Ilustrasi

Kejengkelan warga dusun Ngrancah, desa Sriharjo, Imogiri, Bantul akan aksi  tindak pencurian sedikit mengenyitkan dahi. Pasalnya si pencuri diketahui masuk ‘terbon’ atau lahan tanaman tebu, setelah dilakukan penyisiran dan ditunggu beberapa saat maling tidak menyerah, maka kemudian lahan tebu tersebut di bakar dengan dalih si pencuri menyerah. Kejadian yang terjadi semalam yakni pada Kamis malam, 29 Juni 2017 sekitar jam 19.20 Wib.

Berikut kronologi yang lansir dari tribratanewsbantul.com(Jum’at, 30/6/17)

Menurut Kapolsek Imogiri, Kompol Riyono, SH : Saksi Sagino (83 tahun) memergoki dua orang laki-laki menuntun seekor ternak sapi milik Sukijo (65 tahun) di kandang sapi kelompok setempat.

 

Merasa curiga, saksi langsung menegurnya namun malah kedua orang tersebut mengancam saksi dengan sebatang bambu sambil berkata “tak gebuk sisan Koe”. Karena merasa terancam, kemudian saksi lari sambil berteriak “maling-maling” sembari memukul kentongan.

 

“Mendengar suara teriakan dan kentongan, warga langsung berhamburan keluar rumah, ramai-ramai menuju kandang kelompok,” jelas Kapolsek Imogiri.

 

Tersadar aksinya diketahui warga, kedua orang pelaku langsung meninggalkan ternak sapi yang dicuri dan kabur melarikan diri masuk ke lahan tebu/terbon.

 

Ribuan warga yang berkumpul langsung mengepung area lahan tebu seluas dua-hektar tersebut. Untuk berjaga-jaga, bahkan sebagian warga membawa senjata berupa pentungan dan sabit.

 

Beberapa jam melakukan penyisiran di sekitar lahan tebu, namun kedua maling tak kunjung ditemukan dan keluar dari kebun tebu. Emosi warga semakin tak terkendali dan lahan tebu itupun dibakar massa.

 

“Lahan itu ludes terbakar, kita belum tahu ini milik Madukismo atau perseorangan. Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Bantul datang untuk melakukan pemadaman. Tetapi karena jangkauan yang sangat luas, pemadaman hanya dilakukan di beberapa titik tertentu,” tambah Kapolsek.

 

Sementara itu, guna mengantisipasi aksi main hakim sendiri oleh warga, aparat gabungan terdiri dari personil Polres Bantul, Polsek Imogiri dan Sat Pol PP Bantul diterjunkan ke lokasi kejadian. Namun hingga Jumat pagi, baik warga maupun petugas dari kepolisian belum berhasil menemukan kedua pelaku pencurian ternak sapi tersebut.

(Sihumas Polsek Imogiri)

 

Advertisements