Watu Goyang, “Hidden Paradise”, salah satu Wisata Alam di Mangunan

Ternyata eh ternyata, ada surga yang tersembunyi di ujung Barat desa wisata alam Mangunan, Dlingo Bantul.

Akhir pekan ini pada mau kemana nih sob??? Nah bagi anda yang ingin menikmati liburan di kota Bantul, Mimin tunjukkan salah satu wisata alam yang bagus banget, gak lebay jika mimin menyebutkan nya ‘hidden paradise‘, surga yang tersembunyi.

Jika dari arah Barat (Bantul-Imogiri) obyek wisata alam ini malah menjadi yang terdekat, karena letaknya diujung paling Barat dari seluruh obyek wisata alam yang ada di Mangunan.

Dari awal tanjakan/ Imogiri hanya sekitar 3-5 km, sudah sampai di wisata ini. Hanya sebelah timur Bukit Bego.

Pas tikungan dan jalan menanjak jalan yang sudah diperlebar dan halus kita sampai di lokasi.

 

Ada10 spot di wisata alam Watu Goyang

Dan ternyata ‘Watu Goyang’ penuh cerita historis dengan kerajaan Mataram. Berikut Tulisan yang ada di sana, dipuncaknya

 

Watu Goyang merupakan fenomena yang terjadi secara alami, dimana terdapat dua batu besar yang bertumpuk dan dapat digoyangkan. Batu ini berada di perbukitan sebelah barat daya wilavah dusiun Cempluk, ,Mangunan, Dlingo, Bantul, DJ. Yogyakarta.

Menurut legenda, batu!m ini merupakan tapak tilas dari Sultan Agung ketika mencari tanah untuk pesarean beliau. Kisah ini tercatat dalam buku Riwayat pesarean Imogiri Mataram. Diceritakan bahwa Sultan Agung pergi ke Mekkah dan menemukan tanah yang berbau wangi. Kemudian dilemparkan ke bumi Mataram. Setibanya di Mataram, beliau mencari tanah tersebut dengan berjalan ke arah selatan melewati dumn Rugab’, auédt zirenggo, Watu Pengilon (Dusun Cempluk), Watu Simangu (Dusun Cempluk) dan Pertapaan Bengkung. Sultan Agung tiba di Pertapaan Bengkung saat masuk wakti Sholat, beliau berniat melakukan Sholat tetapi tidak ada air. Beliau menancapkan tongkat di sebelah batu besar dan keluarlah air yang digunakan untuk membersihkan diri/ berwudhu. Setelah melakukan Sholat, kemudian berdoa memohon petunjuk (semedi), akhirnya mendapatkan wangsit ”yang akan menunjukkan tanah yang baunya harum (siti arum) adalah burung merak”.

Sultan Agung berjalan ke arah barat searah terbangnya burung merak. Burung merak hinggap di atas batu. Setelah Sultan Agung tiba di dekat batu itu, burung merak terbang kembali dan mengakibatkan batu itu bergerak (goyang). Sejak saat itu batu tersebut dikenal dengan batu/ Watu Goyang. Burung itu terbang ke barat dan hinggap di bukit dan dinamakan bukit merak. Tanah di bukit tersebut berbau harum, maka dari itu tempat tersebut digunakan sebagai makam Raja-raja Mataram. Makam Raja-raja Mataram dibangun tahun 1632-1640 M.

Itulah keterangan seputar watu Goyang yang penuh dengan histori . 

Spot Watu Goyang sisi Barat

Well selepas dari kisah tersebut, panorama alam di Watu Goyang ternyata sangat memukau, kita bisa memandang ke 3 arah mata angin, Selatan, Barat dan Barat-Daya, dan Utara. Disamping ada utamanya wujud batu/ watu yakni Watu Goyang dan watu Lincip, sebagai spot utamanya, disini juga dibuat spot foto yang keren, seperti helipad, ada burung merak, jembatan bambu dan kayu sisi Utara dari Watu Goyang hingga watu Lincip, huruf I love you, dan dibuat beberapa gazebo, pihak pengelola pun juga menawarkan foto dengan kamera DSLR, yang bisa langsung dikirim maupun dicetak. Seharga per lembar 2,5k Minimal 4 lembar.

Ini loh yang disebut Watu Goyang
Ini watu Lincip 

Jangan takut kehausan kelaparan kebelet pipis, atau kehabisan waktu sholat, karena disini ada mushola, banyak warung , ada dan toilet. 

Mushola dan kesekretariatan Watu Goyang

Di titik spot tertinggi yang ada ornamen tulisan Ini love you kita bisa berseliweran background 360° view.

Salah satu warung ‘Thiwul Panggang” di kawasan wisata Watu Goyang
Toilet di wisata Watu Goyang
Petunjuk arah di wisata alam Watu Goyang
Petunjuk ke Watu Goyang
Gazebo di wisata alam Watu Goyang
Helipad salah satu spot wisata alam Watu Goyang
Jembatan bambu di wisata alam Watu Goyang
Nich cakepnya jembatan kayu di wisata alam Watu Goyang
Spot kupu-kupu di wisata alam Watu Goyang
Harga tiket masuk HTM wisata alam Watu Goyang 2018

Well, gak usah banyak-banyak tulisan yach, ntar kalian malah gak jadi kesana 😁……oiya disini juga bagus untuk suasana malam loh…. Oke selamat berlibur akhir pekan akhir tahun mungkin Watu Goyang menjadi destinasi anda kali ini …. !!!!

Advertisements

4 thoughts on “Watu Goyang, “Hidden Paradise”, salah satu Wisata Alam di Mangunan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s