BBM – addictquotes.com

Sebuah penyedia layanan pesan singkat yakni Blackberry Messenger (BBM) sepertinya mulai redup, dan  bahkan mulai ditinggalkan…kenapa??

Hmmm semua ada massanya, masih ingat awal mula kemunculan BBM begitu diagungkan, dikala gadget generasi 3G, ber-operasi sistem(OS) java. BBM menjadi primadona, datang menghentak dengan gadget nya  blackberry. Kemewahan mengiringi para pemilik nya. Ga gaul jika ga punya BBM dikala itu, dan pasti sempat pada minder jika tidak punya BBM.

“BlackBerry Messenger. … BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam.”(wikipedia)

Itulah definisi dari BBM, lalu kenapa saat ini seiring kemunculan gadget baru, layar sentuh OS android, dan seiring kemunculan messenger besutan facebook Whats App(WA). Seolah semua hijrah ke WA, kenapa? Meskipun di OS android supported/ bisa dengan mudah diinstal aplikasi BBM?

Simplicity, mudah/ kesederhanan itulah menurut kaca-mata penulis. Sepertinya kita senang akan hal yang mudah, sederhana dan ga ribet. Dan inilah yang ada pada WA. Begitu kita meng-install aplikasi anakan dari media sosial karya Mark Zuckerberg ini, maka secara otomatis kita bisa langsung terintegrasi oleh teman-teman kita yang nomor ponsel telah tersimpan di buku telepon. Yach, WA ini menggunakan sistem nomor telepon guna ‘subscribe’/ masuk berlangganan atau menambah teman. Jadi bila teman-teman kita juga sudah memasang aplikasi ini, maka mereka sudah ada di list ‘Kontak’, siapapun yang pernah kita hubungi ataupun menghubungi kita, asal nomor sudah kita simpan maka otomatis menjadi kontak atau teman WA kita.

Itu lah kemudahan dari messenger -WA, berpesan & telpon, juga menyediakan ruang untuk berkirim pesan multimedia pula, semisal kirim foto, video, file dsb. disamping itu WA juga saat ini menyediakan panggilan video. Komplit lah.

 

So what dengan BBM??

Jangan salah….

Meskipun mulai ditinggalkan, BBM ada fitur-fitur yang menarik loh ya jangan salah…. istilah ‘colek’ seperti halnya di facebook) ada di BBM, yapz istilahnya ‘ping’ , jika kita kirim ping ke teman BBM kita, itu seperti mencolek teman kita, manggil mereka, atau ya bisa di bilang ngasih tau “ini nih gue sedang Online“…hmmmm….lama ga BBM pastilah kangen di ‘ping’ khan….😁. Hanya di BBM istilah nge-ping ini ada.

Ping bbm – jalantikus.com

Disamping juga ada setting-an/ setelan yang unik didalam BBM, yang tidak ada di layanan messenger lainnya, yakni, kita bisa tau musik/lagu apa yang sedang diputar oleh teman BBM kita, begitupun sebaliknya teman kita juga bisa tau musik/lagu yang sedang kita dengarkan. Ini bisa kita atur. Asyik khan….🎧

BBM lah messenger familiar yang menjadi pioner dari video call.

Dan yang bikin luxury adalah saat kita akan mau menambahkan teman’, kita mesti menggunakan kode-kode unik yang istilah nya ‘pin’. Kode campuran antara huruf dan angka ini membuat semakin dinilai mewah, tidak gampangan, hehe…dan pin lazimnya merupakan kode acak terdiri dari huruf dan angka berjumlah 8 digit,  yangmana bisa juga kita memesannya dsri BBM menjadi nomor dan huruf yang lebih beraturan atau istilahnya kode cantik. Meskipun selain dari pada pin, BBM juga menggunakan kode batang guna menambah teman, itu lebih memudahkan untuk subsctibe, yang bisa kita pindai/scan. Hebat khan  …

Ilustrasi kode batang BBM

 

BBM still luxury…still rock man…!!!

Jadi mari kita ramaikan kembali dunia penge’ping’an BBM…

 

 

 

Advertisements