Tips Menjadi ‘Driver’ Ojek online Yang Baik

Ilustrasi ojek online (source :kmtm.ft.ugm.ac.id/demo

Ojek online adalah cara ngojek (transportasi roda dua) yang keren & bergaya.

Dengan menjadi tukang ojek online (pengemudi/ driver) siapapun tak akan malu melakoninya. Bagaimana tidak, dengan mengenakan atribut yakni jaket dan helm yang seragam, dan  harus bersepatu, jadi terlihat rapi bukan???

Menjadi sosok driver atau pengemudi/ pengojek online saat ini bisa dikatakan bekerja dengan bersenang/berbangga hati, bahkan di kampung-kampung para driver dielu-elukan loh oleh anak-anak kecil. 

Terlebih dengan adanya atribut (  helm dan jaket) tadi, menjadikan sosok driver tampil semakin keren dan rapih. Mudah dikenali dan menjadi sebuah transportasi roda dua yang identik.

Dan pastinya dengan adanya aplikasi yang bersinergi dengan google map maka semakin mempermudah driver untuk menjemput dan mengantar penumpang (pelanggan/customer), memesan dan mengantar makanan dari warung makan/restoran ke pelanggan, mengambil dan mengantar barang, serta membelanjakan kebutuhan pelanggan.

Dan para pengguna jasa Ojek online (pelanggan/customer) pun semakin merasa nyaman & aman. 

Akan terjadi kesinambungan yang berkelanjutan (keharmonisan) antara pelanggan dan driver, tatkala para driver mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

Lalu apa saja yang meski diberikan dan dipersiapkan oleh para driver dalam menjalani aktivitas nya?

Bekerja sebagai driver ( mitra/ partner rekan kerja semisal pada Go Jek (PT.GI )  mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan bekerja disektor lain. Disini, para driver bekerja dengan tak terbatas waktu dan bisa dimana pun* (asal masih dalam satu kota/provinsi & tidak menjemput pelanggan di zona merah). Mau ngojek kapan saja boleh, pagi, siang, malam, bahkan tengah malam hingga dini dan pagi-hari pun boleh, mau berapa jam boleh, bahkan jika kuat bisa 24 jam non stop, bisa. Bebas waktu kapan saja, terserah dimana saja (asal masih dalam satu kota (provinsi), namun perlu diingat juga ada zona merah(terminal, bandara , stasiun) dimana driver tidak boleh mengambil penumpang.)

Itulah kelebihan dan enaknya  menjadi seorang tukang ojek online/ driver. Dengan kebebasan waktu tersebut, maka perlu diingat bahwa ada juga aturan-aturan yang ada [SOP], disamping juga mesti memperhatikan etika yang baik(tak tertulis) guna memberi pelayanan yang baik dan terbaik untukpara pelanggan/ penumpang-nya.

Karena juga bekerja di sektor ini tidak bisa dipungkiri merupakan pekerjaan di bidang pelayanan/ jasa. Dengan begitu kepuasan pelanggan menjadi nomor satu & jadi yang utama. 

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dan di suguhkan oleh para driver untuk para pelanggan nya?

Motor

Motor/sepedamotor merupakan sarana pokok bagi driver, jadi wajib dipersiapkan motor dengan baik, kondisi prima, diisi bahan bakar yang cukup, tekanan angin, juga kepakeman rem-nya. Juga baiknya gunakan motor jenis bebek atau matic, yang pastinya akan nyaman untuk dibonceng oleh pelanggan. Hindari motor sport(semisal CBR, R15, GSX, ataupun Ninja), yang notabene jelas kurang dan tidak nyaman untuk bagian boncengan / tempat duduk pelanggan. Ingat lah bahwa anda ngojek loh bukan, bergaya atau Touring 😁

Berkendara

Jika sedang membonceng kan pelanggan berkendara lah dengan melaju secara lembut/ halus, dan konstan. Hindari mengawali maupun mengakhiri laju kendaraan secara mendadak (jangan terbiasa menge-gas dan mengerem secara mendadak). Layani jika ada permintaan dari pelanggan bila meminta untuk sedikit kencang maupun ingin melaju pelan. Laju normal rerata sih pada kecepatan rentang antara 50-55 km/jam , jika pelanggan ingin lebih kencang ya sedikit ditambah atau jika ingin melaju pelan dikurangi saja. Pelanggan dibuat senyaman mungkin, terlebih jika melewati gundukan atau portal/ polisi tidur ataupun kubangan dan jalan rusak.

Badan

Persiapan kondisi badan yang prima/ fit(sehat, sadar & tidak ngantuk), driver hidup di jalanan , butuh konsentrasi dan perhitungan terlebih, seperti tatkala harus menyalip ataupun zig-zag dengan kendaraan lain. 

wangi 🌼🌻🌷💮🌸….baik badan maupun  mulut, hindari bau tak sedap dari badan, terlebih bau pada mulut (karena semisal; sehabis merokok, makan petai atau jengkol mungkin😁) karena driver butuh berbicara/ berkomunikasi dengan pelanggan. Bau mulut bisa diatasi dengan permen, bau badan bisa diatasi dengan parfum maupun mandi secara berkala.

Jika sudah lebih dari 8 jam atau sekirnya badan sudah bau acem dan berkeringat , ya sebaiknya mandi kembali lah.

Etika

Selalu awali perjumpaan (dengan pelanggan) dengan senyum, menyapa sekaligus memastikan nama pelanggan sesuai dengan pemesan. 

Beri feedback penilaian ke pelanggan sebaik mungkin, semisal jika pelanggan datar-datar saja maka berikan penilaian ‘ramah’ atau ‘sopan’, atau pelanggan yang memberi tips atau memberi uang kembalian dengan memberi ulasan ‘baik hati’ dan selalu memberikan penilaian terbaik dengan memberi bintang 5 (⭐⭐⭐⭐⭐) , jangan pelit lah.

Biasakan memberi respon pada awal saat ada orderan (pelanggan memesan), semisal, layanan go ride dengan mengabari/ memberi chat ‘ditunggu ya’, atau layanan go food dengan mengabari ‘ditunggu pesanannya ya’, seperti itu. 

Psikis

Sebagai seorang driver selain fisik yang fit juga dibutuhkan mental atau psikis yang fit , jangan ngojek jika sedang galau, ada masalah keluarga, yang membuat bingung dan ngalamun, ini bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, ingat ngojek itu hidup dijalanan, dituntut selalu waspada dan dalam keadaan sadar.

Siap

Jika sudah siap ngojek, ya harus benar-benar siap, begitu aplikasi driver aktif (on) baiknya eh seharusnya para driver dalam keadaan siaga, tinggal gass menuju titik jemput pelanggan , atau menuju warung/toko.

Sepertinya sudah diperhitungkan oleh pihak Go jek bahwa standar radius penjemputan ‘wajar’ ditempuh rerata dalam waktu 5 menit atau radius 5 km. Ya ada sedikit toleransi lah hingga 10 menit. Jadi jangan ‘on’ saat anda sedang makan, mandi, dikamar kecil dan lainnnya, terlebih ditinggal tidur. Pokoknya siap begitu ada orderan masuk, terlebih dalam.mode ‘Autobid’ orderan masuk.otomatis diterima oleh driver.

Well, demikian sedikit artikel dari saya tentang tips bagi driver ojek online, jika ada yang ingin menambah kan Monggo silahkan…!! Masuk pak…..😁 👍👍👍

Advertisements

2 thoughts on “Tips Menjadi ‘Driver’ Ojek online Yang Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s