Ilustrasi

Saat ini segala sesuatu bisa didapat(diakses) dengan lebih mudah, dan memangkas beberapa prosedural. Seperti halnya pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), yang mana diperoleh dengan betagam prosesedur, mulai dari kelurahan, kecamatan, Polsek hingga Kantor Polres.

Oiya, apa sih kegunaan dari SKCK itu?

SKCK diperlukan untuk berbagai macam urusan administrasi maupun sebagai prasyarat untuk berbagai kebutuhan, misalnya sebagai syarat untuk mengikuti Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS), melamar pekerjaan, dan lain sebagainya.

Nah bagi warga Bantul, saat ini bisa mendapatkan SKCK dengan sistem online, yaa walaupun tidak sepenuhnya online sih. Tapi setidaknya bisa memangkas proses, hanya tinggal datang ke kantor Polres saja.

Dan berikut prosedur penerbitan SKCK Online;

1. Ketik skck.polri.go.id (klik disini)

2. Klik pendaftaran skck online

3. Isi data pada kolom tersebut (ada 4 step/langkah) pada step kedua agar meng-upload scan KTP, KK dan akte kelahiran. Semua kolom harus terisi. Setelah selesai klik “finish

4. Muncul hasilnya dan harus di print (tidak bisa difoto). Lembar print tersebut dibawa ke polres. Ditambah foto kopi KTP, KK, akte kelahiran dan foto 4×6 sebanyak 3 lembar dengan latar warna merah.

Juga karena rekam sidik jari masih manual (alat online belum ada) sehingga pemohon harus langsung datang ke Polres Bantul (tanpa ke Polsek).

Well, demikianlah seputar pembuatan SKCK Online di Bantul, semoga bermanfaat…!!!

 

Sumber : tribratanewsbantul

.

Advertisements