Roll rantai kamprat( guide cam chain)

 

Beberapa waktu lalu timbul bunyi berisik di area depan si sufit(Honda supra fit), di area mesin sekitar busi. Ngecrek…risih juga dan dari pada dari pada penyakit menjalar kemana-mana, setelah 3 hari, baru deh di bawa ke dokter eh bengkel (non resmi) langganan…

Dan setelah di cermati oleh mekanik dan diprediksi masalah di kamprat…dan eee ternyata benar bunyi ngecrek (gemericik) disebabkan karena roll rantai kamprat atau bahasa inggrisnya (guide cam chain) sudah aus…

Dan entah sudah pernah ganti atau belum lupa juga…kayaknya belum sempar ganti sih. Wah berarti awet juga yaa…12 tahun pas…waw banget awetnya.

Sebuah part dari bahan material karet tersebut sebagai dudukan rantai kamprat sisi belakang, berbentuk bulat roda sebesar lingkar jari tengah & ibu jari atau diameter sekitar 5cm.

Oiya perkiraan awal bunyi ngecrek tersebut disinyalir setelan klep yang kendor , namun ternyata masalah ada di rantai kamprat yang berada di sisi kiri, bukan di sisi kanan(bagian busi)…berarti suaranya stereo ya….hehe.

Untuk biaya penggantian roll rantai kamprat plus biaya pasang di bengkel non resmi sebesar Rp 40.000, – relatif terjangkau bukan???

Roll rantai kamprat
Roll rantai kamprat yang telah aus
Advertisements