Poster film ‘ Ziarah’ (source: bantulkab.go.id)

Menjelang hari kemerdekaan RI , Pemerintah Kabupaten(Pemkab) mengajak warga masyarakat untuk mengenang sejarah para pejuang kemerdekaan dengan cara yang asyik, yakni nonton bareng(nobar) film ‘Ziarah’. Akan ditayangkan secara gratis menggunakan layar lebar di Lapangan Paseban Bantul yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul bekerjasama langsung dengan Purbanegara Film.

Nobar ini akan berlangsung nanti malam atau hari Rabu 19 Juli 2017 di Lapangan Paseban Bantul jam 19.00 WIB dan mengundang kepada seluruh warga masyarakat Bantul untuk hadir menonton salah satu karya anak Bangsa yang telah mendapatkan beberapa penghargaan dalam film Ziarah.

 

Sekilas sinopsis Film ‘Ziarah’

Film Ziarah berkisah tentang perjalanan mbah Sri, seorang nenek berusia 95 tahun. Pada saat agresi militer Belanda ke 2 di tahun 1948, Sri terpisah dengan Prawiro, suaminya, yang kala itu pergi berperang. Setelah perang usai Prawiro tak pernah kembali.

 

Sejak saat itu, atau puluhan tahun berlalu, mbah Sri menjanda hingga masa tuanya. Sahabat-sahabat terbaiknya mati satu persatu. Semuanya dimakamkan tepat di sebelah makam suaminya masing-masing. Mbah Sri pun begitu berharap bisa menemukan tanah terbaik untuk pemakamannya, satu petak tanah di sebelah makam orang dicintainya. Sayangnya, ia tak tahu dimana suaminya dimakamkan.

 

Suatu sore secara tidak sengaja mbah Sri bertemu dengan seorang tentara veteran yang mengenal Prawiro. Tentara itu mengetahui di mana Prawiro tertembak oleh Belanda di tahun 1949. Berbekal informasi yang tidak utuh itu, Sri berusaha mencari makam suaminya.

 

Keinginannya sederhana, hanya agar dapat dimakamkan bersanding dengan suaminya. Mbah Sri memiliki tujuan untuk dapat kembali menjadi satu bersama sang suami di dalam tanah yang selama ini menaungi. Bersamaan dengan perjalanan tilas sejarah Mbah Sri itulah terungkap pula tabir sejarah bangsa ini.

Akankah mbah Sri menemukan makam suaminya? Sejalan satu tujuan ingin dimakamkan di samping makam suaminya….????

Tonton saja filnya ya, nanti malam , Rabu 29 Juni 2017, di lapangan Paseban Bantul, GRATISS….!!!

 

source : bantulkab.go.id

.

Advertisements