Tips Menghapus ‘File lainnya’ di Xiaomi Redmi

Xiaomi Redmi 6A

Saat ini peranan hp(handphone) pintar a.k.a smartphone sangat vital, bisa mengganti peran kamera bahkan peran komputer. Seperti saya sebagai admin blog ini, ponsel pintar menjadi sebuah senjata andalan buat nge-blog.
Praktis dan ekonomis tentunya, meskipun begitu saya tidak serta merta meninggalkan kamera 📷DSLR untuk mengabadikan pemandangan maupun detail sebuah media.

Kehadiran smartphone yang ‘seakan tanpa kendala’, jika kita seneng bermedsos, berbagi kecerian dan berbagi cerita melalui foto maupun video bisa langsung kita posting, up to date lah, terlebih yang suka menampilkan diri atau berselfie ria, support banget, karena dengan dukungan lensa kamera yang lebih besar secara  otomatis menghasilkan gambar yang lebih jernih, tampilan wajah kita akan lebih glowing atau lebih cerah, bersih dan bersinar.😇…
Seperti hal nya pada smartphone milik admin ini, yakni Xiaomi Redmi seri 6A suksesor atawa penerus generasi seri 5A,  dengan ukuran lensa kamera utama 13 Megapiksel f2/2, PDA, dan kamera depan 5MP saya rasa cukup lah untuk memberikan hasil foto maupun video yang jernih,  iya karena juga sering ini bisa dibilang sering entry level.  

Well, seiring penggunaan smartphone kita yang notabene multitasking,  untuk browsing lah,  sebagai pengganti kamera lah, maupun  untuk komunikasi,  dan lainnya. Maka secara otomatis memori yang ada yakni sebesar 16 GB,  akan penuh juga,  terlebih kita sering foto,  apalagi ambil video.  Apalagi yang kriteria hyperactive,  akan banyak menginstal aplikasi,  wow ruang kosong akan tersisa sedikit,  bahkan bisa habis. 

Hal ini tentunya akan menghambat kinerja smartphone maupun kita tidak bisa lagi mengambil foto terlebih mengambil video. 

Secara berkala kita memang kudu menghapus foto maupun video lama.  Ya walaupun sayang,  namun bagaimana lagi,  life most go on,  hidup terus berjalan sob… 😁. 

Smartphone dengan versi Oreo(8.1.0.011019) ini,  cukup lah dengan RAM 2 GB,  tapi jika kita aktif bermedsos maupun browsing internet,  maka akan menyisakan riwayat (cache)  yang ada,  ataupun bisa menyisakan file sampah, dengan begitu cache maupun sampah akan menggunung dan memenuhi ruang yang ada,  dan mengurangi ruang kosong nya. 

Solusi ya di hapus,  ada alat bawaan HP yakni pembersih,  lalu ke pembersih lanjutkan,  ini cukup efektif sih untuk menghapus file-file besar,  seperti file berupa foto maupun video. 

Akan tetapi itu bukanlah file cache maupun file sampah yang bertahan di ‘file lainnya’ pada ‘penyimpanan’ lalu bagaimana❓

Yups,  baru saja saya menemukan sebuah aplikasi yang bisa menghapus file-file yang tidak berguna yang bertengger di ‘file lainnya’.  Sebenarnya masalah ini masalah klasik bagi para pengguna smartphone,  yang kesusahan mencari solusi untuk melumatkan atau setidaknya mengurangi ‘file lainnya’,  saya juga sudah cukup lama mencari-cari solusi,  dan paling efektif yang menginstal aplikasi penghapus,  awalnya pada saat masih menggunakan sering 5A,  saya menggunakan ‘es penjelajah’ entah mengapa aplikasi tersebut sudah tidak ada saat ini.  Terus menerus mencari cari dan ketemu lagi dengan aplikasi ini yakni ‘SD Card Cleaner’,  yang terbukti mampu membaca file lainnya atau ‘others file’,  dan mampu men sirna kan nya,  bersyukur terbukti,  ruang kosong bertambah besar,  jadi lega deh. Dan tak ada salahnya hal ini saya bagikan ke anda semua,  bagi yang kesulitan menghapus ‘file lainnya’

 

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 6A
Penyimpanan data xiaomi redmi 6a
SD Card Cleaner di play store
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s