Bus Besar dilarang lewati Jalur Cinomati & Imogiri

Titik spot tanjakan Cinomati

Sekitar 10 hari lagi masuk lebaran/ 1 syawal, saatnya merayakan hari Idul Fitri 1440H, yang mana biasanya digunakan untuk berlibur di obyek wisata, seperti halnya diwilayah Bantul (obyek wisata hutan pinus, Mangunan) maupun obyek wisata pantai Gunungkidul, Yogyakarta. Yups….Pantai selatan di sepanjang wilayah Gunungkidul memang cukup mempesona dan memikat wisawatan.

Jalur utama menuju kesana sih melewati jalan Wonosari, yakni , Piyungan, Pathuk, Wonosari, Paliyan, baru sampai di deretan pesisir.
Namun begitu saat ini pastinya jika menggunakan arahan petunjuk dari Google maps, maka akan diarahkan melewati jalur alternatif, untuk menghindari jalur utama yang pastinya padat hingga merayap. Jalur alternatif jika posisi anda berada di seputaran kota Jogja,  terlebih bagian selatan,  maka akan diarahkan melalui jalur alternatif daerah kecamatan Dlingo, ada dua Jalur,  yakni jalan tanjakan fenomenal jalan Pleret- Dlingo, jalur cinomati dan jalan Imogiri-Mangunan. 

Sebenarnya jalan Imogiri sudah banyak diperlebar dan sudah halus mulus,  meski belum semua dan masih banyak dibeberapa titik setelah Mangunan banyak tikungan dan tanjakan yang terbilang cukup curam,  terlebih jalur Cinomati,  dijalur ini tanjakan dan tikungan lebih curam dan jalan juga tergolong cukup sempit.  Inilah yang menjadi alasan pelarangan untuk bus besar melalui kedua jalan alternatif tersebut, apalagi saat libur lebaran nanti yang pastinya banyak kendaraan yang akan melewati nya. 

Hal ini disampaikan oleh Kepolisian Resor Bantul sebagai salah satu perhatian serius dalam gelaran Operasi Keselamatan bersandikan Operasi Ketupat Progo 2019 yang akan diselenggarakan pada 29 Mei hingga 10 Juni mendatang. 

Kedua jalur tersebut dinilai sangat rawan kecelakaan, sehingga seperti tahun-tahun sebelumnya pihak Polres tetap bersikukuh tidak merekomendasikan untuk kendaraan bus-bus besar. 

 Kapolres Bantul; AKBP Sahat Marisi Hasibuan di Kompleks Kantor Bupati Bantul Parasamya menyampaikan agar supaya bus besar tidak melewati jalur tersebut.

Kapolres menyarankan agar bus bus besar yang dari arah Barat mengambil Jalan Yogyakarta-Piyungan-Wonosari. Setelah tiba di wilayah kecamatan Patuk ada jalan yang menuju langsung ke Dlingo yang dianggap sebagai medan Jalan yang aman untuk dilalui. 

Namun demikian setelah operasi selesai digelar Kapolres tidak melarang, dengan catatan supaya lebih berhati-hati mengingat sebelum sebelumnya sudah ada peristiwa kecelakaan

Jalur tanjakan Cinomati
Titik spot tanjakan Cinomati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s