Waspada, Ubur-ubur mengintai wisatawan Parangtritis

 

Ubur-ubur laut berwarna biru source: bpdb.bantulkab.go.id

Libur lebaran Idul Fitri 1439H tinggal beberapa hari lagi, setidaknya masih menyisakan 4 hari kedepan, Kamis-Minggu Karena efektif nya masuk sekolah kuliah maupun kerja Senin depan(25 Juni).

Bagi anda yang ingin menghabiskan sisa libur lebaran di kota Yogyakarta, terutama ingin berwisata di kawasan pantai. Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti maupun mengurangi rasa bersenang-senang. Sebaiknya anda perlu sedikit berhati-hati dan waspada akan kemunculan ubur-ubur laut.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Bantul, yang mengabarkan bahwa belasan pengunjung pantai Bantul tersengat ubur-ubur, dan Satuan Tugas (Satgas) Search and Rescue (SAR) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul memberikan pertolongan pertama.

Kemarin atau Selasa (19/6/18) Pos Induk SAR Pantai Parangtritis mencatat, setidaknya ada 19 (sembilan belas) orang yang tersengat ubur-ubur, kebanyakan adalah anak-anak.

Sedangkan kemunculan ubur-ubur sendiri, sudah terdeteksi sejak minggu pertama bulan Juni, untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD telah menyiagakan lebih dari seratus personil untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung Pantai Bantul.

Dijelaskan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Drs. Dwi Daryanto, MSi, bahwa kebanyakan kasus sengatan ubur-ubur karena ketidakpahaman, biasanya anak-anak dengan sengaja memegang ubur-ubur, karena dianggap mainan.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Selatan, Bantul, diharapkan lebih berhati-hati, tidak menyentuh apalagi bermain dengan hewan yang menyerupai gelembung berwarna biru transparan, jelasnya.

“Tidak perlu takut, namun mewaspadai keberadaannya. Jika tersengat, segera menghubungi petugas dari Puskesmas yang berjaga atau menuju pos SAR terdekat,” tambahnya.

 

Sumber : bpdb.bantulkab.go.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s