Icon wisata Kebun Buah Mangunan

Boleh jadi Kebun Buah Mangunan menjadi pioner destinasi wisata di wilayah desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, D.I. YOGYAKARTA. Beragam pohon buah ditanam disana. Belimbing, mangga, rambutan, durian, dan lainnya.

Dan yang tak boleh dilewatkan dikawasan wisata ini adalah spot melihat lembah di arah selatan nya, melihat sungai opak, dan jembatan kuning Imogiri. Ini lah ‘the best spot view’ disana.

Untuk menuju area ini atau disebut puncak atau Gardu Pandang, dari pintu masuk, kita bisa mengendarai kendaraan kita melewati pohon buah-buahan di kanan kiri jalan,  cukup mengasyikkan, kita melewati sebuah kolam juga (eh lha kq …. ada bego (alat berat pengeruk tanah) yang teredam),  hingga kita sampai ditempat parkiran setelah berlalu sekitar 500 meter dan melaju pada jalan yang sedikit menanjak.

Dari parkiran kita perlu sedikit naik (jika kita naik motor), bila naik mobil malah sydah berads diatas, setelahnya perjalanan cukup menyenangkan,  karena jalanannya merupakan turunan (jalan menurun) yang telah dibuat berundak dengan beton dan batu.

 

Tapi, tapi arah baliknya nanti ini yang membikin kita ngos-ngosan, berkeringat, karena kita mesti menaiki kembali jalanan berundak tadi. Sekalian olah-raga bukan….?!?

Well, guna menuju spot terbaik tadi yakni Gardu Pandang, cukuplah dekat dari parkiran, terlebih Icon Kebun buah, kita hanya berjalan sekitar 50 meter sajo.

Icon wisata Kebun Buah Mangunan
Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

Kini spot Gardu Pandang ada dua titik, di barat dan Timur, karena letaknya diujung paling selatan, maka kita bisa memandang jauh ke selatan, berupa  pegunungan Gunung Kidul, lembah dibawahnya yakni wilayah Imogiri, sungai Oya dan langit biru.

Spot Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

Jika kita datang pagi-pagi sekali kita pun bisa melihat matahari terbit(sunrise), ataupun matahari tenggelam (sunset) di sore hari.

Sungai oya dan lembah wilayah Imogiri juga jembatan kuning kelihatan jelas dari sini

Oiya dari spot ini, suara gemuruh papan jembatan gantung yang sedang dilewati motor terdengar jelas loh.

Area Gardu Pandang dibuat begitu menawan, meskipun saat kemarau, coba kalo pas dimusim penghujan akan menghijau dan penuh bebungaan
Taman di area Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan

Untuk masuk ke lokasi obyek wisata ini kita mesti membayar 5.750 rupiah untuk satu orang , itu sudah termasuk ongkos parkir.

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan 2017

Oke, selamat menyongsong libur akhir pekan, mungkin ini menjadi alternatif destinasi wisata anda… !!!!

Advertisements