Operasi Zebra Progo 2019, Ini 8 Target Prioritas Pelanggaran

Operasi Zebra Progo 2019 Polda DIY

Mulai kemarin, banyak diberitakan adanya razia atau operasi penertiban kendaraan Bermotor, mengutip dari laman Polres Bantul, hal ini dilakukan karena

Kepolisian Resor Bantul menggelar operasi lalu lintas bersandi Operasi Zebra Progo 2019. Operasi ini digelar selama 14 hari dari 23 Oktober hingga 5 November 2019.

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, S.I.K saat membacakan amanat Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2019 di halaman Mapolres Bantul, Rabu (23/10/2019), mengatakan, Polri telah menetapkan kalender Operasi Zebra, yang rutin dilaksanakan setiap tahun untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Dijelaskan, ada delapan sasaran perioritas pelanggaran yang nantinya akan dilakukan dalam operasi ini.

Adapun delapan poin tersebut adalah :
1. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar;
2. Pengendara ranmor R-4 yang tidak menggunakan safety belt;
3. Pengemudi kendaraan bermotor R-4 yang melebihi batas kecepatan;
4. Melawan arus;
5. Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol;
6. Pengendara dibawah umur;
7. Menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan;
8. Penggunaan lampu rotator/strobo

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan represif sebesar (80%) berupa penegakkan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas tanpa mengesampingkan kegiatan preemtif (10%) dan preventif (10%) serta dilakukan dengan tindakan kepolisian yang humanis dan mengedepankan 3S (senyum sapa salam).

Melalui penyelenggaraan Operasi Zebra ini, maka diharapkan akan tercapai beberapa tujuan antara lain terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas; turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas; dan terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap.

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Progo 2019 di Polres Bantul dihadiri sejumlah pejabat Forkompinda Bantul antara lain Dandim 0729/Bantul Letkol Kav. Didi Carsidi, Kasatpol PP, Kadishub, pejabat dari Jasa Raharja, pejabat dari Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Bantul, serta diikuti pasukan dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub dan PMI Bantul. (Humas Polres Bantul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s