Asyiknya berwisata di Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo

Gapura hutan mangrove Pantai Kadilangu

Akhirnya kesampean juga untuk berkunjung ke obyek wisata Hutan mangrove Pantai Kadilangu Kulonprogo, diagendakan sudah cukup lama baru bisa terealisasikan Minggu kemarin.

Sebenarnya wisata ini sudah ‘moncher’ cukup lama sekitar 3 tahun lalu arau sekitar tahun 2016. Namun karena jarak dari rumah lumayan jauh (40km) jika ngajak keluarga & si kecil plus kakaknya, jadi kebanyakan pikir-pikir deh🙂

Nah berhubung punya armada roda dua yang cukup mendukung, akhirnya berangkat deh. 

Oiya, mangrove itu apa sih? Menurut yang mimin baca sih, mangrove atau juga disebut bakau merupakan tumbuhan yang hidup di daerah muara atau perbatasan antara daratan dan lautan, dengan kondisi air payau (campuran air sungai yang berasa tawar dan air laut yang asin). Hutan mangrove sepertinya sengaja di budaya kan dengan fungsi utama sebagai peredam abrasi, pun juga mengurangi daya air ketika terjadi bencana tsunami.

 

Well kembali ke obyek wisata ini, dimana secara geografis letaknya berada di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, dan sungai Bogowonto sebagai tanda batasnya. Meskipun kawasan hutan agak menjorok ke barat tapi masih masuk wilayah Kecamatan Temon Kulonprogo. Jadi boleh di kata lokasi berada di paling ujung barat Yogyakarta.
Dan kenapa mimin sebut kawasan? Itu karena bukan hanya Pasir Kadilangu saja, masih ada dua wisata hutan mangrove lainnya, yakni Jembatan Api-api dan Wana Tirta. Dan benar kawasan ini merupakan muara sungai Bogowonto, sebuah sungai yang berada di kota Purworejo meliuk-liuk bak ular yang kalo tidak salah berhulu di gunung Sumbing.
Hutan mangrove Pantai Kadilangu berada di paling timur berbatasan dengan obyek wisata pantai Congot, dan saat ini merupakan ujung barat dari Bandara baru Yogyakarta, New Yogyakarta Internasional Airports (NYIA). Jadi saat kita berwisata disini, sesekali akan terdengar gemuruh dan melihat pesawat diatas langit yang akan mendarat.

Tanaman atau pohon mangrove
Sesekali akan melihat pesawat diatas kita yang akan mendarat di bandara baru Yogyakarta

Ternyata cukup mengasikkan berada di obyek wisata ini, kita bisa menyusuri pepohonan mangrove/ bakau, dibuat seperti jembatan yang dibuat dari kayu dan bambu, dibuat bertingkat pula,

Menyusuri hutan mangrove di pantai Pasir Kadilangu
Jalan atau jembatan yang berada di kawasan hutan mangrove pantai Pasir Kadilangu
Hutan mangrove Pantai Pasir Kadilangu

Di buat banyak spot untuk kita bisa ber foto,

Pilihan spot foto hutan mangrove Pantai Pasir Kadilangu
Icon hutan mangrove pantai pasir Kadilangu

Untuk masuk lokasi wisata kita dikenakan biaya sebesar Rp 6.000 rupiah,

Harga tiket masuk lokasi wisata hutan mangrove pantai Pasir Kadilangu

Disamping menyusuri mangrove, kita juga bisa menyusuri muara dengan perahu motor dengan membayar 10 ribu rupiah

Naik perahu motor

Ataupun kita bisa duduk -duduk berteduh sembari melihat maupun memberi makan ikan

Jangan takut lapar maupun haus karena banyak tersedia warung makan dan juga warung yang menjajakan makanan khas oleh-oleh.

Warung di hutan mangrove pantai Pasir Kadilangu

area parkir cukup luas, ada mushola juga

Dan obyek wisata ini sepertinya terintegrasi dengan angkutan umum, terlihat ada colt diesel menurun kan penumpang, mungkin ada trayek dari terminal Wates ke obyek wisata ini

Angkot colt Diesel

Dan sepertinya ini icon dari wisata ini,

Kadilangu Tower Bridge

Baiklah, demikian sedikit ulasan suasana di obyek wisata ini, semoga bermanfaat dan menjadi referensi anda berlibur….!!!!

5 thoughts on “Asyiknya berwisata di Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Kulonprogo

  1. Di medan, sungai dan laut sedang tercemar bangkai babi yang terkena virus. Ntah apa yg ada dipikiran peternak sampe tega2nya buang bangkai ke sungai dna laut (yang mana lautnya salah satu tpt wisata mangrove dan makanan seafood). saat ini org medan lg takut makan ikan laut…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s