Ilustrasi Wedang Uwuh – source : http://www.njogja.co.id

Dengan diusulkannya ke UNESCO ( Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB  United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, didirikan pada 1945.) maka akan semakin moncher lah wedang uwuh ke seluruh penjuru dunia. Disamping juga akan menumbuhkan rasa optimis bagi masyarakat pemroduksi.

But wait a minute...wedang uwuh itu apae?

Well, wedang uwuh merupakan sebuah minuman yang diracih dari rempah-rempah, minuman ini merupakan minuman khas dari Imogiri Bantul. {Wedang =air minum, uwuh=sampah dedaunan}.

Lha kenapa dinamakan begitu?

Yaa Mungkin karena tampilan saat diseduh didalam gelas-gelas kaca , maupun kemasan instan-nya (yang terdiri dari rempah-rempah; ada dedaunan batang biji) terlihat seperti sesampah, maka terciptalah sebuah nama yang unik ini, meskipun kalao tau makna namanya terkesan bagaimana gitu, tapi, kalo sudah menikmati nya hmmmmm….mantab sekali.

Kalo rasa sepertinya mendekati rasa wedang secang gitu, atau rasa jahe atau gingseng, jadi ada sedikit rasa pedas gitu, ya karena racikannya terdiri dari cengkeh, daun pala khusus dari makam raja, kayu secang, kayu manis, gula batu serta jahe.

Dan istimewa nya, minuman khas Imogiri ini punya cita rasa tersendiri, karena ada satu bahan pembuat wedang uwuh yang tidak ada di tempat lain kecuali di makam raja. Seperti daun pala makam raja itu tidak bisa tergantikan. Selain itu juga tidak bisa mengambil sendiri, tetapi lewat abdi dalem, karena lokasinya berada didalam kompleks makam.

 

Pada awalnya masyarakat sekitar makam raja sebatas menyeduh minuman tanpa adanya nama khusus. Tetapi dalam perjalanannya dibentuklah brand wedang uwuh sebagai minuman khas dari Imogiri.

Nah, jika anda berkunjung ke kompleks Makam Raja Yogyakarta di Pajimatan Imogiri Bantul Yogyakarta,  silahkan menikmati minuman khasnya ini.

 

Di intisarikan dari krjogja.com

Advertisements