunan/pelebaran jalan [Jalan Bantul] disisi utara (simpang empat/perempatan Klodran – Gapura Bantul), maka pihak dinas terkait memberi marka yang sangat jarang ditemui di kota kabupaten yang terkenal dengan makanan khas Geplak ini. (Ya boleh jadi kota kabupaten jalanan tidaklah seramai kota provinsi, jadi untuk marka jenis ini jarang ditemui)

Sebuah marka berupa garis kuning membentuk persegi panjang (mentesuaikan kondisi lapangan, bisa juga membentuk Bujur sangkar) dan silang ditengah nya, Yups itulah garis yang dinamakan Yellow Box Junction (YBJ).

Mengutip sari laman Pemkab Bantul,

YBJ adalah marka jalan yang bertujuan mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat. YBJ berfungsi untuk mencegah agar arus lalu lintas di persimpangan tidak terkunci saat kepadatan terjadi.

Saat arus lalin padat, pengendara cenderung untuk terus menerobos lampu lalu lintas, meski merah. Oleh karena itu, garis YBJ ini menjadi semacam garis pembatas yang tidak boleh dilintasi oleh pengendara ketika antrean kendaraan di area persimpangan padat.

Peraturannya, walaupun lampu lalu lintas sudah hijau, pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti jika masih ada kendaraan lain di dalam area kotak kuning itu. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar.

(Angga) – pemkab Bantul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s