Antisipasi kecelakaan di Tanjakan Cinomati, Bus & Truk dilarang melintas hingga disediakan Sopir khusus

Jalur tanjakan Cinomati

Libur lebaran momentum yang tepat untuk bepergian ke tempat-tempat wisata, dan pantai-pantai Gunungkidul yang eksotis menjadi daya pikat masyarakat untuk menuju ke sana, biasanya rute kesana, meskipun banyak jalur, namun karena saking banyaknya wisatawan, terjadi lonjakan hingga terjadi antrian panjang kendaraan menuju ke sana. Dan jalan alternatif menjadi pilihan, meskipun itu terbilang jalur ekstrem, seperti halnya jalur jalan Pleret-Dlingo, yang melewati sebuah tanjakan Cinomati yang begitu terjal.
Di lebaran 1439 H /tahun 2018.

Berdasarkan evaluasi tahun-tahun sebelumnya, jalur tersebut merupakan titik rawan kecelakaan.

Dan pemerintah Bantul beserta jajaran kepolisian dalam hal ini Kepolisian Resor Bantul mendirikan pos pemeriksaan atau check points bagi kendaraan yang akan melewati jalur tanjakan Cinomati, Desa Wonolelo, Kecamatan Pleret. Pos tersebut untuk memeriksa kelayakan kendaraan yang bakal naik ke jalur yang memiliki kemiringan 45 derajat tersebut.

Oleh karenanya, apabila nanti ditemukan kendaraan yang tidak layak, polisi tidak akan memberikan toleransi untuk naik ke jalur maut tersebut. Kendaraan akan diisolasi di Pos pemeriksaan.

“Sangat membahayakan karena kontur jalan (Cinomati) dari evaluasi tahun lalu, banyak kendaraan yang melorot,” ujarnya, Senin (11/06/2018).

Untuk mengantisipasi adanya kendaraan pribadi yang tetap nekat melintasi jalur Cinomati, polisi membuat tim bersama dengan berbagai komunitas relawan di Bantul yang tergabung dalam Tim Ganjal. Mereka secara sukarela standby untuk membantu kendaraan yang sewaktu-waktu tidak kuat menanjak.

“Kendaraan yang akan naik kita periksa dulu, layak atau tidak naik. Kalau tidak layak kendaraan akan diisolasi di Pos pemeriksaan” tandasnya.

Selain itu, polisi juga telah menyiapkan beberapa pengemudi handal yang akan membantu pengendera mobil melintasi jalur tersebut. Pengemudi yang dipersiapkan merupakan yang telah mengetahui seluk-beluk kontur tanjakan Cinomati.

Sementara itu untuk kendaraan jenis bus, truk, kendaraan terbuka maupun kereta kelinci, dihimbau agar tidak melewati jalur Cinomati. Kabag ops Polres Bantul menyarankan yang menuju Mangunan, Dlingo mengambil jalur Patuk, Gunungkidul.

“Kita imbau untuk tidak melewati jalur Cinomati. Kita akan melakukan pendekatan persuasif jika masih ada yang tidak mengindahkan imbauan kita,” tandasnya. (Humas Polsek Pleret)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s