Tampak depan All New Honda Scoopy 2017 hijau-putih

Sepanjang sepengetahuan saya, Honda Scoopy ‘si motor sekuter matik bergaya klasik atau retro’ ini sejak pertama kali diperkenalkan kepublik mulai dari tahun 2010 hingga saat ini (2017) mengalami 3 kali perubahan bentuk atau istilah saya “evolusi”.

Untuk melihat perbedaan dari ketiganya sangatlah mudah, namun jika tidak jeli memanglah sepintas sama.

Perbedaan secara kasat mata sangatlah simple saja yakni hanya  pada letak lampu signalnya saja. Yuuk kita cermati dari ketigs generasinya…!!!

Honda Scoopy generasi pertama (2010-2012)

Honda Scoopy 2010 (blog.motortech.co.id)

Generasi yang pertama, lampu sein depan & belakang terpisah dari body utama. Generasi pertama ini sangatlah klasik, aura motor jadul retro terasa dengan konsep lampu sein model ini, terlebih berbentuk bulat seperti bentuk lampu sein pada motor bebek honda C70. Rumah lampu sein berbahan dasar material besi dan di finishing dengan leburan krom.

Untuk pangsa pasar usia 50 keatas sangatlah diterima saat itu, seakan menjadi obat rindu bagi bapak-bapak penyuka skuter Italia. karena mereka sudah terwakili kerinduan akan skuter klasik. Untuk jeroan skuter body setengah oval ini menggunakan mesin berkubikasi 108 cc, SOHC, berikut spesifikasi selengkapnya :

Spesifikasi Honda Scoopy 2010

Panjang X lebar X tinggi : 1.844 x 699 x 1070 mm

Jarak Sumbu Roda : 1240 mm

Jarak terendah ke tanah : 150 mm

Berat kosong : 94 kg

Tipe rangka : Tulang punggung

Tipe suspensi depan : Teleskopik

Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal

Ukuran ban depan : 80/90 – 14 M/C 40P

Ukuran ban belakang : 80/90 – 14 M/C 46P

Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal

Rem belakang : Tromol

Kapasitas tangki bahan bakar : 3,5 liter

Tipe mesin : 4 langkah, SOHC

Diameter x langkah : 50 x 55 mm

Volume langkah : 108 cc

Perbandingan Kompresi : 9,2 : 1

Daya Maksimum : 8,28 PS/8.000 rpm

Torsi Maksimum : 0,85 kgf.m/5.500 rpm

Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik

Kopling Otomatis : otomatis, sentrifugal, tipe kering

Gigi Transmsi : Otomatis V-Matic

Pola Pengoperan Gigi :

Starter : Pedal dan Elektrik

Aki : MF 12 V – 3 Ah

Busi : ND U24EPR9, NGK CPRBEA-9

Sistem Pengapian : DC-CDI, Baterai

(Source: blog.motortech.co.id)

 

Honda Scoopy Generasi kedua (2012-2016)

Honda Scoopy 2012 (tmcblog.com) 

Sepertinya segmen pangsa pasar pada generasi kedua ternyata berbeda, merambah ke kaum muda, atau setidaknya rentang usia 17 hingga 40 tahun. Model body boleh klasik, tapi dengan sein seperti generasi pertama dirasa kurang cocok dan tidak praktis/kurang matching, tidak fleksibel atau malah terlalu jadul. Maka terlahirlah generasi kedua, dengan lampu sein menempel ke bodi, baik lampu sein depan menempel pada sayap, maupun belakang. Kesan jadul terbuang sudah, banyak anak muda, metro mulai menyulainya, hingga merambah kepelosok.

Yang dulunya, melihat scoopy hanya dengan sebelah mata saja bahkan mencibirnya, Tapi mulai saat itu (saat generasi kedua diperkenalkan bulan Februari 2012) mereka berbondong mulai hijrah menyukai skutik Honda genre retro modern ini.

Ditambah dengan beragam varian corak warna dan varian penawaran gaya, menyesuaikan karakter pribadi masing-masing remaja retro, remaja metrosexual.

Untuk sektor mesin mengusung sistem baru yakni injeksi PGM FI, dengan kubikasi 110cc, bahkan perkembagannnya digunakan sistem permesinan eSP.

Berikut spesifikasi selengkapnya :

Mesin 110cc dengan teknologi PGM-FI.

Bagasi dengan kapasitas 15.4 liter.

Tombol pembuka jok (seat opener) yang menyatu dengan kunci kontak magnetic.

Lampu depan projector headlight.

Standar samping otomatis.

Tuas pengunci rem.

Answer back system (baru ditambahkan di versi Scoopy terbaru ini).

 

Honda Scoopy Generasi ketiga (2017)

 

Dan kini di 2017, scoopy tampil lebih menawan dengan lampu sein menempel ke lampu utama baik depan maupun belakang, diameter roda dirubah lebih kecil, dari ring 14 menjadi 12 inchi, meski tidak merubah postur menjadi lebih pendek.

Dengan peeubahan yang signifikan ini menjadikan scoopy sangat sangatlah diminati, terbukti sempat mengalami antrian pemesanan cukup lama untuk bisa memboyong motor ini.

Dan memang sangat cocok untuk kalangan anak muda hingga rentang usia 40 tahun, mengusung “Live Uniquely Different” scoopy baru hadir dengan tetap mempertahankan identitas garis bodi (oval) yang telah berevolusi , dengan tampilan yang lebih trendi dan modern. Tampilan baru ini dipertegas dengan penyematan komponen-komponen baru dan berkualitas tinggi serta lampu depan LED Projector baru yang terintegrasi dengan lampu sein desain oval yang telah menjadi simbol dari Scoopy selama ini.

Terlebih kita diberikan  beragam fitur canggih nan modern setidaknya ada 13 fitur & beragam 8 pilihan warna dari 3 tema yang ada;

Berikut Pilihan Warna All New Honda ScoopyScoopy 2017 :

 

All New Honda Scoopy tema Sporty hadir dalam 3 pilihan warna:

  • Sporty White
  • Sporty Red
  • Sporty Black

All New Honda Scoopy tema Stylish hadir dalam 2 pilihan warna:

  • Stylish Matte Brown
  • Stylish Black

All New Honda Scoopy tema Playful hadir dalam 3 pilihan warna:

  • Playful White Green
  • Playful White Blue
  • Playful Cream

 

 

Berikut 13 Teknologi Dan Fitur New Honda Scoopy eSP :

  1. Anti Theft Alarm – alarm untuk menjaga Scoopy dari resiko pencurian
  2. Answer Back System – hanya dengan menekan tombol pada remote kunci maka motor akan memberi respons suara dan lampu sein akan menyala. Fitur ini mempermudah proses pencairan motor pada parkiran.
  3. Teknologi eSP – membuat motor semakin canggih, ramah lingkungan dan irit bahan bakar.
  4. Teknologi Idling Stop System – sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak dan dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar.
  5. ACG Starter yang membuat suara lebih halus pada saat mesin dihidupkan.
  6. Standar samping otomatis (Side Stand Switch) – mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun, sehingga menghindari resiko pengendara lupa menaikkan satandar samping.
  7. Parking Brake Lock – berfungsi sebagai rem tangan, mencegah motor loncat saat menghidupkan mesin, serta praktis dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan.
  8. New Combined Digital Panel Meter Eco Indicator – Desain baru dengan gaya grafis yang lebih modern dan informatif
  9. Combi Brake System – Berkendara lebih nyaman, memudahkan pengereman roda depan dan belakang secara bersamaan
  10. New LED Projector Headlight – Motor matic pertama di Indonesia dengan LED Projector headlight. Cahaya lebih terang dengan daya lebih kecil serta lampu depan yang lebih fokus.
  11. New Power Charger in Console Box – Kemanapun kamu pergi tidak perlu takut gadget kehabisan energi. Penggunaan daya maksimal 12W (12V 1A)
  12. 15,4 L U-BOX – Bagasi dengan kapasitas 15,4 liter yang bisa menampung lebih banyak barang bawaanmu.
  13. New 12 Inch Wheels Wide Tubeless Tire – Dilengkapi ban tubeless yang menambah keamanan & kenyamanan dalam berkendara.

 

Well demikianlah sebuah evolusi motor skuter retro besutan Honda yang hanya rentan 7 tahun saja mrngalami banyak perubahan yang seakan membaca pangsa pasar, mengerti keinginan konsumen.

Advertisements