Biaya Balik Nama Honda Karisma’03 = 660ribu di Bantul, ini Prosesnya

Gambar ilustrasi balik nama

 

Kebetulan ada saudari saya yang baru saja memproses balik nama sepedamotornya, dan kebetulan pula motor bermerk Honda seri Karisma 125D lansiran tahun 2003. Lalu bagaimana prosesnya?

Ternyata kata saudari saya tersebut prosesnya sangatlah mudah , monggo disimak …jikalau anda juga ingin melakukan proses balik nama di Wilayah Bantul (Bantul Bantul).

Pertama-tama persiapkan persyaraannnya atau berkas-berkasnya diantaranya : BPKB, STNK, KTP, kwitansi jual-beli bermeterai 6 ribu. Kesemunaya di foto copy sebanyak 2 lembar. Jika semua berkas terkantongi segeralah meluncur ke kantor Polres Bantul (Jl. Jend. Sudirman), menuju ke area Cek fisik, (oiya saat cek fisik motor harus benar-bemar keadaan normal loh ya, kelengkapannya,  lampu-lampu menyala, bell, ada spion) setelah selesai lalu ke loket Pengesahan BPKB, nunggu di acc, lalu ke loket bank sebelahnya, bayar sejumlah 225 ribu rupiah (untuk sepedamotor).

Tanda pembayaran buku pemilik kendaaan bermotor di kantor Polres Bantul

Lalu kembai lagi ke loket pengesahan BPKB, jika sudah di acc maka kita akan di beri secarik kertas berwarna meeah muda untuk mengambil BPKB dikemudian hari (1,5 bulan). Kertas tersebut lalu Di foto copy sebagai kelengkapan berkas untuk ke kantor Samsat. Untuk urusan BPKB sudah selesai disini.

Selanjutnya menuju ke kantor Samsat Bantul, menuju ke loket pengesahan cek fisik yang berada di luar gedung utama kantor Samsat, sisi timur menyerahka berkas, cek fisik sari polres tasi plus foto copy kertas tadi.  Setelahnya ke loket sebelah utaranya, untuk menerima formulir sebagaimana  proses perpanjangan STNK lima tahunan yakni gati STNK dan Plat dengan membayar sejumlah 160 ribu. dengan rincian penerbitan STNK: Rp 100.000, dan penerbitan TNKB(Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau plat: Rp 60.000). Lalu mengisi formulirnya, kemudian di acc, dan masuk ke gedung utama Samsat menuju ke loket balik nama (paling timur). Namun tidak langsung keproses selanjutnya, melainkan kita dikasih jeda 10 hari kemudian denga membawa bukti pembayaran.

***

Setelah 10 hari yang dituliskan, kemudian kita kembali.lagi ke kantor Samsat untuk proses pembayaran balik nama & pajak, loket 5B, untuk pembayaran balik nama (BBN-KB) serta pajak(PKB) berbeda nominalnya tergantung kubikasi san tahun pembuatan motor. Kalau Honda Karisma 125D tahun 2003 sih BBN-KB : 96.000_ PKB : 144.000, SW-JR semua motor sama sebesar 35.000.

Bea balik nama honsa kharisma 2003 di Bantul

Sepertinya halnya proses pajak tahunan, setelah membayar pada loket bank 1 atau 2 kemudian menunggu STNK jasi di loket 6 atau palinh ujung barat. Kemudian ambil plat di sisi bara gedung utama Samsat, sebelah mushola.

Untuk bulan ini STNK dan plat bisa langsung jadi.

Well. Demikianlah mengenai update proses balik nama di Bantul untukbulan April 2018 ini, semoga bermanfaat….!!!!

 

Tarif PNBP penerbitan STNK TNKB BPKB mutasi PP RI No 60/tahun 2016

 

 

 

 

 

Advertisements

9 thoughts on “Biaya Balik Nama Honda Karisma’03 = 660ribu di Bantul, ini Prosesnya

  1. Motor saya honda scoopy thn 2013..mau balik nama dari bantul ke bantul,, skalian ganti plat 5 tahunan bln depan,, kira2 biayanya brp ya pak

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s