9 Mahasiswa KKN UMY Bikin Game Bertema ‘Goa Jepang’ Pundong

9 mahasiswa KKN UMY yang membuat game 'Goa Jepang'

9 mahasiswa KKN UMY yang membuat game ‘Goa Jepang’ (krjogja.com)

Dalam sebuah acara HUT ke-48 Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta yang diselenggarakan di Puncak Khayangan, Pundong, Bantul, 9 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memperkenalkan sebuah aplikasi game ‘Goa Jepang ‘ untuk mempromosikan Obyek Wisata Puncak Khayangan Surocolo dan Goa Jepang.

Game bergenre ‘menembak’ ini sepertinya memang cocok jika berlatar belakang Goa Jepang,  yang mana berada di perbukitan wilayah Pundong Bantul, diatas dari Obyek wisata Surocolo, dan wisata baru Puncak Khayangan.

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, Goa Jepang merupakan sisa-sisa peninggalan benteng pertahanan penjsjah Jepang di tanah air khususnya di wilayah Bantul. Jafi memanglah cocok jika digunakan sebagai tema game peperangan, tembak-tembakan.

Diky Rizky Ramadhan, mahasiswa jurusan International Government UMY 2013 menjelaskan bahwa, pembuatan game ini untuk program KKN bersama reksn-rekannya sekaligus untuk membantu mempromosikan obyek wisata Puncak Khayangan yang berada satu lokasi di Goa Jepang.

Lebih lanjut Diki menjelaskan, utuk merancang game tersebut, fia beserta 7 orang lainnya berperan sebagai manajemen. Sedangkan game ‘Goa Jepang’ sendiri dibuat oleh Minhajuddin Khasman, mahasiswa Teknik Informatika UMY 2013. Dalam kurun waktu satu bulan masa KKN, 9 mahasiswa ini membutuhkan waktu 3 hari untuk observasi dan 2 minggu untuk eksekusi pembuatan game. Sedangkan untukkonsep bermainnya menggunakan third person shooter, jadi nanti ada musuh yang berupa tentara Jepang. Musuh-musuh itu harus ditembaki.

Kedepannya, Diky mengungkapkan bahwa pihak mereka akan menawarkan pada pengelola obyek wisata untuk langsung mengelola game tersebut. Tapi kalau mereka tidak berkenan, maka Diky dan rekan-rekannya yang akan kelola, yang akan menjual game itu dan sebagian dananya akan kami sumbangkan ke pengelola untuk mengembangkan obyek wisata disana.

Tapi Diky terkendala dalam memasukkan game ke playstore karena masalah kartu kredit, mereka masih mengusahakan cara lain agar game tersebut dapat dimainkan oleh lebih banyak orang.

Well semoga permasakahan Diky bisa terselesaikan hingga game bisa dengan mudah kita download, sekaligus mempromosikan wisata.

 

Sumber : krjogja.com

Denah Gua Jepang Pundong

Denah Gua Jepang Pundong

Gua 10

Gua 10

.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s