Knop kunci kontak Suzuki GSX-R 150 dan remote

Sebenarnya hal ini sudah sedikit saya bahas pada artikel terdahulu saat ‘njajal GSX-R 150’ namun sepertinya ada yang kurang jika tidak dibahas secara terpisah. Karena untuk mengungkap sebuah keunikan butuh ruang yang sedikit lebih.

Yapz, fitur motor tanpa kunci kontak menjadi trend di masa kini. Atau istilah kerennnya ‘keyless’ keyless ignition system. Debuah metode menghidupkan mesin motor tanpa (memutar) kunci kontak. Secara kasat mata memang benar tanpa ada nya sebuah anak kunci, namun diganti tampilan dengan sebuah knop, seperti pada piranti memasak, kompor gas, maupun oven elektronik_microwave. Tapi overal kita tetep harus memutar knop seperti halnya memutar kunci kontak pada lazimnya di posisikan on, msupun ke mengunci stang. Sistem keyless ini memsng sedang tren untuk motor motor kelas eropa. Khusus nya kelas metik.

Lalu apa hebatnya sistem ini ?

Disamping menjadi sebuah fitur termoderntermodern, juga efektif memberi perlindungan lebih keamanan motor dari tindak pencurian.

Beberapa kali diberitakan, Suzuki GSX-R 150 R yang mengadop sistem ini gagal dibobol maling.

Ada ragam keunikan pada keyless di Suzuki GSX-R 150R, yang dilengkapi dengan sebuah remote minimalis satu tombol saja. Setelah remote dipencet, lampu kecil biru pada knop keyless yang nangkring di ujung tangki sisi depan atas tersebut menyala bersamaan dengan menyalanya seluruh  lampu tang ada di motor, (menyala berkedip/ hazar), baru knop bisa diputar ke posisi ON maupun jika ingin mencabutnya.

Oiya meskipun keyless dan berwujud knop, namun tetap ada anak kunci yang menempel diknop, untuk membuka tanki bbm maupun membuka bagasi pada single seat.

Keunikan atau kecanggihan pada sistem ini adalah  motor Suzuki GSX-R 150R tidak bisa dinyalakan jika remote diluar radius 1 meter dari motor. Hebat khan.

Lalu kebalikannnya, sistem alarm feedback pada motor ini bisa bekerja pada radius 50 meter. Jadi jika kita memencet tombol remote sejauh maksimal 50 meter dari motor ini, maka sistem alarm atau lampu-lampu motor akan  menyala berkedip dua kali) , guna memudahkan kita mencari motor saat ditempat parkiran.

Integrasi antara remote dan motor dihubungkan dengan metode password atau ID_Number khusus & berbeda antara motor Suzuki GSX-R, hal ini pastinya untuk mengantisipasi tertukarnya motor. Setelah melakukan pembelian unit, maka pemilik akan diberikan ID_Number untuk password keyless. Inilah kuncinya, ID_Number harus diingat-ingat jika perlu di catat dan meski dirahasiakan tentunya.

Untuk apa?

Hal ini dilakukan untuk penggantian / duplikasi remote, jika remote hilang ataupun rusak. Saat penggantian remote baru maka butuh ID_Number yang sama.

Jika lupa , ya mesti harus ganti total, yang biaya nya mahal.

Mengutip dari akun facebook Suzuki Indrapura, Remote Keyless Bisa Diduplikat sampai 5 Kali, Harga Per Remote Keyless seharga 680K

Sedangkan Biaya Ganti Total 1.700K, Harga yang Fantastic.

Apabila Remote Keyless Hilang, GSX Hanya Bisa Di Nyalakan Dengan Memasukkan ID Number.

Well, itulah sedikit tentang keyless pada Suzuki GSX-R 15R, semoga bermanfaat…!!!

Advertisements