Gumuk Pasir Bachan – Parangkusumo Bantul

Meskipun sudah terkenal lama obyek wisata ini , namun baru kali ini masuk ke obyek ini TGP( Taman Gumuk Pasir – Barchan.
Selama ini hanya sekedar lewat saja ketika  dari pantai Depok menuju pantai parangkusumo/parangtritis, lha ternyata sangat menarik, pemirsa. Koq ya baru sekarang ya bisa menjelajahinya.

Taman Gumuk Pasir(TGP)

Yang ternyata kawasan gumuk pasir seperti ini tergolong langka, hanya 3 tempat di 3 negara se Asia Tenggara. Yakni dua diantaranya ada di negara di Filipina, dan Vietnam.

Nah jika penasaran ada apa saja di gurun pasiryang berada di negeri tropis ini? Pantengin(baca) terus tulisan ini yach….

Well, gumuk atau gurun atau gundukan pasir ini terbentuk dari semacam siklus alami, yakni bermula merupakan material lembut(pasir) dari letusan gunung Berapi (dalam hal ini Gunung Merapi), kemudian terbawa arus dari beberapa sungai yang ada (berinduk ke sungai Opak) hingga bermuara ke laut selatan(barat pantai Depok) dan menyebar ke sepanjang garis pantai. Kemudian pasir tidak bisa masuk kelaut, hanya tersapu oleh ombak pesisir secara-terus menerus. Jika pasir ada yang mengering lalu tersapu dan terbawa angin kedaratan dan terbentuklah area luas berupa gundukan(dune) atau gumuk pasir yang dikategorikan berjenis Barchan,(Barchan dune adalah bentukan dari timbunan pasir yang terjadi karena pengendapan material-material yang terbawa oleh angin yang terbentuk pada daerah dataran yang terbuka, http://geologikita.blogspot.com/2008/12/barchan-dune.html?m=1)

Seingat saya dahulunya area gumuk pasir ini sangatlah luas/panjang, mulai dari pantai Parangtritis hingga ke arah barat yakni pantai Depok atau sekitar sepanjang 3 km. Namun seiring dengan perubahan alam yang mans gundukan pasir mulai ditumbuhi beragam tanaman dan juga ditanami beragam tanaman, maka area gumuk pasir mulai berkurang, dsn kini hanya tersisa dua arwa saja, sisi timur gumuk pasir yang sering digunakan untuk kegiatan ibadah(manasik haji & sholat ied) dan sebelah barat di kembangkan oleh warga menjadi obyek wisata Taman Gumuk Pasir(TGP).

Taman Gumuk Pasir Bantul

Foto diatas menunjukkan kondisi terkini TGP, yang semakin menarik dengan adanya … kupu-kupu (itu tersusun dari tutup botol air minum kemasan loh), ada menara/gardu pandang, dan ada taman ‘Padang Ilalang. Disamping juga area belakang atau utara ada nya cekungan gurun yang mana pengunjung bisa bermain papan selancar atau istilah bekennya ‘sandboard, (tadi sempat dengar ada yang sewa 100 ribu sepuasnya).

Gardu pandang/menara di TGP

Oiya untuk naik-turun gardu pandang tadi kita mesti merogok kocek 5 ribu rupiah, dan juga untuk masuk area ‘Padang Ilalang’.

Diantara gardu pandang ada banyak pohon cemara-udang yang mungkin sengaja ditanam dan dipelihara oleh pihak pengurus, dan sepertinya mampu sedikit menghalau teriknya matahari. Saran terbaik untuk berkunjung di tempat ini memanglah diwaktu pagi maupun sore, namun begitu boleh dan tidaklah mengapa ands datang kapan saja, atau di wsktu siang hari jika anda ingin merasakan teriknya mentari seperti berada di gurun sahara…hehe…

Gurun atau gumuk pasir yang cukup luas bak gurun sahara

Di obyek wisata TGP ini tidaklah dipungut biasa masuk, karena sudah termasuk dalam retribusi pantai Parangtritis maupun pantai Depok, hanya kita dibebankan biaya parkir, yang wajar koq, 3 ribu untuk sepedamotor. (Oiya, kecuali jika mau naik Gardu pandang/ menars, atau masuk area ‘Padang Ilals?ang’ dan juga sewa Sandboarding.

Sewa sand-board di gumuk pasir bisa kontak nomor yang tertera di foto
Pandan laut – Tanaman endemik yang ada di TGP
Ada banyak ayunan dan tempat duduk disini, gratis
Advertisements