Ilustrasi SPT Tahunan (4.bp.blogspot.com)

Sedikit berbagi pengalaman tatkala melaporkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi sebagai purnatugas atau pensiunan di kantor KPP PRATAMA BANTUL para wajib bajak sudah berjibun, karena sesuai peraturan bulan ketiga (Maret) menjadi limited dari pelaporan.

Duhh bingung juga mesti bagaimana, tapi ternyata pak Satpam dan petugas didepan pintu gerbang siap membantu.

Kemudian diambilkan antrian, beruntung saya datang lebih pagi hingga mendapat nomor antri kedua, setelah jam 8 pagi petugas mulai memanggil dan tiba lah giliran saya. Menjelaskan ini-itu (bapak tidak bisa datang karena sakit), dengan berbekal kartu NPWP dan KARIP(kartu pensiun), mulai di proses oleh petugas dan beruntung pula sudah punya surel atau email aktif, karena mulai saat ini proses pelaporan bisa dengan lebih mudah , cepat dan aman , yakni dengan berbasis teknologi internet yang di namai e-filling….tidak perlu ngisi formulir manual lageee…asyeek.

Proses e-filling pun dimulai, meskipun agak tersendat karena jaringan sinyal di hp saya sedikit payah bila didalam gedung, hmmm perlu kesabaran, dan berumtung petugas begitu cekatan dan sabar juga dalam memberi pelayanan, karena sudah agak sedikit lama, ga enak dengan urutan berikutnya.

Akhirnya setelah beberapa saat sekitar 20 menit, berhasil melakukan  e-filling dan sudah terima bukti penerimaan via email…lega…

Lanjut untuk me-non aktifkan pelaporan SPT Tahunan karena bapak sudah pensiun atau istilahnya non efektif, nantinya tidak perlu lagi datang ke Kantor Pelayanan Pajak untuk pelaporan SPT Tahunan, berbekal formulir rangkap tiga salah satunya formulir telah melaporkan SPT Tahunan tadi, dan mesti diisi manual dan tanda-tangan bapak, terpaksa deh pulang dulu.

Dan setelah memperoleh tanda-tangan bapak dan mengisi formulir saatnya kembali Ke kantor KPP PRATAMA Bantul, dan tidak antri banyak , hanya kurang dari 10 antrian saja, setelah dipanggil dan Di proses yang cukup singkat, akhirnya selesai sudah me-non-aktifkan pelaporan SPT Tahunan, kasihan juga khan orang yang sudah tua mesti diajak kesana-kemari, lama-lama antri

Oiya salut dengan pelayanan di kantor KPP PRATAMA Bantul, boleh dibilang memuaskan.

***

 

Advertisements