Michael van der Mark di WorldSBK

Pembalap Yamaha WorldSBK – Michael van der Mark akn menggantikan posisi Valentino Rossi di atas YZR-M1 untuk seri 14 MotoGP 2017 yang dihelat di sirkuit MotorLand Aragon Spanyol, dimana saat ini Rossi sedang dalam masa penyembuhan cidera pahanya.

Saat ini Rossi sedang dalam progress yang bagus dimana dia posisi ke-4 Klasemen. Namun dia tidak mampu tampil untuk saat ini, setidaknya hingga GP Jepang di sirkuit Twin Ting Motegi pada 13-15 Oktober mendatang.

Untuk balap di Aragon, Van der Mark lah yang akan didukung oleh krunya Rossi, pembalap usia 24 tahun ini juga sudah punya pengalaman serupa MotoGP, yakni salah satu anggota pembalap Yamaha WorldSBK dan juga merupakan pembalap langganan Suzuka 8-Hours. Seperti halnya Alex Lowes yang telah menggatikan Bradley Smith di team Monster Yamaha Tech-3 di GP Inggris, San Marino, dan Aragon.

Tidak seperti Lowes, yang telah memperoleh kesempatan sebelumnya dengan melakukan beberapa test di sirkuit Brno, Republik Ceko. Michael van der Mark akan tampil perdana di kelas paling bergensi ini diatas motor YZR-M1 tanpa test latihan apapun sebelumnya. Meskipun begitu, pemenang 3 kali Suzuka 8-H ini pastinya akan mampu menyesuaikan dan mampu bekerja bersama team pabrikan. Pembalap asal Belanda ini juga bukan orang asing lagi di paddock MotoGP, dia telah berlaga ditujuh kali kelas 125cc GP tahun 2010 dan sikelas Moto2 taun 2011 balap di Assen, Belanda. Selain itu, pengalaman di FIM Superbike (WorldSBK), da Kejuaraan Dunia Supersport juga European Superstock 600 membuatnya mengenak denga baik sirkuit MotorLand Aragon, yag telah membalap sebanyak tujuh kali disana sebelumnya.

Lin Jarvis – Manajer Utama Yamaha Racing Team :

Menindaklanjuti kecelakaan yang dialami Valentino Rossi pada Rabu 31 Agustus lalu, Yamaha memutuskan tidak menempatkan pembalap pengganti pada GP San Marino lalu, namun untuk GP selanjutnya di Aragon, memutuskan memasukkan dua pembalap. Ini menjadi hal yang benar tidak mungkin bagi Rossi untuk bisa tampil di Aragon, maka dari itu Yamaha memutuskan untuk mencari pembalap pengganti yang mampu dan dari dalam ruang lungkup kami yakni para pembalap kontrakan. Sebelumnya kami telah menempatkan Katsuyuki Nakasuga untuk mengisi posisi Jorge Lorenzo pada tahun 2011 dan Alex Lowes mengganti Bradley Smith ditahun 2016, kami memutuskan memilih Michael van der Mark untuk mengambil kesempatan di waktu ini. Hak ini memanglah tidak mudah untuk mengambil langkah guna mengganti dengan pembalap lain dannlebih sulit lagi menggantikan sosok Valentino Rossi. Tapu kami yakin bahwa Michael merupakan sosok yang terpercaya dan berpengalaman untuk melakukan tugas ini. Kami akan memberinya dukungan terbaik kami dan berharap sukses di kesempatan hebat ini. Kami juga mendoakan Valentino Rossi segera sembuh dan kita akan kembali melihat nya lagi kembali diatas YZR-M1 nya secepatnya.

 

Michael van der Mark – Pembalap team Yamaha Racing: 

Michael van der Mark

“Saya sangat senang menerima kesempatan untuk menunggangi YZR-M1 di seri Aragon MotoGP, saya belum pernah mengendarai motor MotoGP sebelumnya. Jadi ini akan menjadi pengalaman baru bagiku. Saya sangat ingin merasakan mengendarai diatas mesinnnya. Saya tidak beranumi berujar ‘mudah’ sebelum sesi latihan resmi terlebih dulu. Meskipun begitu saya sangat berterima-kasih jepada Yamaha atas kesempatan inu, saya yakin ini menjadi pengalanan-pembelajaran yang luar biasa.”

 

CATATAN

Data Pribadi Michael van der Mark:

Tanggal lahir: 26-10-1992

Tempat lahir: Gouda, Belanda

Kebangsaan:  Inggris

Tinggi badan: 180 cm

Berat badan: 69 kg

Status perkawinan: berpacaran

Pejalanan Karir balap:

2017: Sampai saat ini Juara Dunia posisi ke-7 di Superbike / Pemenang Suzuka 8-hours

2016: Peringkat ke-4 Superbike World Championship

2015: Peringkat-7 Superbike World Championship

2014: Peringkat 1 Supersport World Championship / Pemenang Suzuka 8-hours

2013: Peringkat ke-4 Supersport World Championship / Pemenang Suzuka 8-hours

2012: Peringkat 1 European Superstock 600 Championship

2011: peringkat 3 European Superstock 600 Championship / Wildcard – Moto2 GP, Assen

2010: peringkat ke-7 125cc Grands Prix / European Superstock 600 Championship

2009: peringkat pertama 1 ONK Dutch 125cc Championship / peringkat ke-18 Dutch 125cc GP

2008: peringkat satu -1 ONK Dutch 125cc Championship / Masuk CEV Spanish Championship

2007:  peringkatke-2 ONK Dutch 125cc Championship

2006: Peringkat ke-2 Dutch Junior Cup

2005: peringkat ke-4 Dutch Junior Cup

Michael van der Mark

Sumber : yamaha-racing.com

Advertisements