Sirkuit Chang Buriram-Thailand

Bagi negara yang menggandrungi otomotif terlebih roda-dua/ sepedamotor, menjadi tuan rumah bagi perhelatan balap motor paling bergensi sejagat yakni balap MotoGP merupakan suatu kebanggaan yang besar, bagi negara dan merupakan suatu prestasi tersendiri, dan bagi warganya merupakan sebuah kemanjaan, menjadi tuan rumah para pembalap idola mereka.

Tidak mudah memang untuk menjadi sebuah tuan rumah balap paling akbar ini, butuh sirkuit dan akomodasi super memadai.

Dan kita sebenarnya sudah pernah satu kali menjadi tuan rumah, iya negara kita Indonesia dmyakni sirkuit Sentul sempat kebagian jatah menjadi tuan rumah pada tahun 1996 dan 1997. Kala itu, Valentino Rossi masih berlaga di kelas paling bawah, 125 cc, namun tidak bisa berlanjut. Saat ini pun kita(pihak terkait) terus berupaya membuat sirkuit yang sesuai. Namun hingga saat ini belum ada kabar guna kesiapan menjadi tuan rumah MotoGP.

Dan negara Gajah Putih-lah yang malah menyatakan kesiapan guna menyelenggarakan ajang balap motor Grand Prix, seperti kabar dari motogp.com berikut…

Thailand siap untuk bergabung dengan kalender MotoGP ™ di tahun 2018, bersama Sakon Wannapong-Gubernur Otoritas Olah Raga Thailand, dan Carmelo Ezpeleta-CEO Dorna Sports, menandatangani kontrak pada hari Kamis tanggal 31 Agustus (mendatang) dalam sebuah upacara di Bangkok yang diketuai oleh kebaikan dari  Jenderal Tanasak Patimapragorn-Wakil Perdana Menteri Thailand, serta Pongpanu Svetarundra-Kementerian Pariwisata dan Olahraga, juga akan hadir dalam acara bersejarah tersebut.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta akan terbang ke Bangkok minggu ini untuk menyelesaikan dan menandatangani kontrak, dengan Grand Prix akan diadakan di Buriram dari 2018 sampai 2020.(MotoGP.com)

 

Berikut info seputar Sirkuit Internasional Chang :

Sirkuit Internasional Buriram atau lwbih dikenal dengan sirkuit Chang Thailand

Lokasi : Buriram,Thailand

Arsitek : Hermann Tilke

Waktu : GMT+7

Gambar : –

Dibuka :  4 Oktober 2014

Panjang : 4.554 m(2.830 mil)

Tikungan : 12

Acara besar : Superbike

Website : www.bric.co.th

Buriram United International Circuit(BRIC) merupakan sebuah sirkuit balap yang terletak di provinsi Buriram,Thailand atau sekitar 392 km dari Ibukota Bangkok.

 

Sirkuit yang di rancang oleh Hermann Tilke ini mulai di bangun pada Maret 2013 dan telah menelan biaya sebesar 2 miliar Bath(Sekitar Rp 740 miliar).BRIC mulai dibuka pada 4 Oktober 2014 dan memiliki trek sepanjang 4,554 m serta 12 tikungan.

 

Fasilitas :

Tribun utama

Gedung yang menjadi bangunan utama sirkuit terbagi menjadi tiga lantai.Lantai dasar berisi 30 paddock untuk tim-tim yang akan bertanding di BRIC.Di lantai 2 terdapat sejumlah ruangan VIP,dan ada empat ruang media center yang nyaman bagi para jurnalis yang dilengkapi dengan Koneksi Internet yang lancar serta beberapa layar televisi yang menampilkan situasi di atas lintasan.Lantai 2 juga menjadi akses untuk masuk ke area grand stand yang terbagi 22 area untuk menyaksikan jalannya balapan.

BRIC memiiliki kapasitas penonton sebesar 50.000,selain itu BRIC juga sudah mendapatkan sertifikat tinggi dari FIA(grade 1) dan FIM(grade A) yang tidak akan mustahil bisa menyelenggarakan ajang kelas dunia,seperti Fomula One dan MotoGP.(wikipedia)

Oiya sirkuit Chang sepertinya telah lama/ langganan rutun digunakan sebagai tuan-rumah balap World of Superbike(WSBK).

Selamat deh buat Thailand, moga kita segera nyusul….!!!!

Advertisements