Ilustrasi ojek online (source :kmtm.ft.ugm.ac.id/demo

Sungguh luar biasa antusiasme warga Jogja untuk bergabung dengan sebuah layanan transportasi roda dua kekinian yakni ojek online (ojol) yang domiman warna khas hijau ini. Dalam dua hari kemarin (Senin& sekasa, 27&28/11) dari 4 hari (27-30) yang diagendakan oleh team rucruitmen Ojol ini diserbu warga Jogja dari seluruh penjuru, , meskipun hujan mengguyur seharian tidak mematahkan semngat mereka datang di sebuah Gor di kompleks balai desa Jambidan Potorono Banguntapan Bantul.

Kabar ‘getok-tular’ bersambung dari mulut ke mulut, serta undangan via SMS (bagi yang telah daftar online) dari ojek berbasis aplikasi ini mampu membuat gedung GOR terlihat sesak penuh dengan warga yang didominasi kaum Adam ini, tua muda, tinggi-pendek, mereka antusias mendaftar, dengan hanya bermodal SKCK serta kartu jati diri asli, surat ijin mengemudi, dan STNK mereka rela berhujan-hujanan dari rumah mereka, berdesakan didepan GOR, dan mengantri sangat lama setidaknya 5 jam untuk bisa terdaftar.

Warga dari seluruh pelosok Jogja, dari kabupaten Kulon progo, Gunungkidul, Sleman, kodya Jogjakarta, serta Bantul antri berbsris berdi GOR utara lapangan sepak bola tersebut. Bahkan ada yang datang dari sebelum shubuh, guna ingin mendaftar. Dan selesai pada jam 8 malam.

Perlu diketahui bahwa populasi ojol memang luar biasa banyak di Jogja, namun hanya ojol ini yang mampu berkembang , sedang dua ojol lain (yang berwarna khas krem_orange) sedikit terlihat bahkan salah satunya sudah tidak terlihat lagi. Ojol yang berwarna hitam_ bergaris hijau juga semakin sedikit terlihat dijalanan.

Dalam perekrutan ini dikabarkan menyerap 700 calon driver(tukang ojek) dalam sehari sedang diagendakan 4 hari, dan yang sudah aktif kabarnya terdaftar 18.000, jadi jika ditambah 700×4 maka ada 20 ribu driver  untuk memenuhi kebutuhan transportasi roda dua wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan populasi 3.667.700 jiwa, total luas 3.185,80 km². serta 4 Kabupaten, 78 kecamatan dan 440 kelurahan.

Calon driver yang sudah terdaftar di parektutan massal ini langsung mendapatkan jaket dan helm, dan bisa langsung bekerja/ ngojek.

Ada yang tertarik mau daftar? Siapkan SKCK, KTP, SIM, STNK dan foto copi-nya, serta siapkan mental untuk berlama-lama antri(setidaknya 5 jam berdiri), jangan lupa kenakan sepatu.

Advertisements