Factory Visits: Mengunjungi Pabrik Honda Di Karawang

Mau tau berapa waktu 1 unit motor Honda Beat dibuat ??? Hanya hitungan detik loh, mau tau? Simak sampai akhir yach….!!!

Blogger & Vlogger mengunjungi pabrik Honda – Plant Karawang

Sabtu (15/7/17) siang kusnantokarasan.com bersama puluhan (sekitar 60an) blogger dan vlogger otomotif roda dua, mendapat apresiasi dengan diberi kesempatan untuk mengunjungi pabrik produsen sepedamotor Honda (Plant Karawang) yang berada di Karawang  Jawa Barat. Pihak PT. Astra Honda Motor(AHM) mempersilahkan media(blogger&vlogger untuk mengetahui bagaimana motor mereka dibuat,

dan beginilah ceritanya…

Banyak yang kiranya meski diceritakan, namun berhubung banyak juga aktifitas yang baru yang saya alami, juga kemacetan Jakarta menuju Karawang yang luar biasa membuat sedikit pikiran nge blank & bad-mood, maka saya mencoba menceritakan seingat saya secara detailnya, berusaha untuk tidak ada yang terlewatkan.

Pada dasarnya wujud fisik dari dari sebuah pabrik/plant dan juga aktifitas produksi, pabrik Honda Plant Karawang ini tidaklah jauh berbeda dengan bangunan pabrik lainnya..bangunan gedung yang luas dan ada aktivitas utama ya memproduksi motor yang melibatkan orang/ pegawainya di bantu mesin. Hanya saja pegawai/karyawan produksi disini memanglah pria atau lelaki semua, karena boleh dibilang atau yang dijelaskan oleh pihak pabrik, bahwa pegawai/karyawan produksi memang berat kerjanya, dan full kerja dengan berdiri, jadi itulah mengapa tidak ada karyawati didalam bagian produksi.

***

Sebelum masuk area pabrik/produksi kami(para awak pemburu berita[blogger/vlogger]) diberi beragam penjelasan mengenai pabrik, oleh jajaran aparatur nya, disamping juga pak Nyoman juga Ibu Istiyani selaku kepala HC3 dan hingga satu peraturan penting ditegaskan oleh tim mereka dimana pabrik (Plant Karawang) ini merupakan Zonaa Merah(Red-Zone) yang dilarang untuk pengambilan gambar/video,  jadi kami dilarang keras untuk membawa kamera maupun smartphone pada saat masuk di lokasi, jangankan kami karyawan kalo ketahuan membawa kamera/smartphone langsung deh SP3, atau di DO.

Ibu Istiyani kepala-HC3 AHM

Di Plant Karawang ini, terdapat dua plant yakni plan 4 an 5 merupakan bagian dari beberapa plant lainnya yang di Cikarang dan kota lainnya

Plan 4 untuk memproduksi jenis skutik, yakni Honda Beat dan Vario, sedangkan plan 5 untuk membuat motor sport, CBR 150 dan CBR250RR.

Naluri alamipun keluar, yakni kagum saat pertama melihat suatu hal yang baru, seperti Plant Karawang ini, bengong melihat dan mengamati dalaman pabrik, kebetulan grup kami kurang beruntung karena tidak kebagian alat bantu dengar, jadi memgandalkan mendengarkan Tour guide/ pemandu (yang mana mereka merupakan karyawan beberapa pegawai pabrik yang setingkat ka.bag./mandor) dengan alat pengeras suara.

Namanya pabrik pasti bising dengan suara mesin-mesinnnya.

Plan 4 di bagi menjadi 2 bagian, pembuatan part/suku cadang dan assembling atau perakitan. Semua dikerjakan pegawai dengan bantuan mesin yang tergolong canggih.

Oiya rekan-rekan media banyak dan boleh jadi semuanya dibuat kagum akan kebersihan tempat, terlebih lantainya…

Blogger & vlogger listen carefully ibu Istiani

Well next story….hari Sabtu (saat kunjungan kemarin), sebenarnya pabrik tutup, karena menganut sistem 5 hari kerja, hanya saja bagian tertentu harus ada yang masuk/OT(over-time) a.k.a lembur, kabarnya bagian awal/ persiapan yang sering lembur, di hari Sabtu dan Minggu, yaaa maklum.mungkin mereka kejar target eh maksudnya, banyak produk dipasaran yag indent jadi mereka kejar produksi.

Dengan begitu, minusnya kami tidak bisa melihat priduksi motor vario, dan juga pembuatan motor CBR 150 maupun yang 250RR. Tapi kami sempat diijinkan untuk masuk ke plant 5 yang mana ada keistimewaan dalam assembling medin honda CBR 250RR. Ruangan perakitan mesin CBR RR ini dibuat tertutup dan steril dari debu.

Meskipun tertutup, tapi masih bisa terlihat dari luar karena sampingnya tertutup kaca putih, jadi kita masih bisa melihat dari luar (jika pas waktunya perakitan). Untuk steriilnya telanan angin didalam ruangsn dibuat lebih besar dari tekanan luar, jadi debu dan kotoran dijamin tidak bisa masuk. Sempat diberi keterangan oleh salah satu pemandu bahwa jika ada sehelai rambut saja yang menempel bisa membuat daleman mesin tergores..duh segitunya ya…..!!!

Oiya untuk waktu pembuatan/perakitan satu unit motor (Beat) per line nya hanya membutuhkan sekitar 28 detik saja. Dan 1 unit butuh 3 line. Dapat info juga dari pemandu bahwa untuk perakitan 1 unit Honda beat hanya dibutuhkan sekitar 96 detik sajo…..wow banget bukan????

Sedangkan ntuk motor CBR 250RR yang mana lebih rumit dari beat tentunya untuk sehari mampu dihasilkan produk sebanyak 80 unit.

 

Advertisements

7 thoughts on “Factory Visits: Mengunjungi Pabrik Honda Di Karawang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s