Pentas Dolanan Anak 2017 – pemkab Bantul

Permainan atau istilahnya dolanan anak-anak di Jawa, kini lekang oleh zaman, kalah oleh beragam teknologi semisal gadget game maupun smartphone. Dengan dolanan sebenarnya banyak yang bisa didapat, semisal lebih menyenangkan, mempererat tali persahabatan antara anak dan interaksi antar mereka.  Semisal dolanan ; sluku-sluku bathok, dingklik oglak-aglik, jamuran, dempo ewa-ewo, lohganti, cublak-cublak suweng, kubuk bak bok, sepuran.

Kesemua ragam dolanan masa kecil penulis ini yangbtersebut diatas, sepertinya asing buat anak zaman sekarang. Bahkan ada yang tidak mengenalnya.

Untuk kembali mengenalkan ke anak zaman sekarang dan juga melestarikannya,

Dinas Kebudayaan Bantul bekerjasama dengan Kampoeng Dolanan Anak Pandes, Panggungharjo akan mengadakan ” Pentas Dolanan Anak “.

Agenda ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017 di Kampoeng Mataraman, Jl. Ringroad Selatan,Panggungharjo.

Pentas Dolanan Anak ini lebih dikhususkan untuk anak usia PAUD-SD. 

Tujuan agenda ini diadakan adalah untuk mengenalkan dan melestarikan dolanan tradisional, mengembangkan kesadaran bahwa dolanan anak dan tradisional sebagai warisan budaya, dan menanamkan pendidikan karakter lewat dolanan anak.

” Pentas Dolanan Anak ” kali ini akan menampilkan :

1. Talkshow mengenai permainan tradisional

2. Permainan dolanan anak yaitu ancak-ancak alis, sluku-sluku bathok, dingklik oglak-aglik, jamuran, dempo ewa-ewo, lohganti, cublak-cublak suweng, kubuk bak bok, sepuran.

3. Pertunjukkan seni dari sanggar/komunitas seni Bantul

4. Lomba mewarnai

5. Pemutaran Film Kampoeng Dolanan Anak

6. Workshop permainan tradisional

 

Kegiatan ini terbuka untuk umum anak usia PAUD-SD. Silakan hadir dan menikmati Pentas Dolanan Anak dan Dolanan Tradisional.

 

Sumber : pemkab Bantul

Advertisements