Gardu Pandang Pinus Asri

Obyek wisata di kawasan hutan pinus Mangunan Dlingo Bantul bermunculan bak jamur di musim penghujan, namun semuanya memanglah mempunyai keelokan panorama tersendiri.

Seperti halnya Pinus Asri, sebuah pesona wanawisata diarea Hutan Pinus Mangunan, yang admin kunjungi hari ini, Kamis (21/9) bertepatan dengan Tahun baru Hijriyah, 1 Muharam 1439.

Pinus Asri terletak disebelah utara sekitar 300meter dari Hutan Pinus Mangunan (pioner wanawisata(wisata hutan) di Bantul).

Parkir ada diseberang jalan (sebelah Barat), cukup 2ribu rupiah(untuk sepedamotor), lalu kita masuk ke area wisata dengan menyeberang jalan/ timur jalan.

Harga tiket masuk relatif murah bahkan terbilang  murih(cukup murah) 2 ribu rupiah / orang.

Harga tiket masuk Pinus Asri Mangunan 2017
Gapura Pinus Asri Mangunan

Setelah masuk melalui gapura seperti gambar diatas, lalu kita menapaki  jalan yang menurun yang telah dibuat berundak, berjalan diantara pohon pinus yang lurus tinggi menjulang.

Beberapa langkah saja kita sudah disambut oleh beberapa ayunan, gazebo, panggung di pepohonan, tempat-tempat duduk, yang memberikan kita ruang untuk break/ rehat sejenak.

Bahkan ada panggung yang dibuat berbentuk lambang cinta, juga sebuah spot tanah yang diatasnya disusun oleh batang pohon dan bebatuan berbenyuk bintang.

Spot bintang di Pinus Asri Mangunan
Spot pamggung berbentuk cinta di Pinus Asri Mangunan

Perlu kita ketahui bahwa di area sini (kawasan wisata Hutan Pinus) semuanya cukup rindang, jadi kita tidak berasa kepanasan oleh sinar matahari. Mungkin karena jarak antar pohon pinus tidak begitu berjauhan hingga dedaunan nya cukup memberikan filter dari sinar matahari. Jadi kapanpun kita datang, biarpun di siang hari sekali pun tidak ada terasa gerah/ panas.

Jika kita mendongak keatas maka view nya akan seperti ini

Area Pinus Asri memanjang ke arah timur, yang berkontur turunan, (sempat iseng menyentuh tanah yang berwarna merah(tanah liat), ternyata cukup terasa dingin.) permukaan tanah kering sepertinya kalau terkena air sedikit saja akan licin.

Well, lanjut treknya menyusuri jalan setapak diantara pepohonan pinus. Kembali kita menemui  ada area rehat, kali ini cukup menyita perhatian anak-anak tentunya,  karena ada tiga bentuk rumah-rumahan seperti rumah nya spongebob, squidword dan patric yang di film kartun spongebob squarepant itu.

Area bermain spongebob squarepant di Pinus Asri Mangunan

Anak-anak bisa masuk kedalamnya.

***

Lanjut lagi ke arah timur, entah dinegeri anah-berantah mana …😂 di balik pepohonan ini. ..✌.

Kita menuju ke sebuah lokasi yang ternyata bernama Gardu Pandang, wah ternyata di tempat itu cukup bagus, disini kita memandang ke arah timur, memandang ke sebuah negeri antah-berantah tadi, eh entah mana maksudnya.

Gardu Pandang Pinus Asri

Meskipun saat ini sedang dalam musim kemarau, yang mana kegersangan sedang melanda, tanah kering tanpa rerumputan, dedaunan berguguran. Namun panorama landscape memandang lembah cukup membuat decak kagum melupakan kegersangan, yach di spot ini merupakan ujung dari obyek wisata Pinus Asri, tempat paling timur, karena setelahnya lembah dan jurang didepan mata.

Kita dispot ini dibantu dengan sebuah panggung berpagar, ada sebuah burung elang yang terbuat dari kayu yang bisa kita naiki (max. 2 orang) , jika kita bisa mengambil gambar dari sudut yang tepat saat menaikinya maka akan  seperti ik burung beneran berada di langit  loh.

Panggung Gardu Pandang Pinus Asri Mangunan
Patung kayu Burung elang di Gardu Pandang Pinus Asri Mangunan

Ada juga seperti bangunan rumah.

Spot bangunan rumah di lokasi Gardu Pandang Pinus Asri

Ahaa….disinilah spot terbaik nya. Bilamana anda penyuka maupun pemburu suasana sunrise ata matahaei terbit. Tepat sekali, dilokasi ini khan berada diujung paling timur dan kita bisa dengan leluasa memandang ke arah timur. Dimana arah terbitnya matahari.

So silahkan datang pagi-pagi ke sini jika ingin menikmati sunrise….!!!!

 

 

Advertisements