Jika Anda menginginkan destinasi liburan yang lengkap, mungkin Jogja-lah jawabannya. Kota Istimewa yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X ini seakan tidak pernah berhenti menawarkan objek-objek wisata baru. Mulai dari wisata kuliner, budaya, sejarah, hingga wisata alam, semua bisa Anda temukan dikota ini.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin jauh-jauh dari area kota, ada destinasi wisata menarik yang wajib Anda kunjungi. Namanya Kampung Taman.

Ingin tahu seperti apa keistimewaan kampung ini? Berikut uraian mengenai Kampung Taman Yogyakarta.

Lokasi

Kampung Ngasem – Wisata Yogyakarta

Kampung Wisata Taman terletak di sekitar objek wisata Istana Air Taman Sari. Jika berangkat dari arah Malioboro, Anda hanya perlu berjalan lurus ke selatan. Sesampainya di area keraton, ambil belokan ke kanan (ke arah barat) hingga mencapai perempatan. Kemudian, beloklah ke kiri (ke selatan) sampai Anda menemukan Pasar Ngasem. Lokasi Kampung Wisata Taman berada di belakang area Pasar Ngasem dan Taman Sari.

Objek Wisata

Kampung Taman – Wikimapia

Kampung Taman menawarkan beragam objek wisata menarik untuk para wisatawan. Saat berkunjung ke Kampung Taman, jangan lupa untuk singgah ke tiga lokasi berikut ini :

 

1. Kampung Batik

Pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup panjang. Batik, awalnya merupakan selembar kain putih yang digambar, diberi malam (lilin), lalu mengalami proses pewarnaan berulang-ulang.

Jika ingin merasakan pengalaman membuat karya warisan budaya kebanggan Indonesia ini, Anda bisa datang ke area Kampung Batik Taman. Di sana, Anda akan diajari cara membuat batik, dari mulai penyiapan bahan yang berupa kain putih, cara memegang canting yang benar, cara mengaplikasikan malam, hingga mengolahnya menjadi kain batik yang siap dibawa pulang.

Namun apabila hanya ingin berbelanja, Kampung Batik ini juga sudah menyediakan beragam batik tulis dan cap yang siap Anda jadikan oleh-oleh. Batik-batik yang tersedia di sini memiliki motif khas Yogyakarta.

 

2. Kampung Lukis

Lukisan bisa memberikan kesan tersendiri bagi interior sebuah ruangan. Jika Anda tertarik untuk membeli, Kampung Lukis Taman juga sudah menyediakan beragam lukisan yang dibuat oleh para seniman profesional.
Tidak hanya lukisan dinding. Di kampung ini, Anda juga bisa mendapati aneka kaus lukis yang begitu atraktif. Bahkan, Anda juga berkesempatan membuat kaus lukis sendiri sesuai dengan selera.

 

3. Kafe-kafe Unik

Galeri seni selalu mampu menghadirkan kesan tersendiri. Deretan karya seni indah yang menawan memang selalu bisa memanjakan pandangan. Namun, bagaimana rasanya menikmati suasana makan di area galeri seni?

Di Kampung Taman, ada banyak kafe unik yang menawarkan pengalaman bersantap di ruang galeri. Anda bisa menikmati aneka sajian makanan khas Jogja dengan suasana yang berbeda dari kafe-kafe pada umumnya.

 

4. Spot Berfoto

Di area Kampung Taman, terdapat beberapa dinding yang penuh lukisan, mulai dari gambar batik, komik wayang, hingga kartun-kartun lucu. Dinding-dinding tersebut merupakan lokasi favorit para wisatawan untuk berfoto. Jadi, jika ingin mengabadikan momen seru liburan di Jogja, lukisan dinding di Kampung Taman wajib menjadi tempat berfoto yang tidak boleh Anda lewatkan.

 

Tips Liburan Hemat ke Kampung Taman dengan Kereta Api

Kereta Api Kahuripan – Kereta Api Indonesia Wiki

Menggunakan transportasi kereta api bisa menjadi cara paling hemat untuk berlibur ke Kampung Taman. Pasalnya lokasi objek wisata ini berada tidak jauh dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

Agar bisa mendapatkan tiket kereta api dengan mudah, Anda bisa melakukan pembelian secara daring atau online. Salah satunya dengan pesan tiket kereta api di sini. Melalui aplikasi Traveloka yang ada di ponsel pintar, Anda hanya perlu memilih jadwal keberangkatan kereta api dan menuliskan identitas Anda.

Setelah itu, Traveloka akan menginformasikan detail pembayaran melalui email. Segera setelah melakukan transaksi, Anda akan memperoleh kode booking, yang siap dicetak menjadi tiket kereta api.

Jika beruntung, Anda bahkan bisa memperoleh harga promo. Jadi, biaya yang harus Anda keluarkan pun bisa lebih ringan.

Dari Stasiun Tugu, jarak yang harus ditempuh ke Kampung Taman adalah sekitar 3 km. Jika tidak ingin lelah berjalan, cara hemat yang bisa dilakukan adalah menggunakan bus TransJogja dan turun di Halte Malioboro 3. Dari sana, Anda tinggal berjalan kaki sejauh 1 km.

Cara lainnya adalah turun di Halte Ngabean. Dari sana, Anda bisa menggunakan shuttle bus si Thole yang disediakan Pemkot Jogja, dengan biaya sebesar Rp5.000 menuju Taman Sari. Sesampainya di Taman Sari, Anda hanya tinggal berjalan menyusuri Kampung Taman tanpa pungutan biaya lain.

***

Advertisements