‘Geothermal’ Zona baru Di Taman Pintar

taman pintar yogyakarta

Taman Pintar yogyakarta

Taman pintar menjadi wisata edukasi di kota Jogja, bahkan menjadi pusat iptek(science center) nya di Jogjakarta.

Taman pintar buka layanan pada Selasa hingga Minggu, pukul 08.00-16.00 WIB.

Pada Rabu (24/05/2017) kemarin taman pintar menambah zona baru, yakni Zona Panas Bumi (Geothermal). Zona ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Peresmian dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bersama dengan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana.

Peresmian zona geothermal taman pintar Yogyakarta -source: http://www.tamanpintar.com

Pembangunan zona ini didukung oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yang merupakan perusahaan yang melaksanakan pengelolaan operasi dan portofolio usaha geothermal. Kerjasama pembangunan zona geothermal ini sangat penting untuk pembelajaran kepada masyarakat bahwa geothermal adalah sumber energi yang aman, ramah lingkungan, dan pasokannya sangat besar sehingga masyarakat tidak ragu dengan pengeboran dan pemanfaatan geothermal.

Energi panas bumi atau geothermal energy adalah salah satu sumber energi terbarukan yang dipercaya ketersediannya melimpah dan sangat ramah lingkungan. Berbeda dengan sumber energi lainnya energi ini tidak menyebabkan pencemaran baik pencemaran udara, pencemaran suara, serta tidak menghasilkan emisi karbon dan tidak menghasilkan gas, cairan, maupun meterial beracun lainnya. Jika potensi ini di manfaatkan tidak terbayang berapa energi yang dapat di ‘panen’ Indonesia.

Zona Panas Bumi (Geothermal) yang berada di Gedung Kotak Lantai 2 ini memberikan gambaran tentang proses pengeboran geothermal yang mendekati aslinya, dari mulai proses penelitian sampai pengolahan. Memasuki zona dimulai dengan penggambaran hutan di pegunungan, kemudian dilakukan penelitian tentang adanya panas bumi, pengeboran sampai pada pengolahan di tempat produksi. Penggambaran ini dikemas dengan beberapa ICT & alat peraga yang interaktif.

Zona Panas Bumi (Geothermal) ini semakin memperkaya zona dan alat peraga di Taman Pintar, dan merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk trs menghadirkan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik demi tercapainya literasi sains di tengah masyarakat dan menjadi science center kebanggaan Kota Yogyakarta.

Sumber : http://www.tamanpintar.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s