Astra Motor Yogyakarta Beri Edukasi Keselamatan Berkendara Kepada Ribuan Pengemudi Ojek Online

Astra Motor Yogyakarta- Grand Training Grab Bike Yogyakarta 

¥ogyakarta – Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan banyumas memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada mitra pengemudi ojek online Grab Bike. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Grand Training Grab Bike Yogyakarta yang diselenggarakan di Jogja Expo Center, Yogyakarta Rabu (24/5). Tak kurang dari 1.500 pengemudi Grab Bike diajarkan skill dasar keselamatan berkendara di jalan raya secara bergantian.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif kedua belah pihak. Prinsip “Pilih yang Aman” yang digaungkan oleh GrabBike dinilai sangat cocok dengan tagline terbaru “#Cari_Aman” yang menaungi seluruh kampanye safety riding Honda. Oleh karena itu penting rasanya untuk berkolaborasi dalam mewujudkan Indonesia yang aman berlalulintas.

“Saat berkarya, mitra pengemudi Grab Bike akan berkendara baik secara solo riding (sendirian) ataupun berboncengan dengan pengguna jasa mereka. Di saat-saat itulah muncul resiko adanya kecelakaan lalu lintas baik yang berasal dari faktor internal ataupun eksternal. Harapannya, pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi mereka untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan dapat berkarya dengan selamat.”

Dalam edukasi keselamatan berkendara ini mitra pengemudi Grab Bike di Yogyakarta diperkenalkan dengan berbagai faktor yang mampu mendukung keselamatan berkendara di jalan raya. Mulai dari tahapan persiapan berkendara, postur berkendara, teknik dasar berkendara, hingga observasi kondisi bahaya.

Dalam bahasan mengenai persiapan berkendara, mitra pengemudi Grab Bike diajak untuk memahami pentingnya perangkat keselamatan berkendara (riding gear), pemanasan dan peregangan otot yang mampu meningkatkan kemampuan reflek serta meminimalisir cedera, hingga pemeriksaan kondisi kendaraan. Pada materi mengenai postur berkendara yang benar, tim safety riding Astra Motor Yogyakarta menegaskan ada beberapa posisi berkendara yang mampu mengoptimalkan handling sepeda motor namun juga ada yang justru mereduksi skill dan reflek pengendara saat menghadapi kondisi darurat.

Materi teknis dasar berkendara dibawakan dengan memperkenalkan teknik-teknik yang selalu dipergunakan saat mengendarai sepeda motor. Kemampuan teknis dalam berbelok (cornering), melakukan pengereman (braking), dan teknik menjaga keseimbangan (balancing) merupakan teknik yang wajib dikuasai oleh pengendara sepeda motor. Menghadapi kondisi bahaya yang dapat muncul dari faktor eksternal, dalam edukasi singkat ini mitra pengemudi Grab Bike juga diperkenalkan dengan potensi, prediksi, pengambilan keputusan serta antisipasi bahaya di jalan raya.

Edukasi keselamatan berkendara kepada mitra pengemudi Grab Bike ini bukanlah titik akhir. Kedepannya masih terbuka kemungkinan kerjasama antara Astra Motor Yogyakarta dan penyedia jasa ojek online. Selain itu Astra Motor Yogyakarta membuka pelatihan secara gratis bagi pelajar, mahasiswa, anggota komunitas, korporasi / perusahaan swasta, hingga institusi pemerintahan dan masyarakat umum. Bagi semua pihak yang ingin mengikuti pelatihan ini dapat menghubung Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta a.n Muhammad Ali Iqbal di nomor 082114815875 atau datang langsung ke Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 99 Sagan, Gondokusuman, Yogyakarta.

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s