Lomba Layang-Layang Di Pantai Parangkusumo Bantul Akhir Pekan Ini

Ilustrasi layang-layang – http://www.rahmatsisland.wordpress.com

Akhir pekan ini (Sabtu & Minggu 8-9 Juli 2017) di pantai Parangkusumo yakni sebelah barat dari pantai Parangtritis, yang masih luas areanya akan digunakan sebagai ajang tahuan Festival Layang-layang Nasional 2017.

Even tahunan ini merupakan kerja sama dari Dinas Pariwisata Provinsi DIY bekerjasama dengan Perkumpulan Pekarya Layang-layang Indonesia (Perkalin).

Festival tahun ini mengambil tema ‘Merajut Kebersamaan dalam Kebhinekaan’ ini akan diikuti oleh 45 klub pekarya dan pelayang dari seluruh Indonesia. Disamping juga ada kreator layang kelas Internasional  yakni Nitesh Lakum dari Dream Kite Club India serta Tuk Mid dari Norman Kite Club Malaysia.

Festival layang-layang kali ini akan dilombakan lima kategori yakni layangan tradisional, layangan dua dimensi, layangan tiga dimensi, layangan tren naga, serta rokaku challenge.

Nantinya setiap katagori akan disediakan trophy dan uang pembinaan masing-masing untuk Juara 1, Juara 2, juara 3, juara harapan 1 serta harapan 2. Setiap katagori akan dihitung nilai point juaranya.

 

Jadi bagi klub yang mendapatkan jumlah nilai point tertinggi akan ditetapkan menjadi juara umum dan berhak memboyong Piala Raja dari Sri Sultan HB X yang merupakan trophy bergilir lambang supremasi pencapaian kreatifitas pekarya layang-layang nasional Indonesia. Selain perlombaan dalam kategori tersebut, secara khusus pada festival kali ini juga akan dilombakan layang-layang bertema burung garuda.

Sepertinya yang sudah-sudah, event ini juga akan adanya work shop layang-layang bagi anak-anak, baik Paud, TK dan anak-anak SD. Akan ada 150 anak peserta work shop. Apa itu layang layang bagaimana membuat dan menerbangkan. Gambar layang-layang untuk anak-anak pun, dibuat sesuai dengan tema, yaitu Garuda Pancasila.

 

Sumber : krjogja.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s